Gali Pondasi Gedung TK Malah Temukan Yoni Kuno Mataram

 

Gali Pondasi Gedung TK Malah Temukan Yoni Kuno Mataram


Sebuah benda yang diduga merupakan yoni peninggalan zaman Mataram Hindhu diamankan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Dusun Godekan Brajan, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Bantul, Senin (9/3/2015).

Benda tersebut ditemukan beberapa hari lalu oleh seorang buruh bangunan yang hendak membuat fondasi gedung taman kanak-kanak (TK).

Staf Perlindungan BPCB DIY, Antar Nugroho menyatakan, biasanya yoni ditemukan lengkap dengan lingga tetapi tidak demikian dengan yang terjadi di Bantul. Pihaknya masih akan melakukan analisis bersama tim untuk menentukan nilai penting benda berukuran 76 cm kali 69,5 cm tersebut.

“Dalam rangka pengamanan, benda kami selamatkan ke kantor. Selanjutnya akan dilakukan analisis,” papar Antar, Senin (9/3/2015).

Ia menduga barang yang ditemukan tersebut merupakan perwujudan dari Dewa Siwa dan berasal dari zaman Mataram Hindhu. Oleh karena yoni ditemukan terpisah dari lingga, Antar juga menduga jika benda tersebut sudah berpindah lokasi karena beberapa hal.

Namun ia belum dapat menjelaskan lebih detil karena untuk sementara masih bersifat dugaan. Menurut Antar, untuk mengetahui data benda peninggalan zaman dahulu, harus dilakukan kajian terlebih dahulu.

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin