Kehidupan Purba Dekat Goa Pindul Sezaman dengan Sangiran

Kehidupan Purba Dekat Goa Pindul Sezaman dengan Sangiran

 
Tribun Jogja Lokasi temuan fosil hewan purba.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Temuan fosil binatang purba di lembah Kali Oya, Sokoliman, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta kian menguatkan bahwa wilayah tersebut sesungguhnya pernah jadi habitat makhluk prasejarah. 

Masanya diperkirakan sezaman dengan situs purba di Sangiran, Sragen, Jawa Tengah. Umur fosil diperkirakan antara 800 ribu tahun sampai satu juta tahun lalu.

"Ada banyak temuan fosil, tapi berbeda dengan di Sangiran dari sisi jumlahnya. Periodenya sama dengan di Sangiran," kata Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta, Siswanto, Senin (19/1/2015) kemarin.

Ia berharap, masyarakat yang menemukan fosil serupa agar tidak melakukan pemecahan atau dipotong. Sebab jika sudah terpotong, maka akan sulit untuk diketahuinya misalnya tinggi badan dan lainnya.

Sebaiknya siapapun yang menemukan objek yang diduga fosil purba diminta melaporkannya ke Balai Arkeologi Yogyakarta. Selanjutnya tim Balai Arkeologi Yogyakarta akan ke lokasi untuk melakukan penelitian lebih seksama.

"Karena nilai ekonomisnya kalau fosil kan kurang bagus. Tapi bagi nilai sejarah, ini sangat berarti untuk kepentingan edukasi," lanjut Siswanto.

Dari penelitian selama ini, temuan fosil-fosil purba terbanyak ditemukan di goa-goa wilayah selatan, seperti di Goa Brahala, Rongkop. Sedangkan jika melihat sebaran geografi, semakin ke utara ditemukan peti kubur dari batu.

Tiga fosil hewan purba ditemukan di delta Kali Oya di Dusun Sokoliman, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul pada pertengahan Desember 2014, tetapi baru terungkap akhir pekan lalu. Fosil-fosil yang terdiri dari dua tulang sendi paha depan binatang berkaki empat dan fosil yang diduga gigi geraham hewan sejenis kerbau atau Bovidae, ditemukan oleh Bambang Sukito, warga Dusun Ngringin, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul.(Hari Susmayanti & M Nur Huda)

QTと古代の近くゴアPindul現代の生活

 
ニュースジョグジャ古代の動物の所在地の化石。

ジョグジャカルタ、KOMPAS.com  -川大矢Sokoliman、Bejiharjo、Karangmojo、グヌンKidulの谷の古代動物の化石の発見は、ジョグジャカルタは、この地域は、先史時代の生き物の生息地であったという事実を補強した。 

サンギラン、スラカルタ、中部ジャワの古代サイトとの同時推定時間。年齢化石は、数年前までの百万で80万の間と推定されている。

「そこに多くの化石がありますが、脱獄の数の点で異なる。期間はサンギランの場合と同様である、「ジョグジャカルタ考古学センター長、チェリッシュ、月曜日(2015年1月19日)昨日は語った。

彼は順番に似た化石を発見した人は分割またはカットしていないことを望んだ。それが切断されている場合ので、例えば高さ以上を知ることは困難であろう。

私たちは、おそらく古代の化石がジョグジャカルタ考古学センターに報告するように要求されたオブジェクトを検索し、誰をお勧めします。さらに、シーンにチーム意志ジョグジャカルタ考古学センターは、より徹底した調査を実施する。

「そのための化石はあまり良いです。しかし、歴史的な価値のために、教育の目的に非常に有意義であると経済的価値の、「ブランド言った。

年間の研究の、ゴア偶像崇拝、Rongkopのように、南の洞窟で見つかった最古の化石を発見。あなたは地理的分布が表示された場合のに対し、北側は石墓の箱を見つけた。

半ば2014年12月にハムレットSokoliman、Bejiharjo村、Karangmojo、グヌンKidulに大谷川デルタで見つかった三古代の動物の化石が、先週末に明らかになった。化石は化石の歯または動物バイソンの疑いのある2つの関節の大腿四頭筋と四つ足の動物で構成されてウシ科バンバンSukito、Ngringinハムレット、村Bejiharjo、Karangmojo、グヌンKidul。(によって発見、デイSusmayanti&Mヌールフダ

Jadwal OpenTrip XploreAdventure BB 7A722B86 Call. / SMS / WA / Line / WeChat 085643455685: http://www.xplorewisata.com/2015/01/kehidupan-purba-dekat-goa-pindul.html#ixzz3PVGWSuUh
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin