29 Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur


29 Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur yang Menarik Dikunjungi


Tempat Wisata di Blitar – Ada cerita unik dibalik nama Blitar, dari wikipedia diketahui bawah, nama kota ini awalnya adalah Balitar yang berarti pulanglah tartar. Dimana pada mulanya, Blitar dikuasai oleh suku tartar dari Mongolia, kemudian Raja Majapahit mengutus Nilasuwarna untuk mengusir Suku Tartar dari Mongolia.

Itu tadi sedikit cerita mengenai asal muasal nama Blitar. Sekarang Tempatwisataseru.com akan mengajak andan berkeliling ke tempat wisata di Blitar yang menarik dikunjungi. Biasanya orang-orang kalau berkunjung ke Blitar tidak pernah melewatkan tempat wisata sejarah makan bung Karno atau Candi Penataran.

Dua lokasi ini menjadi tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur kesini. Makan bung Karno selalu ramai apalagi akhir pekan, begitu juga dengan Candi Penataran. Candi ini juga ramai dikunjungi wisatawan dari berabgai daerah. candi ini menjadi saksi Gajah Mada membacakan sumpah Palapa.

Tempat Wisata di Blitar

Berikut ini ada 29 Tempat Wisata di Blitar yang Menarik untuk Dikunjungi. Ada banyak lokasi wisata di Blitar yang populer dan indah yang tidak kalah dari tempat-tempat lainnya di Indonesia. Blitar juga memiliki pantai yang indah dengan pasir putih yang halus, selain itu juga ada banyak air terjun yang wajib anda kunjungi jika ingin merasakan segarnya mandi di alam. Simak selengkapnya beirkut ini:

1. Tempat Wisata Pantai Tambakrejo di Blitar

Tempat wisata di Blitar yang wajib anda kunjungi adalah pantai Tambakrejo. Pantai ini merupakan tempat wisata paling populer di Blitar yang selalu ramai oleh wisatawan apalagi kalau akhir pekan dan musim liburan, pengunjung biasanya memadati pantai ini. Pasirnya yang bersih dan putih serta air lautnya yang bersih menjadi magnet bagi wisatawan untuk berlibur kesini.

Untuk mencapai Pantai ini anda harus berjalan sekitar 1 jam dari Kota Blitar ke arah selatan, jaraknya kurang lebih 30 KM. Lokasi tepatnya berada di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto, pantai ini memiliki panjang skeitar 10 km terbentang menjadi sebuah teluk. Anda bisa mandi sepuasnya disini, tenang ombak di pantai ini tidak terlalu besar kok.

Jika anda mau membawa pulang ikan, disini ada tempat pelelangan ikan segar hasil tangkapan nelayan di sekitarnya.

Bagaimana? Anda tertarik berlibur ke Pantai Tambakrejo? Sangat sayang untuk dilewatkan jiga kita berwisata ke Blitar Jawa Timur.

Sebagai tambahan juga, disini biasanya diadakan acara Larung Sesaji, yakni prosesi ritual yang diadakan setiap tahun tepat pada tahun Baru Islam. Acara tersebut diawali dengan sebuah tari-tarian dan membawa 2 tumpeng agung yang terdiri dari nasi beserta lauk pauknya dan aneka hasil bumi, yang selanjutnya digiring menuju pantai.

Alamat Pantai Tambakrejo: Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Blitar, Jawa Timur
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.315668,112.143159

Untuk dapat memasuki objek wisata Blitar yang satu ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Pantai Tambakrejo sebesar Rp 2 ribu per orang.

Jika Anda berangkat menggunakan angkutan umum ke Pantai Tambakrejo ini, maka dari terminal bus kota Blitar, Anda dapat mengambil angkutan pedesaan yang menuju ke Gawang. Perjalanan ini akan menghabiskan waktu sekitar 1-2 jam karena supir angkutan kerapkali berhenti dan menunggu penumpang selama dalam perjalanan. Tetapi, jam operasional angkutan pedesaan ini hanya berakhir hingga sore hari saja.
Tempat Wisata Pantai Tambakrejo di Blitar

2. Obyek Wisata Arung Jeram Soko Adventure Blitar

Tempat wisata di Blitar yang selanjutnya adalah Soko Adventure. Disini biasanya mereka yang memiliki hobi arung jeram menguji nyalinya. Selain olahraga arung jeram anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti Café.

Ada dua sungai yang bisa dijadikan sebagai sarana untuk olahraga arung jeram yaitu Tiko dan Sungai Lekso sepanjang melakukan arung jeram para wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan alam pedesaan yang eksotis.

Lokasi Soko adventure ada di Desa Tegalasri Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Selain rafting, kayak dan tubing juga bisa dilakukan di tempat ini, dengan peralatan yang lengkap dan di dampingi tenaga tenaga profesional yang akan memberikan rasa aman saat melakukan petualangan, untuk lebih menarik para wisatawan di tempat ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas lainnya seperti Area Outbound dan Camping Area .

Obyek Wisata Arung Jeram Soko Adventure Blitar

3. Tempat Wisata Pantai Jolosutro Blitar

Satu lagi tempat wisata pantai favorit di Blitar yaitu Pantai Jolosutro. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan bersih. Nah, kalau di pantai ini baru cocok untuk anda yang ingin melakukan olahraga surfing. Anda bisa menikmati ganasnya ombak ala pantai selatan. Sebagaimana diketahui, ombak patani selatan sangat terkenal dengan keganasannya. 

Lokasinya ada di desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar berjarak sekitar 45 km dari kota Blitar ke arah Selatan.

Tempat Wisata Pantai Jolosutro Blitar

4. Tempat Wisata Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi menjadi destinasi wisata di Blitar yang selanjutnya harus anda kunjungi. Pantai ini berada di di dusun Krajan, desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung, kabupaten Blitar, sekitar 45 km dari kota Blitar atau bisa di tempuh sekitar 90 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Tempat Wisata Pantai Pangi Blitar

5. Obyek Wisata Pesanggrahan Tambakrejo Blitar

Kalau anda berkunjungi ke Pantai Tambakrejo yang sudah dijelaskan di atas, selanjutnya anda dapat menikmati keindahan susana sore hari di Tembakrejo dari Pesanggrahan Tambakrejo. Pesanggrahan ini merupakan penginapan yang sangat strategis sekali, karena berada di atas bukit yang menghadap ke Pantai.

Pada sore menjelang malam hari, pemandangan disini sangat indah sekali. View yang diberikan sangat sempurna. View-nya benar-benar menawan dan sayang untuk dilewatkan. Dari spot ini, pandangan nyaris tak terhalangi. Hal ini membuat pengunjung leluasa menikmati panorama khas pantai beserta keadaan di sekitarnya.

Untuk menikmati berabgai fasilitas disini anda harus membayar Rp 250.000,-/nett per malam*, dengan fasilitas kamar single bed king size, kipas angin non AC, family room, ballroom luas, ruang rapat, makan prasmanan menu seafood lokal, satelit chanel, dan security 24 jam.

Bagaimana? Anda tertarik dengan pemandangan nan cantik ala Tambakrejo? Disini tempatnya.
Pesanggrahan Tambakrejo Blitar
Pict by: https://travellers2009.wordpress.com/

6. Tempat Wisata Pantai Serang Blitar

Satu lagi tempat wisata pantai di Blitar yang menarik untuk dikunjungi, yaitu pantai Serang. Pantai ini langsung menghadap ke Samudera Hindia. Dengan pasir putih dan halus membuat pantai ini sangat seru untuk berlibur bersama keluarga.

Lokasi Pantai Serang ada di desa Serang, kecamatan Panggungrejo, kurang lebih 45 Km arah barat daya kota Blitar. Jika anda ingin meandi-mandi, disini tempatnya sangat cocok, selain bibir pantainya yang panjang, ombaknya juga tidak terlalu tinggi.

Tempat Wisata Pantai Serang Blitar

7. Berwisata ke Desa Wisata Semen Blitar

Anda mau berlibur ke wisata alam dan Ekologis di Blitar? Desa Semen tempatnya. Lokasinya berjarak sekitar 5 km di selatan kawasan wisata Rambut Monte, dekat dengan wahana arum jeram serta berjarak 35 km dari Kota Blitar.  Memasuki kawasan Kampung Wisata Alam dan Ekologis “Puspa Jagad”, pengunjung akan disambut dengan gazebo yang dipenuhi dengan berbagai hiasan bunga anggrek alam yang menjadi ikon Desa Semen. 


Penggiat Kampung Wisata Alam dan Ekologis “Puspa Jagad” ini adalah seluruh pemuda sekitar desa yang tergabung dalam paguyuban “Puspa Jagad”.  Desa dengan luas lebih kurang 1.079,12 Ha .  Ini terbagi menjadi empat dusun, yaitu Dusun Parang, Dusun Tegalrejo, Dusun Semen, Dusun Dewi dengan pusat pemerintahan berada di Dusun Tegalrejo. 

Berwisata ke Desa Wisata Semen Blitar

8. Tempat Wisata Petilasan Rambut Monte Blitar

Disini anda dapat menikmati berbagai spot menarik seperti telaga, candi, petilasan atau tempat untuk bermeditasi dan di latar belakangi dengan pemandangan yang hijau dari perkebunan teh dan sawah warga setempat yang terhampar sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini.

Jika anda tertarik untuk berlibur ke Rambut Monte, silahkan menuju ke desa Krisik, kecamatan Gandusari, kurang lebih 30 km dari kota Blitar. Untuk masuk ke dalam area wisata, anda hanya dikenakan 3.000 dewasa dan 2.000 anak-anak. Karena lokasi parkir berada dalam area, dikenakan biaya seribu sampai 3ribu rupiah untuk kendaraan bermotor, mobil, mini bus atau bus.

Tempat Wisata Petilasan Rambut Monte Blitar

9. Tempat Wisata Sejarah Candi Penataran Blitar

Nah, disinilah kono tempat Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, sebagai janji untuk menyatukan wilayah Nusantara di Bawah panji Majapahit. Lokasinya ada di desa Penataran, kecamatan Nglegok, kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya yang terletak di kaki gunung Kelud, menjadikan area Candi Penataran berhawa sejuk. Candi Penataran adalah kompleks percandian terbesar dan paling terawat di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Candi Penataran ditemukan pada tahun 1815, dan belum banyak dikenal sampai tahun 1850. Komplek candi ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang merupakan Letnan Gubernur Jendral pada masa kolonial Inggris di Indonesia pada waktu itu.


Candi ini dibangun pada tahun 1194 oleh Raja Çrnga (Syrenggra) yang bergelar Sri Maharaja Sri Sarweqwara Triwikramawataranindita Çrengalancana Digwijayottungadewa. Raja Çrnga memerintah kerajaan Kediri antara tahun 1190 – 1200, sebagai candi gunung untuk tempat upacara pemujaan agar dapat menetralisasi atau menghindari mara bahaya yang disebabkan oleh gunung Kelud yang sering meletus.

Tempat Wisata Sejarah Candi Penataran Blitar

10. Tempat Wisata Pantai Peh Pulo Blitar

Satu lagi pantai yang menarik di Blitar untuk dikunjungi, pantai Peh Pula. Pantai ini berlokasi di daerah Panggung Rejo, cukup jauh dari pusat kota Blitar. Butuh waktu sekitar sembilan puluh menit bermobil dari pusat Kota Blitar. Namun sedikit susah untuk bisa sampai ke lokasi Pantai Peh Pulo. Selain kita harus melalui kawasan perbukitan dan hutan yang ada di wilayah Kecamatan Panggungrejo, ruas jalan menuju ke lokasi pantai sebagian masih berupa jalan makadam yang licin.

Tempat Wisata Pantai Peh Pulo Blitar

11. Tempat Wisata Alam Goa Embultuk Blitar

Andai ngin merasakan sensasi wisata alam yang menantang plus agak seram? Goa Embultuk tempatnya. Goa ini berada di desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung, Blitar. Merupakan satu – satunya gua di Blitar yang mempunyai keunikan stalagmitnya pada para wisatawan. Wisata gua ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak turis, terutama pada liburan sekolah, dan jalan menuju gua ini pun telah di renovasi sehingga dapat di lalui kendaraan roda empat.

Dulu hanya sepeda roda dua saja yang berkunjung di Goa Embultuk ini dan penduduk setempat. Itupun jarang ketika di musim liburan. Dipenghujung perjalanan dalam gua ini kita akan rehat disebuah kubah yang menyerupai sebuah aula yang besar dimana bisa menampung ribuan orang didalamnya. Konon gua ini dulunya pernah menjadi tempat persembunyian gerakan sebuah partai terlarang (PKI)

Tempat Wisata Alam Goa Embultuk Blitar

12. Tempat Wisata Sejarah Candi Gambar Wetan Blitar

Candi Gambar Wetan menjadi destinasi wisata sejarah di Blitar yang  selanjutnya. Lokasinya di desa Gambar Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Panorama di sekitar obyek wisata sangatlah asri dan sejuk serta berada pada kawasan perkebunan kopi Gambar. Pada lokasi sebelah bawah obyek wisata (Selatannya) langsung dapat terlihat jaringan sungai lahar dari kawah gunung Kelud.

Tempat Wisata Sejarah Candi Gambar Wetan Blitar

13. Objek Wisata Sejarah Arca Warak Blitar

Situs ini memang tidak terlalu terkenal dan tidak juga menarik bagi wisatawan, namun bagi pecinta sejarah Arca warak menjadi destinasi wisata di Blitar yang wajib dikunjungi. Lokasinya ada di Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Situs ini berada ± 2 km di sebelah timur laut Candi Penataran. Pada Situs Arca Warak juga ditemukan berbagai artefak lainnya seperti: batu candi, jaladwara, kemuncak, dan lumpang. Jaladwara adalah unsur bangunan yang berfungsi untuk mengalirkan air. Biasanya jaladwara berbentuk mirip Makara pada bangunan candi, namun jaladwara pada Situs Arca Warak memiliki keunikan jika dibandingkan dengan jaladwara pada umumnya, yakni berbentuk seekor gajah.

Objek Wisata Sejarah Arca Warak Blitar

14. Objek Wisata Sejarah Candi Kotes Blitar

Candi Kotes teletak di Desa Kotes, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berdasarkan namanya pasti kita mengira kalau nama candi tersebut diambil dari nama desa Kotes tersebut. Candi yang berdiri sejak tahun 1302 Masehi tersebut merupakan aset yang berharga dari desa Sukosewu itu sendiri, memiliki sebuah candi yang indah.

Candi ini masih merupakan saudara dari Candi Penataran, candi yang terletak di kecamatan Nglegok, Blitar, yang lebih terkenal. Namun, walau lebih terkenal Candi Penataran, Candi Kotes ternyata lebih tua dari Candi Penataran, yaitu sekitar 8 tahun lebih tua.

Objek Wisata Sejarah Candi Kotes Blitar

15. Objek Wisata Sejarah Candi Sawentar Blitar

Satu lagi candi di Blitar yang patut anda kunjungi, candi Sawentar. Candi ini berada di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Di dalam Kitab Negarakertagama, Candi Sawentar disebut juga Lwa Wentar. Komplek Candi Sawentar ini berada pada lahan seluas 1.565 meter persegi. Bisa dibilang unik, sebab bangunan candi ini seolah berada di kolam. Sehingga meski sebenarnya cukup tinggi, karena berada sekitar empat (4) meter di bawah permukaan tanah, tidak terlihat menjulang.

Bagian atas candinya saja yang terlihat setinggi satu meter dari jalan datar (gapura candi). Tubuh candi berdiri di atas batur seluas 7 X 7 m2, dengan tinggi sekitar 1,5 m. Tinggi candi sampai ke puncaknya mencapai 10,65 m. Tubuh candi lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan kakinya, sehingga terbentuk selasar sempit di sekelilingnya. Pintu candi terletak di sisi barat, diapit oleh relung kecil di kiri dan kanannya.

Objek Wisata Sejarah Candi Sawentar Blitar

16. Berwisata Sejarah ke Makam Bung Karno di Blitar

Nah ini dia tempat wisata sejarah di Blitar yang wajid dikunjungi, makan Bung karno. Lokasinya berada di Desa Bendogerit, dengan jarak sekitar 3 Km di utara dari kota Blitar, dan berdiri diatas lahan yang luas. Untuk masuk ke makam Bung Karno, tidak dipungut biaya tiket masuk. Kompleks makam Bung Karno adalah sebuah bangunan yang berbentuk joglo khas Jawa, di dalamnya terdapat makam Bung Karno, dan diapit oleh makam kedua orang tuanya.

Di areal makam terdapat juga sebuah perpustakaan, sebuah tempat untuk menyimpan buku – buku dan tulisan Bung Karno. Anda dapat mengenal sosok Bung Karno lebih dalam di perpustakaan, selain perpustakaan, terdapat juga Museum Bung Karno, di dalamnya banyak disimpan benda – benda milik Bung Karno.

Berwisata Sejarah ke Makam Bung Karno di Blitar

17. Objek Wisata Istana Gebang Blitar

Istana Gebang menjadi saksi sejarah tumbuh kembangnya sang proklamator kemerdekaan, Bung Karno. Letaknya sekitar 2 Km dari makam Bung Karno. Dari kompleks makam menuju Istana Gebang, anda cukup menggunakan becak saja. Inilah tempat tinggal kedua orang tua Bung Karno, sebuah rumah yang sampai sekarang masih ramai dikunjungi banyak orang, apalagi pada bulan Juni.

Objek Wisata Istana Gebang Blitar

18. Wahana Wisata Keluarga Water Park Sumberudel Blitar

wahana bermain keluarga di Blitar yang harus anda kunjungi adalah Water Park Sumberudel. Wahana bermain air ini adalah salah satu tempat wisata favorit di Blitar untuk anak-anak dan keluarga.

Wahana Wisata Keluarga Water Park Sumberudel Blitar
Pict by: visitblitar.com

19. Wahana Bermain Taman Wisata Kebon Rojo Blitar

Salah satu tempat wisata alam di Blitar yang menarik dikunjungi adalah Kebon Rojo. Lokasinya ada di Jantung Kota Blitar. Kebon Rojo adalah salah satu tempat wisata di Blitar yang ramai dikunjungi, terlebih pada saat akhir pekan. Taman Kebon Rojo juga di jadikan tempat acara anak – anak pada hari – hari tertentu seperti, lomba melukis anak, hiburan anak, dan lain – lain. Tempat ini juga cocok untuk bersantai dan bermain.

Wahana Bermain Taman Wisata Kebonrejo Blitar

20. Wisata Sejara Monumen Trisula Blitar

Lokasinya di Desa Bakung Kecamatan Bakung Blitar. Monument Trisula diresmikan tanggal 18 Desember 1972 oleh M. Yasin yang saat itu menjabat sebagai Letnan Jendral TNI AD dan bertugas sebagai “Deputy Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat”.

Wisata Sejara Monumen Trisula Blitar

21. Berkunjung ke Penangkaran Rusa Maliran Blitar

Tempat bermain rusa yang seru ada di Maliran, di tempat ini anda dan anak-anak bisa bermain dengan Rusa, anda bisa memberi makan dari dekat.  Lokasinya ada di kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Maliran terkenal dengan hutan buatan dengan tanaman homogen seperti pohon sambi yang memenuhi hamparan tanahnya.

Pengunjung diperbolehkan masuk ke kandang dan mengelus rusa-rusa yang ada disana selama tidak membuat kekacauan sekumpulan rusa-rusa itu. Tiket masuk ke lokasi untuk orang dewasa adalah Rp. 2000,- sementara anak-anak Rp. 1000,- (harga sewaktu-waktu berubah).

Berkunjung ke Penangkaran Rusa Maliran Blitar

22. Tempat Wisata Agrowisata Karangsari Blitar

Di Blitar buah-buahan yang terkenal adalah Blimbing. Disini anda bisa melihat dan memanen sendiri blimbing-blimbing dengan ukuran Jumbo. Lokasinya ada di  agrowisata blimbing di Blitar, atau tepatnya di Desa Karangsari, Kecamatan Sukorejo.

Di Agrowisata Karangsari ada dua jenis belimbing yang dibudidayakan yaitu jenis Bangkok dan Filipina. Di sini, Anda bisa memetik sendiri belimbing yang akan Anda bawa pulang atau Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas berbahan belimbing seperti dodol, manisan, keripik, sirup hingga selai.

Tempat Wisata Agrowisata Karangsari Blitar

23. Obyek Wisata Pemandian Sumber Udel Blitar

Satu lagi wahana bermain di Blitar yang wajib dikunjungi, yaitu pemandian sumber udel. Lokasinya ada di Jalan Kali Brantas, Kelurahan Bendo, atau berjarak sekitar 500 meter dari Makam Bung Karno.

Di sini terdapat kolam untuk dewasa dan juga anak. Selain itu, ada panggung gembira, taman untuk bermain dan juga jasa sewa alat renang. Pemandian ini juga sering dipakai untuk perlombaan renang, lho.

Obyek Wisata Pemandian Sumber Udel Blitar

24. Tempat Wisata Pantai Gondo Mayit Blitar

Namanya agak seram kedengarannya, tapi kalau keindahannya sangat luar biasa.  Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Tambakrejo, pantai ini terletak di sisi timur Pantai Tambakrejo. Untuk mencapai pantai ini, Anda akan melewati bukit dan menyebrangi sungai.

Pantai ini masih sepi dan alami dibandingkan pantai lainnya di Blitar. Bagi Anda yang lapar, terdapat satu warung makanan di sini. Namun sebaiknya Anda membawa bekal makanan sendiri karena kurang bervariasinya makanan yang tersedia di sini.

Tempat Wisata Pantai Gondo Mayit Blitar

25. Tempat Wisata Alam Air Terjun Coban Wilis Blitar

Anda mau menikmati segarnya mandi di alam? Nah, coban Wilis harus masuk dalam daftar tempat wisata di Blitar yang harusn anda kunjungi. Lokasinya ada di kawasan Gunung Kelud atau di Kampung Wisata Ekologis Semen Gandusari, tepatnya di Desa Semen, Kecamatan Gandusari. Air terjun ini tidak mudah untuk dicapai karena anda harus berjalan kaki naik dan menuruni 5 bukit sekitar 2 jam, selama di perjalanan menuju air terjun ini anda akan menemukan dua air terjun yang tidak bisa anda capai.

Tempat Wisata Alam Air Terjun Coban Wilis Blitar
Pict by: nurulaneh.blogspot.com

26. Tempat Wisata Alam Air Terjun Sirah Kencong Blitar

Lokasi Air Terjun Sirah Kencong ada di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi. Untuk menuju ke air terjun ini anda harus berhati-hati karena lingkungannya masih alami dan selama berjalan kaki menuju air terjun anda akan melewati hutan belantara.

Tempat Wisata Alam Air Terjun Sirah Kencong Blitar
Pict by: mblitar.net

27. Tempat Wisata Alam Air Terjun Grenjeng Blitar

Lokasi Air Terjun Grenjeng ada di Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Air terjun yang unik. Meski berada di Blitar selatan, air terjun ini kurang mencerminkan ekosistem kars yang lazim dijumpai di wilayah tersebut. Bukanlah tebing kapur yang akan kita jumpai di sini, melainkan tebing breksi hitam yang kokoh.

Tempat Wisata Alam Air Terjun Grenjeng Blitar
Pict by: http://paapaajalah.blogspot.co.id/

28. Tempat Wisata Alam Air Terjun Jurug Bening Blitar

Lokasi Air Terjun Jurug Bening ada di Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Aliran airnya tidak terlalu deras, tapi memiliki bentuk yang unik karena terpecah oleh bebatuan. Kekontrasan air dengan bebatuan hitam kelam juga tampak indah. Keanekaragaman flora disisi tebing yang mengapit jurug memberikan warna yang melengkapi lukisan nyata ini.

Tempat Wisata Alam Air Terjun Jurug Bening Blitar

29. Objek Wisata Alam Paco Blitar

Lokasi Wisata Alam Paco ada di Desa Panataran, Nglegok, Kabupaten Blitar. Lokasi obyek wisata ini cukup strategis karena berada di antara obyek wisata komplek Candi Penataran dan Candi Gambar Wetan. Selain itu, lokasi obyek ini juga berada di pinggir jalur alternatif Blitar – Obyek Wisata Gunung Kelud. Secara umum rute menuju Wisata Alam Paco adalah: Blitar – Nglegok – pertigaan sebelum pintu masuk kawasan wisata Penataran ke kanan (ke arah Perkebunan Candi Sewu) –  Wisata Alam Paco.

Wiasata Alam Paco buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai Pukul 16.00 WIB. Untuk menikmati keasrian Wisata Alam Paco, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000,-.

Objek Wisata Alam Paco Blitar
Pict by: https://travellers2009.wordpress.com/

Bagaimana? Anda sudah mulai menyusun tempat-tempat yang akan anda kunjungi selama di Blitar? Itulah 29 Tempat Wisata di Blitar yang Menarik Dikunjungi dari kami. Semoga bisa menjadi panduan wisata di Blitar untuk anda dan keluarga tercinta, jangan lewatkan juga 15 Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin