Gogor Park Gunungkidul Akan Jadi Sentra Durian

Gogor Park Gunungkidul Akan Jadi Sentra Durian


Pemerintah Desa Salam, Kecamatan Patuk berencana membangun Gogor Omah Duren di kawasan ekowisata Gogor Park. Lokasi ini nantinya akan menjadi sentra penjualan buah durian dari petani di kawasan patuk

Ketua Gogor Park Subarno mengatakan, hasil pertanian di kecamatan begitu melimpah ruah. Komiditas yang dihasilkan bervariasi mulai dari potensi tanaman pangan hingga hortikultura.
“Image Patuk sebagai pengahsil durian juga sudah mengakar kuat. Eksistensi tersebut dapat dilihat dalam penyelenggaraan festival durian dalam dua tahun terakhir,” kata Subarno kepada wartawan saat acara sarasehan Among Tani Gunungkidul di komplek Gogor Park, Minggu (1/3/2015).

Dia menjelaskan, konsep yang ditawarkan dengan pendirian bangunan itu adalah mempermudah transaksi jual beli buah durian. Sebab, tempat itu akan dijadikan sebagai tempat berkumpulnya penjual buah durian.

“Fokus utama memang buah durian, tapi tidak menutup kemungkinan hasil buah lainnya di Kecamatan Patuk diperjualbelikan. Kesuksesan pendirian ini mudah-mudahan bisa menggerakan perekonomian terpadu,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Subarno, pembukaan program ini kemungkinan baru terlaksana di tahun depan. Selain harus melalui proses pembangunan lokasi, saat ini panen durian sudah memasuki panen akhir.

“Momennya harus tepat, terutama saat puncak musim durian. Kalau saat ini sudah lewat, dan baru bisa terlaksana di tahun depan,” katanya.

Sementara itu, Pejabat Sementara Kepala Desa Salam Nuraini mengatakan, mendukung wacana pembangunan Gogor Omah Duren. Menurut dia, banyak keuntungan yang diperoleh keberadaan tempat itu, salah satunya memudahkan pecinta durian mendapatkan durian asli Patuk.

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin