Tradisi Bau Nyale


POLRES LOMBOK TIMUR LAKUKAN PENGAMANAN BAU NYALI, TRADISI MAKAN CACING DIPANTAI KALIANTAN

Kepolisian Resor Lombok Timur NTB, pada Jumat 26 februari 2016 hingga Minggu 28 Februari 2016, melaksanakan pengamanan Bau Nyale. Ini adalah acara tradisi masyarakat Lombok di wilayah NTB. 

Adapun puncak acara dilaksanakan pada Sabtu hingga menjelang dinihari Minggu, dengan acara hiburan masyarakat seperti Peresehan. Kemudian, menjelang subuh, masyarakat berbondong-bondong menuju pantai mencari cacing untuk dimakan. Dalam bahasa Sasak Lombok, Bau Nyale diartikan "Bau" adalah menangkap dan "Nyale" artinya cacing.

Polres Lombok Timur mengerahkan kurang lebih 350 personel gabungan Brimob ditambah TNI dan instansi lain. Tradisi Bau Nyale dilaksanakan tiap tahun dimana masyarakat percaya bahwa cacing yang timbul keluar tiap bulan Februari dan Maret, memberikan kesejahteraan dan kedamaian.

Konon menurut kisah, cacing ini diyakini masyarakat sebagai penjelmaan Sang Dewi Mandalika yang sangat cantik dan putri mahkota. Karena banyak yang suka dengan Dewi Mandalika, akhirnya Sang Putri berjanji memberikan manfaat kedamaian agar tidak berperang memperebutkan Sang Putri.

Caranya, dengan menceburkan diri ke laut Pantai Seger yang letaknya di wilayah Kuta Lombok Tengah. Dan bersamaan dengan itu keluar banyak cacing yang diyakini jelmaan Sang Dewi.

Pengamanan di Lombok Timur dipimpin langsung Kapolres Lotim, AKBP Karsiman SIK, MM, didampingi Waka Polres dan para perwira serta staf. Kegiatan

pengamanan difokuskan di Pantai Seger Kuta Lombok Tengah dan Pantai Kaliantan Jerowaru wilayah Lombok Timur. Pengamanan berjalan lancar dan aman.
Divisi Humas Polri menambahkan 3 foto baru — bersama Dadan Purnama.


 

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin