Tips Penting Untuk Memulai Pendakian Gunung

Tips Penting Untuk Memulai Pendakian Gunung

Sharing Yaa
Pendakian gunung adalah sebuah kegiatan positif yang berhubungan dengan alam bebas. Dalam pendakian gunung, tentu kita sering menemui kendala - kendala yang terkadang tidak kita pikirkan sebelumnya. Tetapi alangkah baiknya apabila kita mengetahuinya sehingga bisa mempersiapkan sedari dini saat hendak memulai sebuah pendakian. Dan berikut ini tips penting untuk memulai pendakian gunung.
www.belantaraindonesia.org

1. Awali kegiatan tersebut dengan melakukan briefing kecil yang di isi dengan kalimat penyemangat dan juga doa kepada Tuhan Sang Pemilik Alam agar diberikan keselamatan.
2. Membagi tugas dalam kelompok, siapa yang menjadi Leader atau pemimpin pendakian dan siapa yang menjadi Sweeper atau tim paling belakang untuk memantau rekan dalam pendakian.
3. Memberikan tugas kepada 2 - 3 rekan untuk tetap tinggal di Basecamp, guna menjaga apabila ada rekan pendaki dalam kelompok yang tidak mampu melanjutkan pendakian karena sakit atau lain hal. Sehingga rekan yang tidak bisa melanjutkan pendakian tetap ada yang menjaga dan merawat apabila jatuh sakit.
4. Hal mutlak untuk menyediakan kotak dan alat P3K bagi rekan di Basecamp maupun kelompok yang melakukan pendakian. Adapun alat P3K tersebut yang paling sering di butuhkan adalah: Perban, obat merah, minyak penghangat badan, oksigen, obat flu dan masuk angin serta tabung penghangat badan, karena biasanya cuaca di pegunungan akan lebih dingin.
http://www.belantaraindonesia.org
Briefing
5. Gunakan alat komunikasi seperti Handy Talky antara Leader, Sweeper dan rekan yang berada di Basecamp untuk memantau kondisi dalam perjalanan pendakian, baik kondisi alam, cuaca maupun kesehatan pendaki.

6. Berikan informasi lengkap nama - nama pendaki dalam kelompok kepada penjaga gunung untuk memudahkan data apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dalam pendakian, semisal tersesat atau hilang.
7. Perluas pertemanan dengan sesama pendaki gunung dan jangan malu bertanya.
Silahkan share kan apabila Anda memiliki panduan memulai pendakian gunung yang belum tersebut di atas.

Important Tips For Starting Mountaineering

Sharing Yaa
Mountaineering is a positive activity associated with the outdoors. In mountaineering, of course, we often encounter obstacles - obstacles that sometimes we do not think about before. But it would be nice if we knew early on so they can prepare now to begin a climb . And the following important tips to start climbing the mountain .

www.belantaraindonesia.org

1. Begin the activity by conducting a briefing on the contents of the little phrase of encouragement and prayer to God the Owner Alam for a safety.

2. Divide tasks within the group, who became Leader or climb the leader and who is being Sweeper or hindmost team to monitor peer in ascent .

3. Provide service to 2-3 colleague to remain in Basecamp , when there is someone to take care of climbers in the group who can not afford to continue climbing due to illness or other reasons. So someone who can not continue their ascent remains the care and treatment when ill.

4. It is essential to provide a tool box and  P3K for someone in Basecamp or groups who make the climb. The tool  P3K is most often in need are: bandages, iodine, oil, body warmers, oxygen, medications flu and colds and tube body warmers , because usually the weather in the mountains will be cooler.

http://www.belantaraindonesia.org
Briefing
5. Use communication tools such as Handy Talky between Leader, Sweeper and colleagues who are in Basecamp to monitor conditions in the course of the climb , good natural conditions, weather, health and climbers.


6. Provide complete information - names climbers in the group to guard the mountain to facilitate data when unwanted things happen in the ascent, such as lost or missing.

7. Extending friendship with fellow mountaineer and do not be shy to ask .

Please share it if you have a guide to start climbing a mountain that has not been mentioned above.

Jadwal OpenTrip XploreAdventure BB 7A722B86 Call. / SMS / WA / Line / WeChat 085643455685: http://www.xplorewisata.com/2014/12/tips-penting-untuk-memulai-pendakian.html#ixzz3MZianai8
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin