Sejarah Singkat Solo Kota, Guide Porter Gunung Lawu


Sejarah Singkat #kotasolo #277solo, Guide Porter Gunung Lawu


Sejarah kota ini berawal saat Keraton Kartosuro mengalami kerusakan akibat perang antara Sunan Pakubuwono/PB II dengan Sunan Kuning/Geger Pecinan (1742). Dengan dibantu VOC dan Pangeran Cakraningrat IV (Madura), PB II dapat merebut kembali Keraton Kartasura. Tentu saja bantuan tersebut tidak gratis akan tetapi dengan mengorbankan beberapa wilayah warisan Mataram untuk diberikan pada VOC.

Selain itu pemberontakan juga telah menghancurkan bangunan keraton. Kehancuran ini dinilai telah menghilangkan kewibawaan dan pamor kerajaan, oleh karena itu sudah tidak tepat kalau terus mempertahankan keraton Kartasuro sebagai pusat pemerintahan.

Maka PB II menunjuk beberapa orang diantaranya: Tumenggung Honggowongso, Adipati Pringgoloyo, Adipati Sindurejo, Tumenggung Mangkuyudo, Tumenggung Pusponegoro, Ngabei Yosodipuro, Mayoor Hoogendorp, yang kemudian ditambah dengan Pangeran Wijil, Tumenggung Tirtiwigunio, Kyai Kalifah Buyut dan Penggulu Fekih Ibrahim, untuk mencari tempat yang akan dijadikan sebagai pusat pemeritahan kerajaan.

Setelah melakukan pengembaraan dan perundingan, akhirnya dipilihlah Desa Sala untuk diajukan kepada Sunan PB II sebagai pusat keraton Mataram yang baru.

Desa Sala letaknya kurang lebih 10 Km sebelah timur kota Kartasuro. Baginda menyetujui usulan tersebut, yang kemudian oleh PB II diberi nama Surakarta Hadiningrat.

Pada hari Rabu, 15 Sura 1670 atau 17 Februari 1745, pindahlah PB II dari Kartasuro ke Surakarta Hadiningrat, perpindahan ini dilaksanakan dengan kirab secara besar-besaran.

Maka sejak saat itu Ibu kota Kerajaan Mataram pindah dari Kartasuro ke Surakarta Hadiningrat.

Peristiwa inilah yang kemudian dijadikan sebagai dasar hari lahir Kota Solo. Dari Desa Sala tersebut pusat pemerintahan Kerajaan Mataram dijalankan dan dikendalikan.

foto : Alun-alun Utara Keraton Surakarta 1930 - #kitlv #solozamandulu

Sumber 

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin