Misteri Di Gunung Semeru

Misteri Di Gunung Semeru

Sharing Yaa
Misteri Di Gunung Semeru. Gunung yang selama ini menjadi dambaan para penggiat alam bebas pendakian gunung. Bagi para pendaki gunung, Semeru memang menjadi salah satu impian. Pendaki gunung pastinya ingin menggapai di salah satu puncak tertinggi di Indonesia, dan salah satunya adalah puncak Mahameru Gunung Semeru.


www.belantaraindonesia.org

Tetapi, di antara para pengagum Semeru dan pendakinya, apakah ini karena misteri yang terkandung didalamnya ataukah hanya sekedar menikmati keindahan alamnya yang memang luar biasa.

Misteri gunung Semeru tak ubahnya juga seperti misteri gunung - gunung lain di Pulau Jawa. Seperti misteri gunung Merapi di Jawa Tengah, misteri gunung Lawu, misteri gunung Bromo, misteri Gunung Slamet. Dan hampir semua Gunung memiki misterinya sendiri - sendiri. Misteri ini melegenda dan menjadi kisah rakyat yang diceritakan secara turun temurun.

Gunung Semeru yang memiliki tinggi 3.676 meter di atas permukaan laut merupakan gunung api tertinggi di Pulau Jawa. Semeru menyuguhkan keindahan alam dan menyimpan aneka misteri gaib. Meski akhir - akhir ini Gunung Semeru sering mengeluarkan lahar dingin, hujan abu dan lelehan lahar yang turun dari bibir kawah yang bernama Kawah Jonggring Saloka, namun hal tersebut tidak membuat warga takut.

Sebab mereka yakin, jika gunung meletus, 'penguasa' yang ada di gunung tersebut akan menyampaikan tanda - tanda yang tidak mampu dinalar oleh manusia biasa. Dan yang bisa menangkap tanda - tanda tersebut hanya satu orang, yakni Mbah Dipo yang dipercaya sebagai 'juru kunci' Mahameru, nama puncak Semeru.

Mbah Dipo mirip Mbah Maridjan, 'juru kunci' Gunung Merapi. Mbah Dipo tinggal di Dusun Kamar A, daerah yang sangat rawan apabila Semeru benar - benar meletus dan mengeluarkan lahar panas yang melintas di Sungai Curah Kobokan dan Sungai Lengkong.

Namun sayangnya mereka kini tak punya lagi seorang juru kunci seperti Mbah Dipo. Mbah Dipo telah meninggal dunia beberapa tahun lalu. "Beberapa tahun lalu sebelum Mbah Dipo meninggal, saya sempat bertemu beliau. Beliau mengatakan tidak akan pernah terjadi apa - apa semasih ada saya, tapi sayang sekarang Mbah Dipo sudah meninggal," kata Suwandi ( 55 ), warga Dusun Curah Kobokan, Lumajang.

www.belantaraindonesia.org

Seandainya Semeru benar - benar meletus hanya satu pesan Mbah Dipo yang diingat Suwandi hingga kini.

"Jangan pernah lari ke arah Desa Gunung Sawur tapi larilah menuju ke arah sungai.Tapi kita sebagai manusia semuanya kita kembalikan lagi kepada Yang Di Atas," kata Suwardi. Konon puncak Mahameru diyakini sebagai tempat suci, tepatnya istana para dewa. Warga yang tinggal di lereng Semeru mupun pendaki gunung itu percaya roh para Dewa masih setia menjaga Mahameru.

Hantu Cantik 
Yang juga menarik adalah pengakuan para pendaki gunung yang melihat sesuatu yang aneh di malam hari. Mereka mengaku melihat cahaya berwarna oranye di tengah Danau Ranu Kumbolo yang berubah wujud menjadi sesosok hantu wanita cantik.

Selain itu di danau tersebut juga terdapat banyak ikan mas yang tidak diketahui asal muasalnya, tiba - tiba saja ada. Diyakini ikan - ikan tersebut adalah jelmaan dari hantu wanita cantik serta para dayang - dayangnya.

Haram hukumnya bagi warga sekitar Mahameru maupun para pendaki untuk memancing ikan mas di sana. Percaya atau tidak, yang jelas cerita mistis itu masih hidup hingga kini di tengah kecantikan Semeru.

Semeru adalah gunung tertinggi di tanah Jawa. Letaknya berada di Propinsi Jawa Timur. Bersanding dengan Bromo dan Arjuno, meski tak sedekat hubungan Sindoro - Sumbing atau Merapi - Merbabu di Jawa Tengah.

Mahameru adalah sebutan untuk Puncak Semeru. Gunung berketinggian 3676 meter di atas permukaan laut ini memiliki banyak kisah yang mampu menarik perhatian para pendaki. Sosok Soe Hok Gie, tokoh tahun 70 - an pun memiliki hubungan dengan gunung Semeru. Di tempat inilah, Gie harus menghembuskan nafas yang terakhirnya.

Untuk naik ke gunung ini, salah satu jalur yang banyak ditempuh adalah melalui kota Malang. Dari kota Apel ini, pendakian ke Gunung Mahameru berawal dari sebuah daerah bernama Ranu Pani. Di Ranu Pani ini, banyak pendaki mulai menentukan waktu untuk mengawali pendakian.

Dari Ranu Pani, perjalanan setengah hari menuju daerah bernama Ranu Kumbolo. Di lokasi ini, terdapat danau sehingga di tempat ini para pendaki sering menghabiskan malam untuk beristrirahat dan menikmati keindahan danau di atas ketinggian.

Misteri Arcopodo
Perjalanan dari Ranu Kumbolo, para pendaki akan dipertemukan dengan daerah yang ditumbuhi hutan lebat. Dari sinilah, banyak kisah yang bernuansa mistik terjadi. Konon banyak yang menyebut kawasan hutan tersebut adalah hutan yang mistis. Sebab, tak jarang pendaki tersesat di hutan tersebut meski sudah berulang kali mendaki Gunung Mahameru.

www.belantaraindonesia.org

Orang Jawa mengatakan, “oyot kesimpar”. Artinya, seseorang akan dibuat linglung dan hanya berputar - putar di jalan yang itu - itu saja selama waktu yang panjang. Di kawasan ini, para pendaki harus memperbanyak do’a kepada Sang Pencipta dan mengurangi sikap sombong dan bercanda yang kurang perlu.

Selepas hutan, akan bertemu sebuah dataran lapang yang menyimpan banyak misteri. Inilah yang dinamakan Arcopodo. Artinya adalah arca kembar. Dalam legenda Mahameru, diceritakan bahwa di tempat tersebut terdapat dua buah arca yang berdiri kembar. Pendirinya adalah prajurit dari jaman kerajaan Majapahit.

Hanya, keberadaan arca tersebut tidak bisa dilihat oleh sembarang orang. Hanya orang yang memiliki “kelebihan” saja yang bisa mengetahui keberadaan arca kembar tersebut. Dan yang melihatnya pun, masing - masing memiliki beragam versi terkait wujud arca kembar tersebut.

Ada yang berkata bahwa arca tersebut sebesar anak kecil. Namun ada juga yang mengatakan bahwa arca tersebut sangat besar sehingga bisa terlihat dari jauh, seperti dari Ranu Kumbolo. Selain itu, bagi orang biasa yang “terpilih” pun, pada akhirnya bisa menyaksikan keberadaan arca tersebut. Dan Arcopodo adalah akhir pos pendakian sebelum seseorang mencapai puncak Semeru. Puncak Mahameru, tempat tertinggi di tanah Jawa.  src
 

Mystery At Mount Semeru

Sharing Yaa
Mystery At Mount Semeru . Mountain which has always been the desire of the instigators of the wild mountain climbing. For mountaineers, Semeru has become one dream. Mountaineers certainly want to reach out in one of the highest peak in Indonesia, and one of them is the peak of Mount Semeru Pilar .

www.belantaraindonesia.org

But, among the admirers Semeru and pendakinya, whether this is because the mystery contained therein or just simply enjoy the natural beauty is unbelievable. Mystery Mount Semeru is like also like mysterious mountains - the other in Java. As the mystery of Mount Merapi in Central Java, mysterious mountain cradle , the mystery of Mount Bromo , the mystery of Mount Slamet . And almost all of Mount thinking about her own mystery - its own. The mystery of this legendary story of the people and be told for generations. Mount Semeru which has 3,676 meters high above sea level is the highest volcano in Java. Semeru presenting the beauty of nature and store a variety of supernatural mystery . Although the end - the end  of Mount Semeru often produce cold lava, ash and molten lava down from the lip of the crater named Crater Studio , but it does not make people afraid. Because they believe, if the volcano erupted, ' ruler 'in The mountain will be presenting signs - signs that can not afford reasonable by the common man. And who could catch the - sign is only one person, namely Mbah Dipo trusted as a ' gatekeeper 'Pilar , peak Semeru name. Mbah Dipo similar evacuate.He , 'gatekeeper' of Mount Merapi. Dipo grandmother lived in the hamlet Room A, an area that is prone when Semeru true - true erupted emitting hot lava across the River Rainfall finger bowl and Rivers Stadium . But unfortunately they are now no longer has a caretaker as Mbah Dipo . Dipo grandmother had died several years ago. " A few years ago before Mbah Dipo died, I had met him. He said it will never happen what - what are my semasih, but unfortunately now Mbah Dipo already died , "said Kelvin (55), Hamlet rainfall finger bowl, Costumes.











www.belantaraindonesia.org

Semeru if true - true erupted only one message Mbah Dipo remembered Kelvin until now. " Never run towards the village of Mount Dispersion but fled towards sungai.Tapi all of us as human beings we return again to the Above , "said Suwardi. Said Pilar peak is believed to be a sacred place, precisely palace of the gods. Residents living on the slopes of Sumeru mupun mountaineers believe that spirits of the gods still loyal to keep Pilar . Pretty Ghost  Also of interest is the recognition of the mountaineers who saw something strange in the evening. They say they saw an orange light in the middle of the lake Ranu Kumbolo which transformed into the figure of a beautiful female ghost . Additionally in the lake is also there are many goldfish unknown origin, arrived - arrived there. Believed to fish - is the embodiment of beautiful female ghost and her ladies - ladies. forbidden for people around  Pilar and the climbers for carp fishing there. Believe it or not, obviously mythical story is still alive today in the midst of beauty Semeru . Semeru is the highest mountain in Java. It is located in the province of East Java. Coupled with Bromo and Arjuno , although not as close a relationship Sindoro - Cleft or Merapi - Merbabu in Central Java. Pilar is a reference to Puncak Semeru . Mountain altitude 3676 meters above sea level has many stories that could attract the attention of the climbers. Figure Soe Hok Gie , a figure of 70 - already had an affair with Mount Semeru. In this place, Gie had breathed his last. To rise to this mountain, one of the many paths that are taken through the city of Malang. Apples of this city, climb to Mount Meru originated from an area called Ranu Pani . Ranu Pani, many climbers began to determine the time to start climbing. From Ranu Pani, a half-day trip to the area called Ranu Kumbolo . At this location, there is a lake up in this place where climbers often spend the night for resting and enjoying the beauty of the lake on the altitude. Mystery Arcopodo trip from Ranu Kumbolo, the climbers will be met with a heavily vegetated area. From here, a lot of nuanced story of mystical happening. It is said that many who call the forest area is a mystical forest. Because, often climbers lost in the forest despite repeatedly climbing Mount Meru .





















www.belantaraindonesia.org

The West says, " Dagan grassroots ". That is, a person will be confused and just rotate - rotate in a way that was - that was it for a long time. In this area, the climbers must multiply prayers to the Creator and reduce hubris and joking less necessary. After the forest, plains will see a field that holds many mysteries . This is called Arcopodo . It means twin statues . Pilar legend, recounted that at that point there are two statues that stand twins. Its founder was a soldier of the kingdom of Majapahit era. Only, where the sculpture could not be seen by any person. Only people who have the "advantage" that could determine the existence of the twin sculptures. And who see it already, - each has a variety of related versions exist twin sculpture is. Some say that the sculpture was a small child. But there are also those who say that the sculpture is so big that it can be seen from a distance, such as from Ranu Kumbolo . In addition, for ordinary people " elected "was, in the end could see where the sculpture. And  Arcopodo is the final climb before reaching a peak Semeru. Meru Peak , the highest point on the island of Java.  src

Jadwal OpenTrip XploreAdventure BB 7A722B86 Call. / SMS / WA / Line / WeChat 085643455685: http://www.xplorewisata.com/2014/12/misteri-di-gunung-semeru.html#ixzz3MZwgtNOw
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook
 

1 Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin