Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Ribuan Anak Kepiting Akan Disebar di Bantul Jogja

Ribuan Anak Kepiting Akan Disebar di Bantul Jogja


Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tahun ini berencana menebar sekitar 3.000 anak kepiting atau kroyo untuk meningkatkan populasi hewan tersebut.

“Tahun ini kami siapkan anggaran untuk pembelian anak kepiting sekitar Rp10 juta, kalau jumlah satuannya tergantung harga, mungkin jumlahnya sekitar tiga ribuan kroyo,” kata Kepala Bidang Bina Usaha, Pengendalian dan Pengawasan DKP Bantul, Nanang Dwi Atmoko di Bantul, Rabu.

Menurut dia, ribuan anak kepiting tersebut rencananya akan ditebar di wilayah konservasi bakau kawasan Pantai Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretak melalui kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat.

Nanang mengatakan, penebaran anak kepiting itu rencananya akan dilakukan secara bertahap mulai triwulan kedua hingga triwulan ketiga 2015, disesuaikan dengan pencairan anggaran dalam APBD Bantul 2015.

“Penebaran tidak bisa dilakukan sekaligus, namun bertahap bisa sampai tiga kali tergantung ketersediaan anak kepiting di tingkat pengepul, untuk anakan kepiting ini kami mengambil dari Cilacap Jawa Tengah,” katanya.

Oleh sebab itu, kata dia sebelum membeli pihaknya akan terlebih dulu survei lokasi untuk mengetahui stok dan kesiapan pembudidaya, termasuk kesepakatan harga dan waktu kapan hewan tersebut akan dikirimkan ke Bantul.

Ia mengatakan, selain meningkatkan populasi dan menjaga ekosistem kawasan hutan bakau tersebut, penebaran anak kepiting juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat pesisir setempat, karena dapat menikmati hasil panen setelah dikelola.

“Harapannya anak kepiting bisa tumbuh kembang dan dikelola dengan baik oleh pokdarwis dan masyarakat sekitar, dan setelah cukup besar bisa diambil, namun untuk yang petelur jangan ditangkap,” katanya.

Menurut dia, anak kepiting yang disebar tersebut biasanya sudah cukup umur dan bisa dikonsumsi meskipun dagingnya belum tebal. Namun demikian pihaknya tetap menyarankan agar dikelola dulu sebelum hasilnya di panen.

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter