Porter Slamet, Aplikasi Android yang harus diinstal jika kamu sering berpetualang ke alam bebas, Guide Sumbing

Lapar Saat Mendaki? Intip Tips Cara Memasak Nasi di Gunung

Lapar Saat Mendaki? Intip Tips Cara Memasak Nasi di Gunung


Pernah alami lapar saat mendaki karena masakanmu tak kunjung matang dengan benar? Yuk, intip tips salah seorang #PendakiCantik tetang cara memasak nasi di gunung.

Hey, Pendaki Cantik! Pernah alami lapar saat mendaki karena nasi masakanmu tak kunjung matang dengan benar? Yuk, intip tips dari salah seorang #PendakiCantik tentang cara memasak nasi di gunung. Semoga di lain pendakian, nasi hasil masakanmu dapat terhidang dengan sempurna.

Sebelumnya, di tips persiapan mendaki untuk pendaki pemula, telah sempat disinggung bahwa kegiatan mendaki gunung membutuhkan ketahanan fisik dan stamina yang kuat. Fisik dan stamina itu diantaranya diperoleh dari makan dan istirahat yang cukup. Nah, di alam liar, agar bisa makan (nasi), kita tentunya harus masak. Dan ternyata, memasak nasi di alam terbuka itu punya tantangan tersendiri lho.

Mengapa? Karena beras akan sulit matang menjadi nasi di daerah dataran tinggi. Ini karena tekanan udara di daerah dataran tinggi lebih rendah dibanding dengan tekanan udara di daerah dataran rendah. Jika demikan, bagaimana cara memasak di alam bebas seperti itu? Jangan bingung, simak tips lengkapnya.

1. Siapkan nesting, kompor, portable, gas
Selain kompor, kamu juga bisa memasak menggunakan paraffine atau kayu bakar. Lalu, nesting. mungkin ada yang belum tahu apa itu 'nesting'? Nesting adalah peralatan masak yang fungsinya bisa juga sebagai peralatan makan dan biasa dipakai untuk kegiatan outdoor. Bentuknya kotak, umumnya ada kuping pegangan di kedua sisinya dan tersusun 3 – 4 rangkap layaknya rantang.

2. Sediakan beras dan air secukupnya
Terlebih dahulu, bersihkan beras yang akan dimasak dengan air. Beras yang telah bersih dimasukkan ke dalam nesting. Lalu, tambahkan air dalam takaran yang pas; tidak terlalu banyak, tidak juga terlalu sedikit. Prinsipnya, agar nanti nasinya tidak mentah, air yang dimasukkan harus lebih banyak dibanding saat kita masak nasi di rumah.

3. Memasak nasi, perhatikan tipsnya
Nyalakan kompor dan letakkan nesting di atas kompor. Aduk-aduk berasnya dan pastikan panas kompornya merata. Kemudian, tutuplah nesting dengan tutup nesting dan letakkan benda pemberat di atasnya. Pemberat berguna untuk menahan uap keluar agar tekanan udara di dalam nesting cepat meningkat. Disarankan untuk tidak terlalu sering membuka tutup nesting. Kira-kira setelah 30 menit, periksa kematangan nasinya

4. Setelah nasinya matang, hidangkan
Bila nasi telah dipastikan matang, matikan apinya dan biarkan tutup nesting terbuka. Aduk nasi dengan sendok agar uapnya mengepul sehingga nasi tidak 'basah'. Setelah beberapa saat, nasi pendakianmu kini siap disajikan untuk dinikmati bersama 'hidangan puncak gunung' lainnya.

Demikian tips singkat tentang bagaimana memasak nasi di gunung. Semoga dapat bermanfaat dan dapat digunakan dalam perjalanan berikutnya. Jika kamu punya tips menarik lainnya seputar mendaki gunung, jangan sungkan untuk dikirimkan agar nanti dapat dibagikan di website dan sosial media #Pendakicantik.

Kontributor: Siska Kusmayanti || Editor: Sriendra

Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
Porter Slamet, applications that must be installed if you often venture into the wild, Guide Sumbing Mountain
The outdoors, such as forests or mountains keep many dangers and mysteries in it. So, for nature lovers or scouts who often traveled around the outdoors such as camping or hiking the necessary tools that are intended for security or comfort. especially when being in a state of survival, we will be very helpful when a device - such as a compass and so on.

It is undeniable, technological progress has been spreading its influence into all areas, including in the field of outdoor adventure. Now a lot of very useful application when in the wild. The application can be alternative tools - which are quite expensive. Live search in playstore and download, we've been able application. The application is also not inferior to the truth. The following applications:

1. Clock
There is nothing wrong with the phone and if you do not already have this application. Yes, almost all mobile phones in the world in this era is here Smartphone apps wakturutama indicator of recruitment and appointment comes a time in the network that allows us to set the correct time.

2. GPS Essential
This application is all in one that shows a value like Compass, location, and many Others. This application is like a Swiss Army pocket knife has many uses.
Icon GPS Essentials
Icon GPS Essentials

Display Applications GPS Essentials
Display Applications GPS Essentials

3. Compass
As an alternative if you do not want to install GPS essentials, and only want to install applications that are lightweight and accurate compass.
Compass on the Play Store
Compass on the Play Store

4. Super Bright LED Flashlight
usually the native android apps already available to turn on the LED flashlight.
Icon Super Bright LED Flashlight
Icon Super Bright LED Flashlight


5. Red Cross - First Aid
A first aid application is very complete and easy to use. Application of PMI developed 3 Sided Cube
Icon Red Cross - First Aid
Icon Red Cross - First Aid

6. SAS Survival Guide
SAS survival guide There is a free version and a version berbayar.Berisi various survival skills from the basic to the advanced.

src = "https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0INeo08zarIJz8xUyTaRLQevx9Uu0NutCuerASppAMZbo-_do1olj4z-xb1hVL7__KYq9mmu5n2dzyUcJpGhqtRE_dc6jOEgde_Xoij6LTOKZMawu7TURlum5I1fQ5nBLWXLGPyYTKSo/s320/SAS+survival+guide+screenshoot_compress.jpg" title = "" border = "0" width = "213" height = "320"> The SAS Survival Guide Lite
Icon SAS Survival Guide
Icon SAS Survival Guide

7. Smart Thermometer
Shows a place or room temperature. The app requires Android that supports a temperature sensor. However, when we do not have a cell phone, do not fret just yet because it still can be used even in situations online.
Smart Display Thermometer
Smart Display Thermometer
Icon Smart Thermometer
Icon Smart Thermometer

8. Altimeter
app is useful for measuring the height of a point above sea level.
icon Altimeter
icon Altimeter

9. Anti Mosquito Prank
Bothered by mosquitoes while camping? Anti Mosquito Prank then is the solution. This application can repel mosquitoes by giving a voice so loud that ultrasound or daoat only heard a few animals such as mosquitoes, so that mosquitoes away ..
Display Applications Anti Mosquito Prank
Display Applications Anti Mosquito Prank

10. Sky Map
Sky Map can be used to identify the stars, planets, and so on. So, Skymap can be an indication of the wind direction when his night full of stars.
icon Skymap
icon Skymap
Appviews Skymap
Appviews Skymap

So first application. Sign up above applications do not all have to be installed, select the most useful create friend - friends. Welcome to Adventure!
 
Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu
nt" style="text-align: justify;"> #porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu

Porter Slamet, Aplikasi Android yang harus diinstal jika kamu sering berpetualang ke alam bebas, Guide Sumbing

Alam bebas seperti hutan atau gunung menyimpan berbagai bahaya dan misteri di dalamnya. Sehingga, bagi pecinta alam atau anggota pramuka yang sering berpetualang di alam bebas seperti berkemah atau mendaki gunung diperlukan berbagai alat yang ditujukan untuk keamanan atau kenyamanan. terutama apabila sedang dalam kondisi survival, kita akan sangat terbantu apabila memiliki alat – alat seperti kompas dan sebagainya.

Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi sudah menyebarkan pengaruhnya ke segala bidang, termasuk dalam bidang petualangan alam bebas. Sekarang banyak aplikasi yang sangat berguna ketika di alam bebas. Aplikasi tersebut dapat menjadi alternative alat – alat yang cukup mahal. Tinggal cari di playstore dan download, kita sudah dapat aplikasinya. Aplikasi tersebut juga tidak kalah dengan alat yang sebenarnya. Berikut aplikasinya :

1. Clock
Ada yang salah dengan ponsel and ajika belum memiliki aplikasi ini. Ya, hampir semua ponsel di dunia di era sekarang ini sudah tersedia aplikasi penunjuk wakturutama Smartphone yang pengambilan dan penunjukkan waktunya berasal waktu pada jaringan tersebut yang memudahkan kita dalam mengatur waktu yang benar.

2. GPS Essential
Aplikasi ini merupakan aplikasi all in one yang menunjukkan nilai seperti Kompas, lokasi, dan banyak ainnya. Aplikasi ini seperti halnya pisau saku swiss army yang memiliki banyak kegunaan.
Icon GPS Essentials
Icon GPS Essentials

Tampilan Aplikasi GPS Essentials
Tampilan Aplikasi GPS Essentials

3. Compass
Sebagai alternative apabila tidak ingin menginstall GPS essentials, dan hanya ingin menginstall aplikasi kompas yang ringan serta akurat.
Compass di Play Store
Compass di Play Store

4. Super Bright LED Flashlight
Biasanya, sudah tersedia aplikasi bawaan android untuk menyalakan LED flashlight.
Icon Super Bright LED Flashlight
Icon Super Bright LED Flashlight


5. PMI - First Aid
Merupakan Aplikasi pertolongan pertama yang sangat lengkap dan mudah digunakan. Aplikasi dari PMI yang dikembangkan 3 Sided Cube
Icon PMI - First Aid
Icon PMI - First Aid

6. SAS Survival Guide
SAS survival guide terdapat versi gratis dan versi berbayar.Berisi berbagai keterampilan survival dari yang dasar hingga yang advanced.

src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0INeo08zarIJz8xUyTaRLQevx9Uu0NutCuerASppAMZbo-_do1olj4z-xb1hVL7__KYq9mmu5n2dzyUcJpGhqtRE_dc6jOEgde_Xoij6LTOKZMawu7TURlum5I1fQ5nBLWXLGPyYTKSo/s320/SAS+survival+guide+screenshoot_compress.jpg" title="" border="0" width="213" height="320"> Tampilan SAS Survival Guide Lite
Icon SAS Survival Guide
Icon SAS Survival Guide

7. Smart Thermometer
Menunjukkan suhu suatu tempat atau ruangan. Aplikasi ini memerlukan android yang mendukung sensor suhu. Namun, apabila ponsel kita belum memilikinya, jangan berkecil hati dulu karena masih dapat menggunakan walaupun harus dalam keadaan online.
Tampilan Smart Thermometer
Tampilan Smart Thermometer

Icon Smart Thermometer
Icon Smart Thermometer

8. Altimeter
Aplikasi ini berguna untuk mengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan air laut.
Icon Altimeter
Icon Altimeter

9. Anti Mosquito Prank
Terganggu dengan nyamuk saat berkemah ? maka Anti Mosquito Prank lah solusinya. Aplikasi ini dapat mengusir nyamuk dengan memberikan suara ultasonik atau sangat keras yang hanya daoat didengar beberapa hewan seperti nyamuk, sehingga nyamuk pun pergi..
Tampilan Aplikasi Anti Mosquito Prank
Tampilan Aplikasi Anti Mosquito Prank

10. Sky Map
Sky Map dapat digunakan untuk mengidentifikasi bintang, planet, dan sebagainya. Sehingga, Skymap dapat menjadi petunjuk arah mata angin dikala malam penuh dengan bintang.
Icon Skymap
Icon Skymap

Tampilan Aplikasi Skymap
Tampilan Aplikasi Skymap

Sekian dulu aplikasinya. Daftar aplikasi diatas tidak kesemuanya harus diinstall, pilih yang paling berguna buat teman – teman. Selamat Berpetualang !

Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin