I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bukit Bego, Dlingo Bantul, Porter Guide Gunung Jateng

 

Bukit Bego, Dlingo Bantul, Porter Guide Gunung Jateng

Bukit Bego terletak di tenggara Pajimatan Imogiri (makam raja2 Mataram), jika anda perhatikan dalam foto tampak makam Imogiri (warna putih) di kejauhan.

Sebenarnya ini dulu bukit sisa proyek penggalian tanah yang terletak di Dusun Kedung Buweng, Kelurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Bantul. Jadi patung Semarnya juga barusan saja ditambahkan agar jadi spot foto instagram.

.

Jalanan ini menghubungkan wilayah selatan Yogyakarta antara Imogiri ke timur hingga Dlingo dan lanjut ke Gunungkidul. Konturnya memang tajam naik turun (almaklum ini sebenarnya mendaki pegunungan kidul) dengan hutan2 rimbun dan jurang di kanan kiri. Soal kualitas jalan, insya Allah seluruh DIY aspal hot mix dg tanda jalan yang selalu baru. 

 

Sedikit sejarah Enclave Imogiri :
Perjanjian Klaten 27 September 1830 mengamandemen Perjanjian Giyanti 13 Februari 1755, menyatakan bahwa terdapat enclave Kasunanan Surakarta di wilayah Negeri Yogyakarta, dimana wilayah tersebut merupakan royal heritage Mataram Islam (dan dibagi 2 wilayahnya).
 

Adapun untuk Imogiri (pajimatan) wilayah Surakarta (Imogiri Sk) meliputi desa2 di Kawedanan Imogiri yaitu : Imogiri, Girirejo, Karangtengah, Karangtalun, Kebonagung dan seluruh Dlingo yang meliputi semua desa: Terong, Mangunan, Dlingo, Temuwuh, Muntuk dan Jatimulyo (saat itu Dlingo belum berdiri sendiri sebagai sebuah Kecamatan, tetapi masuk wilayah Imogiri yang menjadi enclave Kasunanan Surakarta/Imogiri Sk).
 

Barulah setelah 1950an berdasarkan Perda No.1 tahun 1958 semua enclave dimasukkan ke wilayah Propinsi DIY (termasuk Imogiri sk, Pleret Sk, Kotagede Sk dan Ngawen Mn).
.
Ngoten lur sejarahipun
Maturnuwun atas hasil drone dan foto2 sedulur berikut

 
 







 

Posting Komentar

0 Komentar


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

Pui Pui
Pui Pui