[Homestay] Geliat Homestay di Gubugklakah dan Ngadas, Gairahkan Wisata Bromo Rute Malang

[Homestay] Geliat Homestay di Gubugklakah dan Ngadas, Gairahkan Wisata Bromo Rute Malang

| editor : 
Padang savana Bromo, berada antara Desa Ngadas dan Lautan Pasir Bromo (djatmiko/Jawapos.com)
JawaPos.com – Seirama dengan makin gencarnya pembangunan homestay di kawasan Ngadisari, Kabupaten Probolinggo, sebagai kawasan wisata Bromo Tengger Semeru (BTS), maka pembangunan homestay wilayah BTS dari sisi Kabupaten Malang juga semakin menggeliat.

Homestay  di kawasan BTS dari sisi Kabupaten Malang biasanya dimanfaatkan para wisatawan yang selesai melakukan perjalanan wisata keliling Malang raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu). Mereka biasanya memilih rute  Gubugklakah, lalu Ngadas, kemudian langsung ke lautan pasir Bromo.  Rute  dari  Malang ini  lebih cepat, daripada memutar ke arah Probolinggo lebih dulu.

Sedangkan konsentrasi homestay menuju Bromo berada di Desa Gubugklakah dan Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Dua desa tersebut merupakan desa terakhir sebelum menuju ke Bromo. Kedua desa tersebut dikelilingi kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Memang dari dua desa tersebut yang paling  dekat menuju Bromo lautan pasir adalah Desa Ngadas. Karena desa ini merupakan pintu masuk ke Gunung Bromo dari Arah Malang. Untuk menuju lautan pasir Gunung Bromo, bisa ditempuh sekitar 20 menit dengan roda empat (jeep). Sedangkan untuk berjalan kaki bisa ditempuh 1 jam dengan jalan  yang terus menurun.

Bila wisatawan dari Malang kemalaman menuju Bromo, atau karena sudah terlalu sore, bisa menginap antara Desa Gubugklakah atau Desa Ngadas. ‘’Menginap di dua desa cukup layak bagi para wisatawan dari Malang yang menuju Bromo. Karena Pemkab Malang sudah menetapkan dua desa itu sebagai desa wisata. Jadi tinggal pilih,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Malang, Made Arya Made Arya Wedhantara, kepada JawaPos.com, Kamis (2/3/2017).

Menurut Made, untuk homestay di dua desa wisata itu sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai bagi wisatawan yang menginap.’’Bahkan Pemkab juga membantu setiap homestay dilengkapi dengan pemanas untuk mandi,’’ katanya.

Jumlah Homestay di Gubugklakah 70 rumah. Sedangkan untuk di Desa Ngadas sekitar 48 rumah. Homestay di Desa Gubugklakah harga per kamar cukup bervariasi. Yakni antara Rp 150 ribu – Rp 300 ribu. Sedangkan untuk di Desa Ngadas semuanya rata-rata Rp 200 ribu per kamar. ‘’Setiap kamar bisa diisi dua orang. Tergantung tamunya, mau sendirian atau berdua,’’ Kata Mujianto, Kades Ngadas, kepada JawaPos.com, Kamis (2/3/2017).

 Bagi para wisatawan yang ingin ke Bromo dengan menyewa jeep bisa start dari Ngadas atau dari Gubug Klakah. Tentu saja karena jarak keduanya berbeda, maka ada perbedaan ongkos sewa. Bagi para wisatawan yang berangkat dari Gubugklakah, ongkos sewa Rp 800 ribu. Sedangkan untuk yang start ke Bromo dari Desa Ngadas ongkos sewanya Rp 500 ribu.(mik/JPG).

Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin