I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

Cara Agar Tetap Hangat Saat Bermalam di Gunung ( atau ) Kegiatan di Alam Terbuka - Cegah Hypotermia

Cara Agar Tetap Hangat Saat Bermalam di Gunung ( atau ) Kegiatan di Alam Terbuka - Cegah Hypotermia

TRIK SUPAYA TETAP HANGAT SAAT TIDUR DI GUNUNG

Tidur di alam terbuka memang satu pengalaman yang tak akan terlupakan. Terlelap sambil berteman dengan suara alam yang seakan melantunkan harmoni yang selarasmembuat istirahat kian nyenyak. Terlebih lagi kalau Anda berkemah di tempat yang sudah lama diidam idamkan ( diinginkan ).
 

Berada di suatu ketinggian, tentu udara pun terasa lebih dingin dibandingkan dengan di dataran atau perkotaan. Sudah mengenakan berbagai macam perlengkapan dan peralatan untuk mengurangi rasa dingin namun terkadang kurang optimal sehingga udara yang dingin itu pun masih mengganggu istirahatmu. Berikut beberapa trik dan tips agar kegiatan di alam terbuka jauh lebih berkesan dan rasa dingin tidak terlalu mengganggu keasyikan berkemahmu, trik trik berikut ini yang jangan sampai terlupakan.
 

Letakkan wadah berisi air hangat di perut kalau kamu membawa botol atau tempat minum, isi dengan air hangat dan letakkan di perut cara ini paling baik dilakukan saat kamu sedang merebahkan tubuh hangat air ini akan menyebar hingga ke seluruh tubuh dan membuatmu tak kedinginan.
 

Lompat lompat kecil sebelum masuk ke tenda untuk tidur pergerakan ini bisa menyebabkan panas tubuh meningkat seketika sehingga saat tidur, tubuhmu tak akan kedinginan mungkin akan sedikit terlihat konyol, namun trik ini berhasil untuk menepis dingin yang menyerang tubuh.
 

Tidur berhimpitan dengan teman mungkin kamu juga sudah tahu kalau tubuh manusia itu menghasilkan panas yang relatif konstan saat kedinginan, siasati dengan tidur saling berhimpitan dengan teman setendamu, sehingga panas tubuh kalian yang akan saling menjaga dari hawa dingin.
 

Mengenakan topi / penutup kepala tak ada cara yang lebih baik dari menjaga kepalamu tetap hangat kalau bagian atas tubuh sudah kedinginan, maka sisanya akan lebih mudah terserang mengenakan penutup kepala / buff / topi kupluk bisa jadi salah satu solusi untuk mencegah hal itu terjadi kalau bisa bawa dua topi untuk berjaga jaga.
 

Jangan konsumsi minuman yang mengandung alkohol mungkin untuk beberapa saat, alkohol akan membuatmu hangat, namun efeknya akan hilang dengan cepat kalau sudah begitu kamu malah terserang dehidrasi yang bisa membuatmu jadi merasa lebih dingin di setiap pergerakanmu.
 

Pilih peralatan yang tepat gunakan jaket, celana, sleeping bag dan berbagai macam peralatan lain yang tepat walau terkadang menghabiskan biaya yang sedikit lebih banyak, namun lebih baik hal itu dilakukan sebelum kamu kedinginan yang nantinya berpotensi mengakibatkan kematian.
 

Menikmati dingin yang sewajarnya sambil berteman suara alam yang begitu menghipnotis tentu membuatmu rindu akan alunan harmoni alam yang tak tergantikan.

Source :
Lindang Harun

 

Tambahan Admin 

  • Pilih Sleeping Bag yang nyaman untuk dipakai dan mampu mengisolasi suhu dalam dan luar tubuh.
  • Tambah dengan blanked emergency apabila cara diatas kurang mampu memberikan kehangatan.
  • Informasikan kepada rekan apabila masih belum mampu menghadapi serangan dingin di malam hari.

Posting Komentar

0 Komentar

Pui Pui
Pui Pui