Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Durasi Mendaki Gunung Sindoro Jalur Alang Alang Sewu


Durasi Mendaki Gunung Sindoro Jalur Alang Alang Sewu



dok. instagram/@nimas.wh

Mounture.com — Gunung Sindoro yang terletak di wilayah Temanggung, dan Wonosobo, Jawa Tengah merupakan salah satu gunung aktif yang menjadi salah satu lokasi favorit bagi pendaki. Gunung yang berdampingan dengan Gunung Sumbing ini memiliki beberapa jalur pendakian resmi, salah satunya adalah melalui Alang-alang Sewu.

Titik awal pendakian via Alang-alang Sewu terletak di Dusun Anggrunggondok Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Biasanya pendaki akan memulai pendakian dari basecamp yang dikelola oleh Pecinta Alam Jelajah Rimba Sindoro (Pajero Sindoro). Dari basecamp ini, kemudian pendaki akan melintasi hingga 4 Pos sebelum menuju ke Puncak.

Bagi kalian yang berminat untuk mendaki ke Gunung Sindoro via Alang-alang Sewu, berikut ini estimasi waktunya yang dikutip dari akun instagram @milan2707b.

– Basecamp – Pos 1 (Lembah Kesunyian)

Perjalanan dari basecamp menuju Pos satu melewati rumah penduduk dan ladang penduduk dengan medan jalan makadam. Estimasi waktunya sekira 1,5 – 2 jam dengan jalan kaki dan 15 menit menggunakan jasa ojek sampai gapura Alang-alang sewu. Setelah gapura, trek di dominasi tanah yang berundak sampai di Pos 1.

– Pos 1 – Pos 2

Dari Pos 1 ke Pos 2 kontur jalan masih berupa tanah berundak dan terdapat banyak bonus berupa jalanan landai. Sebelum menuju ke Pos 2 terdapat pertigaan (simpang Nggopitan) yang jika ke kanan maka akan menjumpai sumber air di bak dengan waktu tempuh 15 menit (pulang-pergi) dari pertigaan tersebut. Adapun waktu tempuh dari Pos 1 ke Pos 2 adalah 1,5 jam.

– Pos 2 – Pos 3

Menuju ke Pos 3 jalur mulai terjal, di sini kalian akan melewati tanjakan Pasidi yang cukup menguras tenaga dengan kondisi jalan tanah yang agak licin. Di sepanjang perjalanan banyak ditumbuhi ilalang. Adapun di Pos 3 ini sangat ideal untuk mendirikan tenda, di mana bisa memuat belasan tenda, namun kalian perlu berhati-hati, sebab di Pos 3 ini terdapat babi hutan. Untuk waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam.

– Pos 3 – Pos 4

Perjalanan dari Pos 3 ke Pos 4 cukup panjang dengan tanjakan yang terjal menguras tenaga, jalanan yang dipenuhi alang-alang serta pohon Lamtoro dan batu-batu besar yang memiliki bentuk yang unik. Menariknya, di sepanjang jalur ini banyak spot foto dengan background Gunung Sumbing. Waktu tempuh dari Pos 3 ke Pos 4 adalah 1,5 jam.

– Pos 4 – Puncak

Medan yang dilalui tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, masih melewati hutan mati atau kayu kering efek belerang kawah (Kazu Wazang), namun beberapa tumbuhan edelweiss mulai nampak dan bau belerang mulai tercium. 30 menit mendekati puncak maka trek berupa tanah campur batuan lepas dan mulai terbuka dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

Adapun estimasi waktu ini hanyalah sebuah gambaran, di mana masing-masing individu memiliki fisik yang berbeda dan mungkin saja bisa lebih lama atau lebih cepat dari perkiraan waktu ini. (MC/PC)
 
Sumber :
  • mounture.com/catatan-perjalanan/estimasi-mendaki-gunung-sindoro-via-alang-alang-sewu/

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter