Porter Slamet, Inilah 35 Tempat Wisata Di Tegal Terbaru, Terbagus Dan Paling Hits, Paket Wisata, Pemandu Wisata Tegal, Guide Tegal

Inilah 35 Tempat Wisata Di Tegal Terbaru, Terbagus Dan Paling Hits, Paket Wisata, Pemandu Wisata Tegal, Guide Tegal, Porter Slamet

Bagikanberita.com – Bicara soal Tegal, Pastinya yang terbesit difikiran anda adalah  warteg “Warung Tegal” dan salah satu suku kata “Ngapak” yang unik. Tetapi, Apabila Anda menelusuri lebih jauh kota di pantura ini, Anda akan dibuat kagum dengan melihat keindahan objek wisatanya yang menarik dan eksotis.
Tegal memang mempunyai banyak destinasi wisata yang kabarnya tak kalah keren jika dibandingkan tempat wisata di Semarang, Purwokerto, Pekalongan, Brebes, dan juga daerah lain yang ada di sekitarnya. Sebutlah Rita Park dan Guci yang bisa dibilang cukup populer di Jateng. Bicara soal harga tiket masuk, nggak usah khawatir, Anda tinggal pilih mau objek wisata dari yang gratis, murah, hingga yang mahal ada di Kota ini.
Akomodasi yang ditawarkan di Tegal juga relatif lengkap. Dari Aneka hotel / penginapan hingga pusat perbelanjaan pun tersedia. Akses jalan dan juga transportasinya pun cukup bagus. Bagi Anda yang mudik pada libur lebaran atau pun weekend (akhir pekan) atau juga yang kebetulan melewati Tegal, sempatkanlah untuk mampir di kota ini sejenak sekedar menikmati kuliner khas Tegal yang lezat dan lazis.
Dari segi administratif, Tegal terbagi menjadi 2 wilayah yaitu Kodya/Kota Tegal berada di sebelah utara (dekat pantai) serta Kabupaten Tegal yang berada sebelah selatannya. Nah, pada kesempatan yang baik, kali ini bagikanberita.com akan memberikan referensi dan juga panduan lengkap tempat wisata yang berada di kedua wilayah tersebut. Langsung saja inilah daftar listnya.

Inilah Daftar Tempat Wisata Baru Di Tegal Yang Bagus, Paling Hits, Dan juga Terkenal

1. Bukit Batu Agung atau Bukit Goa Lawa
Tempat wisata baru di tegal
Foto Tempat wisata baru di Tegal Bukit Batu Agung atau Bukit Goa Lawa Balapulang (Photo : IG @fatihzafran)
Ini adalah tempat wisata baru di Tegal yang sedang ngehits/trend banget dikalangan anak-anak muda, namanya adalah Bukit Goa Lawa atau lebih dikenal dengan nama Bukit Batu Agung. Objek wisata tersebut terletak di Tiga desa yaitu Desa Bukateja, Desa Batu Agung, dan Desa Harjawinangun di Kecamatan Balapulang yang ada di Kabupaten Tegal.
Dari kisa warga sekitar, disebut Bukit Goa Lawa dikarenakan banyak terdapat kelelawar ( lawa dalam bahasa jawa ) yang menempati goa yang berada di sekitar bukit ini. Apa saja keunikan bukit yang cukup terkenal di instagram tersebut?
Di bukit Bukit Goa Lawa terdapat beberapa tumpukan batu besar yang menjulang tinggi. Pada puncak batu tersebut adalah lokasi favorit para anak muda yang kekinian untuk selfie dan narsis. Dari atas puncak bebatuan tersebut, Anda bisa melihat pemandangan keindahan alam yang eksotis nan indah sejauh mata anda memandang.
Batu Agung Balapulang
Foto Batu Agung Balapulang (photo : IG @anjarar)
Kalau nggak salah ingat destinasi ini mirip Tebing Keraton yang juga sedang ngehits dan trend di kalangan pariwisata Bandung. Keduanya sama-sama memiliki pemandangan yang hijau jika dilihat dari atas ketinggian. Bak negeri di atas awan gitu deh.
Tetapi, yang perlu Anda ingat adalah medan yang harus Anda tempuh menuju ke tumpukan batu tersebut sangatlah sulit dan bisa dibilang tergolong ekstrim. Jadi, Admin sarankan Anda mengajak guide yang sudah berpengalaman. Perlu diingat jangan mengunjungi bukit ini pada saat musim hujan dikarenakan jalannya licin.
Bukit Goa Lawa tersebut kini lebih dikenal sebagai Batu Agung, hal tersebut mungkin dikarenakan adanya tumpukan batu besar yang menjulang tinggi cukup instagramable dan berada di desa Batu Agung. Untuk memasuki destinasi ini, Anda akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp.5.000/orang.
2. Danau Beko Margasari
Danau Beko Margasari
Pemandangan Danau Beko Margasari (Photo : IG @sasmythapict)
Selain tempat wisata Bukit Batu Agung, ada lagi sebuah tempat wisata alam di Tegal terbaru yang juga sedang naik daun belakangan ini, Sebut saja Danau Beko yang letaknya di Dusun Karangdawa Desa Karangasem yang ada di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.
Danau tersebut sebenarnya bukanlah tempat yang sengaja dikelola untuk objek wisata, Akan tetapi karena keindahan tempat tersebut maka tak sedikit dari warga, terutama kalangan anak muda yang sering mengunjunginya. Danau Beko adalah sebuah cekungan bekas penambangan batu kapur di kawasan tersebut.
Pada cekungan tersebut lalu terisi oleh air hujan, yang lama-kelamaan penuh, dan akhirnya terbentuklah sebuah danau yang indah. Tak hanya satu, bahkan ditempat tersebut terdapat sekitar 5 cekungan. Kalau tidak salah, terbentuknya danau tersebut mirip dengan salah satu tempat wisata baru di Gunung Kidul Jogja yang terkenal dengan sebutan Telaga Biru Semin.
Untuk Anda yang tertarik ingin mengunjunginya, sebaiknya Anda datang saat saat pagi atau disore hari ketika cuaca tidak begitu panas. Hal ini dikarenakan disini belum tersedia tempat berteduh. Untuk harga tiket masuk destinasi tersebut sepertinya masih gratis.
3. Jembatan Gantung Danawarih
Tempat wisata ditegal terbaru dan hits
Foto Tempat wisata di Tegal terbaru (Jembatan Gantung Danawarih) (Photo : IG @silmi_kafi)
Jembatan Gantung yang ini sedang trend dikalangan anak-anak muda dan juga para traveler muda, terutama anak-anak eksis di media sosial IG. Banyak sekali yang memposting di sosmed dengan latar jembatan Gantung, layaknya Jembatan Gantung Siluk dan Selopamioro yang telah menjadi salah satu ikon tempat wisata baru di Bantul Yogyakarta.
Dan ternyata di daerah Kabupaten Tegal juga ada sebuah jembatan gantung yang sangat keren, tak kalah jika dibandingkan dengan Dua jembatan gantung yang telah disebutkan diatas, Namanya adalah Jembatan Gantung Danawarih yang letaknya di Desa Danawarih, yang ada di Kecamatan Balapulang, daerah Kabupaten Tegal.
Jembatan Gantung Danawarih berada di atas bendungan sungai Gung yang fungsinya sebagai sarana irigasi sawah warga sekitar. Jembatan ini sendiri juga berfungsi sebagai jalan penghubung antar 2 desa yaitu desa Danawarih dan desa Sangkanjaya yang berada di Kecamatan Balapulang.
Jembatan tersebut dibangun sekitar tahun 1992 ini mempunyai panjang kurang lebih 273 meter yang lebarnya 1 meter. Dari atas jembatan tersebut Anda bisa menikmati indahnya pemandangan di sekitar area bendungan dan tentu saja berselfie atau berfoto salah satu aktifitas wajib disini.
4. WKJ (Wisata Kesehatan Jamu) Kalibakung
WKJ (Wisata Kesehatan Jamu) Kalibakung
Tempat Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) di Kalibakung (Photo : infotegal.com)
Wisata Kesehatan Jamu di Kalibakung merupakan salah satu tempat wisata baru di Tegal yang bisa menambah pengetahuan anda mengenai jenis-jenis jamu, sekaligus anda disuguhi pemandangan yang cantik lengkap dengan sawah dan juga sungai kecil yang menenangkan dan menghilangkan penat anda setelah sekian lama bergelut dengan aktivitas sehari-hari.
Di sini, terdapat aneka tanaman yang bisa diolah untuk dijadikan jamu, terdapat juga etalase jenis-jenis jamu, klinik jamu, dan juga dokter serta apoteker khusus. Selain bisa menambah pengetahuan anda tentang jamu, Anda pun akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah. Aliran sungai yang berada di sisi bukit dan juga sawah akan melengkapi masa liburan pulang kampung anda kali ini.
5. Rita Mall & Rita Park
Rita Mall & Rita Park
Foto Tempat wisata Rita Park Tegal (Photo : IG @ritaparktegal)
Anda tak perlu ke jauh-jauh pergi ke Trans Studio Bandung untuk bisa menikmati aneka wahana permainan yang seru dan asyik. Kota Tegal juga mempunyai tempat wisata anak dan keluarga yang masih relatif baru dengan beraneka ragam atraksi permainan, sebut saja Rita Park.
Rita Park letaknya masih berada dalam satu area komplek Rita Mall di Tegal. Rita Park bukan hanya bisa dinikmati oleh anak-anak saja, akan tetapi orang dewasa pun bisa menikmatinya. Karena terdapat wahana adrenalin yang tentunya akan menantang nyali anda.
Rita Park didirikan tahun 2013, dan juga diklaim sebagai sebuah taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah. Anda pun bisa menikmati aneka wahana yang totalnya sekitar 21 jenis di taman bermain tersebut. Pasti Seru deh, cocok buat tempat menghabiskan waktu liburan di akhir pekan bersama anak dan keluarga anda.
Jika anda datang Dari terminal atau Stasiun Tegal, jaraknya hanya sekitar 5 dan 10 menit saja. Tempat rekreasi tersebut jaraknya lebih dekat ke Pantura. Sebab itu kalau Anda ingin mudik dan kebetulan lewat Tegal anda bisa sekalian berlibur ke Rita Park dulu. Rita Park yang mempunyai luasan sekitar 2,4 hektar dengan jumlah total 21 wahana permainan.
Berbagai macam wahana permainan di Rita Park seperti Mini Coaster, Kincir-kincir, Bom-bom Car, Sepeda Terbang, Rodeo, Bioskop 5 Dimensi, Rumah Hantu, dan masih banyak lagi. Yang cukup ekstreme, adalah Circle 360! 360 Circle itu berberntuk seperti lingkaran. Yang nantinya pengunjung yang mencoba, akan diputar 360 derajat.
Untuk hari Senin sampai dengan Kamis, biaya tiket untuk masuk terusan semua wahana adalah Rp 60 ribu. Kalau pada hari Jumat-Minggu, tiket masuknya menjadi sebesar Rp 75 ribu. Sedangkan harga tiket untuk masuk saja tanpa wahana dihargai sekitar Rp25 R=ribu. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.
Selain dari itu, sistem tiketnya pun sudah memakai model E-ticket. Harga untuk satu wahana berkisar Rp 10 sampai 15 ribu. E-ticket dikembalikan setelah para pengunjung akan pulang. Apabila masih ada sisa saldo, maka pengunjung akan berhak mendapatkan cash back Rp 10 ribu dan sisa saldonya.
Rita Park lebih tepatnya berada di Jl Kolonel Sugiono No 153. Fasilitas seperti mushala, toilet, dan food court pun ada di dalamnya. Saat liburan, biasanya Rita Park pasti kebanjiran pengunjung. Anda juga bisa sekalian berbelanja disini karena lokasinya masih satu kompleks dengan Rita Mall Tegal. Cocok buat anda yang mencari tempat liburan saat lebaran di Tegal.
6. Gerbang Mas Bahari Waterpark
Gerbang Mas Bahari Waterpark tegal
Gambar Ilustrasi untuk Gerbang Mas Bahari Waterpark (Photo : berita-sosmed .blogspot.com)
Tegal juga terkenal sebagai kota Bahari, tidak heran apabila ada banyak sekali tempat wisata air didaerah ini. Sebut saja Gerbang Mas Bahari Waterpark yang lokasinya berada di dekat Terminal di Kota Tegal. Waterboom atau Waterpark ini didirikan pada areal yang luasnya kurang lebih sekitar 5 hektar.
Bahari Water Park tersebut merupakan salah satu dari Empat water park di Indonesia yang memiliki Kolam Ombak yaitu Solo, Jakarta dan Surabaya. Dengan biaya masuk Rp. 15.000 (hari Senin – Jumat) dan Rp. 25.000 (untuk Sabtu – Minggu & hari libur) Anda pun bisa untuk mencoba beberapa wahana yang seru seperti Olimpic, Kiddy Pool, Kolam Arus, Racer Slide, Raft Slide, Lapangan Futsal, dan masih banyak yang lainya.
Untuk yang bernyali besar, bisa mencoba Kolam Arus. Ombak yang dihasilkan bisa mencapai tinggi sekitar 2 meter! Tiket masuk bukan termasuk tiket untuk sewa pelampung ya. Di tempat ini menyediakan pelampung yang cukup banyak untuk disewakan kepada para pengunjung. Harga sewanya pun cukup beragam, tergantung dari jenis pelampung yang akan kita sewa.
Lupa bawa bekal? Tak perlu khawatir kelaparan ya. Dikarenakan di areal Bahari Waterpark tersebut tersedia banyak sekali penjual makanan, dari makanan ringan sampai yang berat-berat. Di tempat parkir pun juga tersedia warung makanan, dengan berbagai menu tersedia yang bisa untuk mengganjal perut Anda yang lagi lapar.
Untuk menuju ke tempat wisata Bahari Water Park, apabila anda dari arah Brebes, Bahari Water Park tepatnya berada di kiri jalan Pantura sesudah Terminal Bis di Kota Tegal. Dan jika anda dari arah Pemalang, dari perempatan Maya, masih kurang ke barat, hingga melewati Pasific Mall, dan juga Hotel Baharai Inn, masih terus saja sampai kurang lebih sekitar 200 meteran.
Lokasinya berada di kanan jalan, tapi anda harus hati-hati pada saat berbelok, karena didaerah tersebut tidak ada lampu lalu lintasnya. Jika anda bingung, di tengah jalan pun juga tersedia papan penunjuk ke lokasi. Sebagai kenang-kenangan, Anda bisa berfoto bersama atau selfie di dekat bangunan kapal dan juga ikan paus.
7. Curug Pitu Margasari
Curug Pitu Margasari
Foto Curug Pitu Margasari (Photo : IG @bolang_bocah_ilang)
Bagi para traveler muda yang mungkin sedang ingin mencari tempat wisata curug di daerah Tegal, Anda bisa mencoba kunjungi Curug Pitu yang berlokasi di Margasari. Sebuah tempat wisata alam yang berada di daerah Tegal ini cocok buat para pecinta alam (penjelajah alam) karena medannya bisa dibilang sangat sulit dan membutuh sebuah perjuangan yang ekstra untuk sampai ketempat tersebut.
Curug Pitu mempunyai pemandangan yang indah dan suasananya pun masih alami. Curug ialah air terjun dan pitu ialah tujuh. Jadi Curug Pitu mempunyai artinya air terjun yang jumlahnya ada tujuh. Akan tetapi, dari cerita warga sekitar dulunya ada Sembilan curug, jadi jangan heran apabilan tempat itu juga mempunyai sebutan curug sanga.
Jarak antara Pasar Margasari dengan Wisata Curug Margasari berkisar 4,5 KM-an bila ditempuh dengan jalan kaki sekitar 2 jam perjalanan. Perjalanan dimulai dari Persimpangan Pasar Margasari. Untuk menujuke  pasar Margasari, Anda juga bisa menaiki kendaraan umum seperti bis AKDP Tegal – Purwokerto atau juga bis/elf Tegal – Bumiayu atau dengan tarif yang tidak terlalu mahal.
Apabila anda Turun di Persimpangan Pasar Margasari lalu berjalanlah ke selatan sampai ketemu dengan SMP 1 Margasari lalu ke timur sampai bertemu dengan Polsek Margasari. Jika anda mengendarai sepeda motor, sangat disarankan menitipkan sepeda motor anda ke Polsek tersebut, sekalian melaporkan berkenaan rencana anda ke Curug Pitu.
Mengingat perjalanan yang ditempuh  cukup jauh, sebaiknya anda persiapan bekal dan tentunya tenaga yang cukup. Dikarenakan tidak adanya kendaran umum yang menuju ke lokasi tersebut. Tetapi jika Anda beruntung, bisa menumpang pada mobil warga yang mungkin kebetulan melintas.
Tantangan yang pertama adalah anda harus melewati sungai yang jaraknya lumayan lebar. Dikarenakan belum tersedianya jembatan untuk penyeberangan, perlu diingat jangan memaksakan untuk menyeberangi sungai saat arus sedang deras. Setelah anda melewati sungai yang pertama, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang tak kalah indah, yaitu sederet hutan jati yang berada disekeliling jalan.
Sesudah hutan jati, Anda harus meyeberangi dan juga menyusuri sungai lagi dan akan bertemu dengan hutan jati lagi. Teruslah berjalan sampai bertemu dengan sebuah tempat untuk istirahat yang berupa bendungan atau dam. Dari sinilah perjalanan anda akan mulai menanjak akan tetapi tidak terlalu curam. Tapi yang perlu anda perhatikan ialah daerah tersebut cukup rawan longsor, jadi anda musti tetap waspada ya sobat traveler!
Jarak antara air terjun yang satu dengan terjun yang lainnya agak lumayan jauh. Jadi mesti tetap sabar dan juga hati-hati ya. Jika sobat traveler ingin menuju ke Curug atau ke air Terjun ini, pastikan anda mengajak serta seorang pemandu atau juga seorang teman yang sudah pernah datang ke Curug Pitu ini.
O iya, jangan sampai lupa bawa kamera ya, karena disini banyak spot yang sangat instagramable apabila diabadikan melalui lensa. Pantaslah jika Curug Pitu ini termasuk ke dalam salah satu daftar tempat wisata di Tegal yang bagus untuk berfoto atau berselfie. Dan Satu lagi pesan admin kepada sobat travelers yang bijak, tetaplah menjaga kebersihan dan keasliannya dengan tidak corat mencoret sembarangan.
8. Pemandian Air Panas Guci
Pemandian Air Panas Guci
Tempat Pemandian Air Panas Guci (Photo : adventureriderscommunity dot wordpress dot com)
Nah, kalau tempat wisata yang satu ini tentu mungkin Anda sudah mengenal atau mendengarnya. Siapa seh yang tidak kenal dengan destinasi Pemandian Air Panas Guci? Hampir sebagian besar warga Tegal pernah berlibur ke sini. Tempat wisata di Tegal yang satu ini terkenal dan juga termasuk salah satu pemandian air panas di Indonesia yang jadi favorit wisatawan.
Rasanya belum afdol jika anda belum menapakkan kaki ke Pemandian Air Panas Guci ini. Lokasinya yang ada di dataran tinggi membuat destinasi ini mempunyai udara yang sangat sejuk, bahkan bisa dikatakan cenderung dingin. Tetapi, ada sebuah tempat pemandian air panas Guci yang selalu siap untuk bisa menghangatkan tubuh Anda.
Ada bermacam-macam fasilitas penginapan dan juga kolam air hangat yang bisa anda pilih dengan tingkatan harga yang bervariasi, bisa disesuai dengan selera Anda. Para wisatawan yang badannya pegal-pegal akan bisa langsung merasa rileks dan juga hilang capeknya ketika berendam di kolam berair hangat tersebut.
Pemandian Air Panas Guci atau biasa disebut Guci Indah ini merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Desa Guci diKecamatan Bumijawa daerah Kabupaten Tegal. Letaknya di kaki Gunung Slamet, dan tentu saja udara di Guci begitu segar dan juga sejuk.
Jika Anda ingin berendam air hangat ke tempat ini, Anda tinggal menempuh jarak sekitar 40 km ke arah selatan kota Tegal. Kawassan ini tak pernah sepi dari para wisatawan karena air panas yang mengalir dipercaya bisa memyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal, koreng, rematik, dan penyakit kulit lainnya.
Pemandian Air Panas Guci
Ilustrasi di salah satu kolam yang terdapat di Pemandian Air Panas Guci (Photo : IG @panjianggoro)
Disamping terdapat pancuran air hangat, ada juga air terjunnya loh. Salah satu yang cukup dikenal ialah Air Terjun Jedor. Bila Anda tidak ingin berbasah-basahan, ada juga jasa sewa kuda yang tarifnya relatif murah yang akan siap mengajak anda berkeliling. Guci juga merupakan tempat wisata di Tegal yang terkenal dengan pesona keindahannya karena mempunyai spot hunting foto yang keren dan bagus.
Kolam renang air panas, Wana wisata, lapangan tenis, penginapan kelas melati sampai berbintang, bumi perkemahan, dan lapangan sepak bola akan semakin melengkapi kenyamanan anda di Guci. Tidak heran kalau Guci menjadi salah satu tempat wisata di Tegal yang wajib anda kunjungi ketika mudik atau pun saat liburan di kota ini.
Disamping menyuguhkan sebuah destinasi pemandian air panas, objek wisata Guci juga menuguhkan pesona panorama yang indah dan mendamaikan. Hamparan Hijaunya hutan sejauh mata anda memandang dan juga sejuknya udara disini tampaknya membuat Guci menjadi salah satu tempat wisata yang romantis di kota Tegal.
O iya, selain Guci, ada juga beberapa tempat wisata di Garut serta Puncak Bogor yang terkenal dengan pemandian air panasnya. Nah, untuk sobat traveler yang mungkin kebetulan lokasinya berada di daerah Jawa Barat anda bisa mencoba mengunjunginya karena jaraknya tidak jauh dari rumah Anda.
9. Pantai Pur-in (Purwohamba Indah)
Pantai Pur-in (Purwohamba Indah)
Pantai Purwahamba Indah (Foto : sheisegiyantina.wordpress.com)
Tempat wisata favorit di Tegal yang selanjutnya ialah pantai Purwahamba Indah atau lebih dikenal dengan sebutan pantai Pur’in. Pasir pantainya memanglah tak seputih seperti pantai di Bali, akan tapi pemandangan di pantai ini sangat indah. Terletak di Desa Purwahamba yang berada di Kecamatan Suradadi. Jika anda dari terminal bus Kota Tegal, Anda cukup menempuh jarak kurang lebih 14 KM agar bisa mencapai pantai ini.
Jika Anda datang ke Pur’in dengan membawa selembar tikar dan juga bekal rasanya akan sangat pas. Karena wilayah tamannya yang cukup luas dan juga banyak pohon rindang jadikan Pur’in menjadi salah satu tempat wisata anak dan keluarga di Tegal yang jadi favorit wisatawan.
Selain dari duduk dipinggir pantai sambil dengarkan riuhnya suara ombak dan merasakan angin yang sepoi-sepoi, Andapun  juga bisa kunjungi Taman Ria Sosro Permai. Sobat travelers akan disambut dengan sebuah patung T Rex yang berukuran besar yang akan jadi penanda saat ini Anda sudah sampai di taman yang juga memiliki kebun binatang mini di dalamnya.
wisata Taman Ria Sosro Permai
Kawasan wisata Taman Ria Sosro Permai (Photo : atmajatasya89 dot wordpress dot com)
Anda juga bisa menikmati cukup banyak fasilitas yang tersedia disini, seperti kereta mini, waterboom, kolam renang, kebun binatang mini, gazebo cafe, sepeda air, arena bermain anak serta masih banyak lagi yang lainnya. Dengan harga tiket masuk kolam renang sekitar Rp.12.500,- /orang Anda bisa berenang di beberapa kolam renang yang telah disediakan sesuai dengan kedalaman kolam yang anda inginkan.
Destinasi yang ini cukup luas, dengan beberapa fasilitas lain diantaranya kamar mandi, ruang ganti pakaian, tempat sewa pakaian renang, restoran, sampai dengan loker penitipan barang. Dikarena letak pantai Pur’in yang cukup strategis, biasanya pantai tersebut dijadikan tempat transit istirahat untuk para pemudik pada saat musim mudik dan liburan tiba.
10. PAI (Pantai Alam Indah Tegal)
PAI (Pantai Alam Indah Tegal)
Foto Pantai Alam Indah Tegal (Photo : IG @vinitsurayya)
Tegal yang letaknya di jalur Pantai Utara (pantura) Pulau Jawa, tidak herankan jika Tegal memiliki beberapa wisata pantai yang menarik dikunjungi. Salah satunya Pantai Alam Indah. Pantai yang letaknya cukup dekat dengan kota Tegal ini, akan selalu siap menyapa Anda dengan hamparan pasirnya dan juga ombak yang cukup besar.
Walau begitu, para wisatawan juga bisa berenang dengan syarat mematuhi peraturan yang ada. Ingin nikmati pemandangan pantai yang lebih seru? Anda bisa sewa perahu beramai-ramai bersama dengan pengunjung lainnya. Pantai Alam Indah juga merupakan salah satu tempat wisata di Tegal yang cukup bagus dan juga murah. Harga tiket masuk ke PAI sekitar Rp.1000,- dan untuk hari libur Rp.1.500,-. Murmer banget kan?
Pemerintah pun juga sudah cukup peka dengan minat para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Alam Indah. Beberapa fasilitas pendukung pun seperti permainan anak, sepeda, kereta kuda, dan waterboom juga telah tersedia. Perut Anda Lapar? Banyak sekali warung makanan yang ada di Pantai Alam Indah yang akan menyediakan makanan khas Tegal.
Monumen atau Museum Bahari PAI Tegal
Foto Monumen (Museum Bahari PAI) (Photo : IG @gitadwiastuty)
Satu lagi yang tak boleh anda lupakan. Saat sunset (matahari tenggelam) di pantai ini cukup memukau, lho! Disamping itu, di kompleks pantai tersebut ada juga berdiri sebuah Monumen dan juga Museum Bahari. Bangunan fisik monumen ini mirip dengan kapal perang yang terdiri dari berbagai alat utama sistem persenjataan (ALUTSISTA) yang sudah tak terpakai.
Contohnya tank tempur PT 76, torpedo MK 44, pesawat udara Nomad N-22, meriam darat, ranjau tanduk, jangkar dan rantai, lampu navigasi, kendaraan tempur Pintam BRDM, serta bouyance Oleh karena itu, berfoto selfie pada monumen dan juga museum ini akan menjadikan liburan Anda semakin lengkap.
11. Curug Putri Tegal
Curug Putri Tegal
Foto Curug Putri Tegal (Photo : IG @iam_dickie47)
Curug Putri merupakan salah satu tempat wisata indah di Tegal yang tak pernah sepi dari wisatawan. Air terjun ini mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 25 meter.
Disamping air terjunnya yang indah dan bagus, pemandangan alam pada sekeliling lokasi air terjun itu juga sangat eksotis sehingga dijamin akan bisa memanjakan mata para wisatawan. Tidak kalah bagusnya dengan wisata air terjun yang ada di Malang Jawa Timur yang terkenal.
Agar bisa sampai di lokasi air terjun ini, Anda hanya cukup berjalan kaki melintasi beberapa jalan setapak yang sekelilingnya ditumbuhi oleh pepohonan yang hijau. Ada 2 rute untuk bisa mencapai lokasi ini, yaitu melewati Desa Benda (Sirampog, Brebes) atau juga melewati SPBU Sakalibel (Brebes).
Jika anda melewati jalur Desa Benda, anda bisa naik kendaraan dari persimpangan Kalisalak di Jl. Raya Tegal – Purwokerto (Desa Benda) sampai di Desa Mendala yang akan berlanjutkan hingga bertemu dengan Dukuh Padanama. Kendaraan tidak bisa melewati jalan ini, dikarenakan jalan yang masih belum teraspal. Kita juga bisa tracking melintasi pematang sawah dan juga jalan setapak kira-kira 500 meteran.
Wisatawan juga nantinya akan melalui tebing yang bisa dikatakan cukup terjal. Apabila melewati jalur kedu, dari arah Purwokerto – Tegal, turun di SPBU Sakalibel atau di Pertigaan Kaligadung. Sekitar Setengah jam perjalanan, sampailah anda di Perempatan Sirampog silahkan ambil jalan ke utara sampai anda bertemu dengan Dukuh Padanama.
12. Waduk Cacaban
Waduk Cacaban
Foto Waduk Cacaban (Photo : IG @rosie_arreusi)
Waduk Cacaban ini letaknya di Pangkah, kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, mempunyai bentang alam yang sangat indah dan juga menarik. Bukan hanya melihat waduk, namun Anda juga bisa sekaligus menyaksikan Gunung Semar, rumput hijau, langit biru, gembala kerbau, dan juga lalu lalang kehidupan warga lainnya yang akan bisa membuat hati tenteram dan memanjakan mata anda.
Deretan perahu bisa disewa beramai-ramai buat mengelilingi area waduk yang diciptakan oleh pemerintah kolonial Belanda ini. Karena bangunan ini sangat lama, fasilitas yang ada di sini pun bisa dibilang lengkap. Mulai musholla, warung apung, tempat parkir, toilet, hotel melati, panggung hiburan, Bukit Mbah Santi, bumi perkemahan, road race, rumah makan, dan tempat bermain anak.
Waduk Cacaban bisa anda tempuh melewati dua jalur. Jalur pertama, dari Kota Tegal dengan melewati jalur Kramat Pangkah Waduk Cacaban. Apabila anda menempuh ke waduk dari jalur ini, jarak yang mesti Anda lalui lebih kurang sekitar 20 km. Jalu kedua, dari kota Slawi. Anda cukup mengikuti jalur Slawi Pangkah Waduk Cacaban. Jarak yang anda tempuh akan jauh lebih singkat, kurang lebih sekitar 9 km saja.
13. Situs Manusia Purba Semedo
Situs Manusia Purba Semedo
Situs Manusia Purba Semedo (Foto : wisatategal.com)
Buat para sobat traveler yang suka dengan wisata sejarah anda wajib berkunjung ke destinasi yang satu ini. Situs Manusia Purba yang ada di Desa Semedo berada di Kecamatan Kedung Banteng di daerah Kabupaten Tegal. Di sini terdapat aneka fosil dan juga peninggalan dari manusia purba yang dulu pernah mendiami wilayah Tegal.
Anda pun bisa melihat banyak sekali artefak prasejarah yang cukup menarik untuk bisa dilihat dan juga dipelajari. Terdapat juga fosil Homo erectus, dan juga beberapa fosil lain yang juga sayang untuk dilewatkan. Kapan lagi anda bisa berwisata sambil belajar di kota Tegal.
Meskipun tempatnya yang masih sederhana dan juga belum semegah Sangiran, tak sepatutnya Anda memandangnya sebelah mata pada Situs yang ada di Semedo. Pasalnya, penemuan bermacam-macam fosil dan juga peninggalan pra sejarah di Semedo ini mulai terkuak pada sekitar tahun 2005.
Berawal dari Bapak Dakri, penduduk Semedo menemukan beberapa fosil yang tergeletak begitu saja di atas tanah. Ia pun kemudian mengumpulkan fosil-fosil itu di rumahnya, tak pelak rumahnya pu dijadikan museum sederhana. Fosil yang akan Anda lihat pun tak tanggung-tanggung.
Mulai gajah purba, babi, kuda nil, banteng, badak, sapi, kerbau, dan rusa yang pernah hidup kurang lebih sekitar satu jutaan tahun yang lalu. Tengkorak dari Homo Erectus dan juga peninggalannya, seperti serpih, kapak penetal, serut juga akan semakin melengkapi kekayaan yang ada di Situs Semedo yang ada di Desa Semedo, Kedung Banteng, Tegal atau sekitar 23,8 km dari pusat Kota Slawi daerah Kabupaten Tegal.
Disamping situs Semedo, ada juga makam Mbah Semedo di daerah ini. Makam Mbah Semedo merupakan tempat pemakaman umum penduduk Desa Semedo yang merupakan salah satu makam bersejarah yang ada di Kabupaten Tegal, dikarenakan di tempat tersebut bersemayam tokoh sesepuh yang sangat berjasa akan berdirinya Kabupaten Tegal, khususnya wilayah Desa Semedo.
14. Agro Wisata Loco Antik
Agro Wisata Loco Antik
Foto IG Agro Wisata Loco Antik (Photo : @tguuuh)

Apabila sobat traveler dan keluarga ingin rasakan sensasi berkeliling ke kebun tebu dengan lokomotif zaman dulu, maka anda wajib mengunjungi Agro Wisata Loko antik yang berada dalam kendali PG.Pangkah di wilayah Kabupaten Tegal. Disini Anda akan disuguhi pemandangan kebun tebu milik pemerintah kolonial Belanda yang saat secara otomatis telah menjadi milik perusahaan Indonesia.
15. Guciku Hot Waterboom
Guciku Hot Waterboom
Foto Guciku Hot Waterboom (Photo : infowisataguci dot blogspot dot co dot id)

Eits, ini bukanlah kolam Pemandian Air Panas Guci yang sangat terkenal itu loh ya! Guciku Hot Waterboom ini adalah objek wisata baru di Tegal yang letaknya dekat dengan loket tiket masuk ke Guci. Jadi tempatnya sebelum Pasar Guci. Tapi masih Sama-sama berada di Desa Guci, Bumijawa, Tegal.
Sesuai dengan sebutannya, tempat ini mempunyai waterboom atau wahana permainan air. Tempat ini dibagi menjadi empat wilayah, yaitu:
  • Kolam Opal , dipakai untuk tempat bermain anak-anak dengan kedalaman kolam 50 cm, yang lebar 12 m dan mempunyai panjang 25 m dan juga di lengkapi dengan sarana prosotan serta ember/guci tumpah.
  • Kolam Badan Guci, untuk para remaja dengan kedalaman sekitar 60 cm – 90 cm dengan lebar 15 m x 30 m juga dilengkapi dengan prosotan.
  • Kolam Rendam, di lengkapi dengan delapan pancuran air panas yang dipercaya baik untuk kesehatan dan juga menyembuhkan berbagai jenis penyakit.
  • Kolam Utama, yang memiliki lebar 30 m x 40 m yang dilengkapi dengan permainan spiral dan juga seluncuran.
Bukan hanya itu, terdapat juga arus jeram yang mempunyai panjang lebih dari 200 m dan lebarnya sekitar 3 meter, untuk kedalamannya berkisar 60 cm. Lebih asyik lagi menyusuri arus jeram tersebut manggunakan pelampung yang bisa disewa secara terpisah.
Bagi anda yang ingin beristirahat, ada juga beberapa saung yang bisa anda pakai untuk beristirahat. Serta terdapat pula restoran juga villa yang bisa anda dipesan apabila ingin tinggal agak lebih lama lagi di Guciku. Lokasi villanya pun juga menghadap ke kolam utama. Untuk fasilitasnya bisa dibilang lengkap.
Di sebelah Guciku tersebut ada aliran air sungai hangat yang nantinya akan mengalir ke Curug Kembar. Aliran sungai ini bisa Anda lihat langsung dari saung-saung yang terdapat dipinggir kolam. Tetapi tidak disarankan untuk turun ke bawah, mengingat medannya yang licin dan lumayan curam. O iya, apabila anda ingin berkunjung kesini ada baiknya datang lebih pagi, sebab bila hari libur, Guciku biasanya sangat ramai dikunjungi wisatawan.
16. Sulaku Bumi Jawa Park
Sulaku Bumi Jawa Park
Foto facebook Sulaku Bumi Jawa Park (Photo : fb.com/sulakubumijawapark)

Masih berada di sekitar objek wisata Guci, ada 1 lagi waterpark di kota Tegal yang wajib anda kunjungi yakni Sulaku Bumi Jawa Park. Disini Anda akan bisa merasakan dinginnya air dengan suhu sekitar 20 derajat C yang dibalut dengan permainan air dan juga panorama pegunungan yang eksotis.
Terletak di Jl. Raya Wredameta Bumijawa, Desa Bandarsari, Kecamatan Bumijawa, Kab. Tegal atau tepatnya lokasi tersebut tidak jauh dari kaki Gunung Slamet. Jadi tak usah ditanya lagi bagaimana sejuknya suasana di objek wisata yang satu ini. Mungkin jika cuman waterboom sudah biasa, akan tetapi di Sulaku ini ada banyak tempat yang wajib anda coba.
Sebut saja outbound, kedai jamu, pemancingan, penginapan, playground, agrowisata, waterboom, futsal center, bahkan anda bisa berkeliling kebun dengan menggunakan ATV lho. Seru bukan? Pas banget untuk Anda yang ingin melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari bersama anak dan juga keluarga anda.
Sulaku Bumi Jawa Park
Foto facebook wahana ATV di Sulaku Bumi Jawa Park (Photo : fb.com/sulakubumijawapark)

Buat anda yang hobi tantangan, jangan lupa untuk mencoba flying fox yang yang juga tersedia di sini. Ada bermaca-macam panjang lintasannya, ada yang panjang lintasannya 60 meter, ada yang panjang lintasannya 150 meter, bahkan ada yang panjang lintasannya 200 meter yang mempunyai kecepatan rata-rata sekitar 80 KM / jam melewati kebun yang ada di Sulaku. Bicara tentang keamanan, anda tidak usah kuatir karena wahana ini sudah menggunakan keamanan standard yang tentu instrukturnya sudah berpengalaman.
Outbound yang terdapat di Sulaku banyak yang jadi langganan para wisatawan. Paket outbound-nya pun dibagi menjadi paket yang sesuai dengan kebutuhan serta dengan harga yang relatif cukup murah. Tidak heran banyak sekolah atau pun instansi di sekitar daerah Tegal yang beroutbond ria di tempat ini.
Seusai mencoba semua yang ada di Sulaku, Anda juga bisa mencoba merasakan mandi uap dengan yang jamu rebus bisa membuat tubuh anda jadi lebih rileks dan juga menyehatkan. Lebih-lebih apabila dilakukan secara rutin. Setelah anda mandi uap, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Tegal yang ada disini.
17. Gunung Tanjung
Gunung Tanjung
Foto IG Bukit Sitanjung Lebaksiu Tegal atau Gunung Tanjung (Photo : @irwantawink)

Tempat wisata alam di Tegal ini akan sangat cocok bagi Anda yang suka berpetualang di alam bebas, khususnya hiking. Gunung Tanjung letaknya di Desa Lebaksiu wilayah Kabupaten Tegal yang ada di Jawa Tengah. Apabila dari arah Kota Slawi, maka anda akan menempuh jarak kurang lebih sekitar 7 kilometer untuk bisa menuju lokasi objek wisata tersebut.
Ada 2 faktor yang sebabkan objek wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu keindahan panorama alam dan juga penduduknya yang sangat terkenal akan keramahannya.
18. Taman Rakyat Slawi Ayu
Taman Rakyat Slawi Ayu
Foto Taman Rakyat Slawi Ayu Photo : IG @tirfon_julianto)
Bagi para sobat traveler yang mungkin sedang ada di daerah Kabupaten Tegal, sekali-kali cobalah nongkrong di TRASA atau Taman Rakyat Slawi Ayu. Taman ini letaknya di depan Terminal Bus Slawi. Letaknya sangat strategis dikarenakan tempat tersebut berada di depan jalan utama penghubung Tegal-Purwokerto ataupun sebaliknya.
Tujuan untuk mendirikan Taman Rakyat Slawi Ayu di RTH Slawi ialah untuk tempat masyarakat Kabupaten Tegal berinteraksi didalam berbagai macam aktivitas, contohnya aktivitas sosial, olah raga, pentas seni dan sebagainya. Taman ini terbagi jadi tiga bagian utama atau yang sering disebut sebagai shelter.
Pada bagian shelter sebelah utara digunakan untuk para penjual produk atau para penjual oleh-oleh khas kabupaten Tegal. Untuk shelter bagian tengah lebih diperuntukkan sebagai tempat kegiatan masyarakat. Shelter tersebut terdiri dari sebuah stage panggung yang berjenjang yang beralaskan lantai khusus yang cocok dipakai untuk tempat pertunjukan.
Sedangkan untuk shelter pada bagian selatan berisikan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menyediakan makanan siap saji. Jadi untuk anda yang ingin mencari pusat tempat penjual oleh-oleh ataupun kuliner khas Tegal, maka di sinilah tempatnya.
Trasa akan terlihat cukup ramai ketika menjelang sore hari sampai malam hari. Cukup banyak aktifitas yang dilakukan di tempat tersebut. Mulai dari kegiatan komunitas-komunitas tertentu, yang sekedar duduk-duduk, bermain sepeda, hingga bermain bola.
Lebih-lebih saat hari libur, bukan hanya komunitas tertentu saja yang akan berkumpul di sana, beberapa pengunjung lainnya pun mengajak anggota keluarga untuk sekedar menikmati fasilitas yang terdapat di Trasa.
Fasilitasnya pun bisa dibilang sudah lengkap. Mulai dari musholla, toilet umum, tempat parkir motor dan juga mobil yang cukup teduh. Parkirnya pun gratis. Akan tetapi anda harus tetap waspada menjaga dan juga mengawasi kendaraan masing-masing.
19. Agro Wisata Kebun Teh Tegal
Agro Wisata Kebun Teh Tegal
Foto IG Kebun Teh Bumijawa Tegal (Photo : @ajengbebo)
Tegal dikenal sebagai salah satu produsen teh paling besar di Indonesia. Ada cukup banyak produk teh yang berasal dari Tegal dan bisa kita jumpai pada toko-toko atau pun Pasar Swalayan.
Bukan hanya terkenal dengan produk tehnya, Tegal juga mempunyai kebun teh yang sangat bagus dan juga sejuk suasananya. Perbukitan yang dihiasi lebatnya daun-daun teh juga bisa Anda nikmati disini. Lokasinya memanglah tak banyak yang terekspos oleh media.
Letak kebun teh ini ada di Dukuh Aren, Desa Bumijawa, Bumijawa, diwilayah Kabupaten Tegal. Lebih tepatnya kurang lebih sekitar 1 km dari Bulakan yang masih terus naik. Anda bisa berjalan kaki atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi karena jalan di area ini sudah menggunakan aspal.
Jika anda sudah sampai di lokasi tersebut, selain disuguhi dengan hamparan kebun teh, di belakang kebun itu juga terlihat barisan bukit dan juga pegunungan yang berdiri gagah. Lebih-lebih jika suasana sedang cerah, bisa membuat Anda ketagihan untuk berselfie atau berfoto-foto ria.
Konon daun teh yang telah dihasilkan oleh tempat ini tidak untuk diproduksi dalam skala besar, namun hanya untuk dikonsumsi kalangan sendiri. Sehingga untuk proses pembuatan tehnya pun masih sangat tradisional sekali. Hanya dijemur, apabila daun teh tersebut sudah kering mereka bisa langsung menyeduhnya dengan air panas.
Teh tersebut tidak ditambahankan dengan bunga melatinya. Apabila Anda bertemu dengan salah satu petani teh didaerah tersebut, jangan lupakan untuk mencoba mencicipi tehnya. Cocok diminum di daerah yang hawanya sejuk. Selain ada di Dukuh Aren, masih banyak kebun teh yang lain dan tersebar di Bumijawa.
20. Pantai Muara Reja
Pantai Muara Reja
Foto Pantai Muara Reja (Photo : IG @ghaltani)
Inilah Satu lagi pantai indah di Tegal yang wajib untuk Anda kunjungi ialah Pantai Muarareja. Pantai ini menyuguhkan lebatnya pohon bakau yang tumbuh di sekitaran pinggiran pantai. Selain dikunjungi para wisatawan, banyak juga pemancing yang ikut habiskan waktunya di tempat ini.
Pohon-pohon cemara yang ada disekeliling pantai pun juga mampu membuat para pengunjung atau pemancing begitu betah berlama-lama disini. Debur ombak dan juga ramainya kicauan burung seakan-akan bisa melenyapkan setiap kepenatanmu saat anda berkunjung ke Pantai Muarareja.
Minuman kelapa muda serta ikan bakar bukanlah salah menu yang sulit dicari di area ini, karena banyak pedagang yang menyediakan menu tersebut diarea ini. Bukan hanya bermain pasir, berenang juga perlu untuk Anda coba di Pantai Muarareja ini.
21. Bukit Cepu Tegal
Bukit Cepu Tegal
Foto pinterest.com Bukit Cepu Tegal (Photo : infotegal dot com)
Bukit Cepu yang terletak di Dusun Krajan, Batumirah, Bumijawa, di wilayah Kabupaten Tegal, atau kurang lebih  sekitar 24 KM ke sebelah selatan dari pusat daerah Kabupaten Tegal. Untuk menuju ke tempat ini bukanlah hal yang cukup mudah dikarenakan hanya ada sebuah jalan setapak yang cukup menanjak.
Apabila Anda mengendarai kendaraan maka anda harus memarkirnya di bawah Bukit Cepu tersebut. Ada seperti anak tangga yang terbuat dari tanah yang berjumlah kurang lebih sekitar 950 buah. Jadi anda harus menyiapkan tenaga dan juga bekal ekstra ya.
Akses jalan yang relatif sulit itu akan terbayarkan apabila sudah sampai di atas Bukit Cepu tersebut, rasa lelah anda akan terobati dengan keindahan alam serta kesegaran udaranya. Di atas bukit Anda bisa melihat secara langsung Gunung Slamet yang berada di tenggara dari bukit ini.
Disamping itu , banyak sekali pohon-pohon pinus serta cemara yang bertumbuh kembang menjulang tinggi. Benih-benih pohon baru juga tampak tumbuh begitu subur dengan diberi pagar dari bambu agar tidak cepat rusak. Untuk Anda yang memerlukan suasana yang tenang, tempat yang cukup tersembunyi ini mungkin sangat cocok.
Lebih-lebih untuk anda yang hobi fotografi, sangat recommended bgt! Tak mengherankan apabila Bukit Cepu ini masuk kedalam daftar tempat wisata di Tegal yang terkenal dengan keindahannya serta panoramanya. Tetapi belum tersedia fasilitas publik layaknya kamar mandi.
Saat kendaraan anda diparkir di bawah bukit ini, ada seperti kotak sumbangan dari warga sekitar, bisa anda isi secara ikhlas. Hitung-hitung bisa untuk biaya parkir. Karena daerah ini masih belum begitu terjamah, dan ingat sebagai pengunjung yang bijak di sana anda harus menjaga kebersihan. Serta jangan membuang sampah sembarangan, lebih-lebih sampai merusak pepohonan yang ada di area tersebut.
22. Curug Cantel
Curug Cantel
Foto IG Curug Cantel (Photo : @rifqiahmad_qq)
Air terjun indah di Tegal ini letaknya di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Untuk menuju ke Curug Cantel membutuhkan tracking yang cukup panjang dengan melintasi sungai bebatuan yang bisa dibilang cukup besar. Anda diwajibkan tracking sejauh sekitar 400 meter dari jalan raya dengan cara  melawan arah arus sungai.
Medan tracking di area tersebut cukup unik, dikarenakan Anda berjalan di antara dua buah sisi bukit yang terpisahkan hanya oleh sebuah sungai kecil. Anda pun mesti mewaspadai kondisi dari beberapa batu yang licin.
Curug Cantel mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 60 meter. Jadi bisa anda bayangkan betapa tingginya air terjun tersebut. Percikan air terjun pun akan langsung serasa membasahi wajah begitu anda sampai di area ini. Sangat tidak disarankan untuk anda bila mandi di bawah air terjun dikarenakan air yang turun bisa dibilang cukup kuat dan deras.
Pada sisi bukit banyak ditumbuhi lumut serta tumbuhan merambat. Dibagian atas, ada pohon besar yang posisinya persis dipinggir tebing, unik. Di bagian depan air terjun, ada sebuah gundukan batu yang lumayan tinggi. Di sinilah lokasi yang cukup instagramable untuk berfoto ria atau berselfie.
Sebenarnya Curug Cantel bisa saja ditempuh melewati jalur Guci, Tetapi sayangnya kondisi jalan yang rusak dan juga terlalu jauh, oleh sebab itu lebih baik anda menggunakan jalur Bumijawa. Lurus sampai anda bertemu Pertigaan Talang ambil arah kiri (Pabrik Minuman Adi/arah Jln Wredameta).
Lurus saja sampai anda bertemu dengan pertigaan lagi ambil juga arah kiri (arah Batumirah). Anda akan bertemu Perempatan Mentik masih lurus sampai menuju Desa Kalipedes dan juga ketemu dengan jembatan Kalipedes. Dari sinilah, anda akan memulai perjalanan tracking.
23. Waterboom Yogya
Waterboom Yogya daerah tegal
Waterboom Yogya Tegal (Foto : wisatategal.com)
Terdapat satu lagi waterboom di Tegal yang cocok sebagai tempat liburan anak beserta keluarga ialah Waterboom Yogya. Sebuah wahana taman bermain air yang berlokasi di depan Terminal Slawi tersebut sebelumnya dikenal dengan nama Waterboom Dedy Jaya. Tetapi, dikarenakan adanya pergantian manajemen namanya juga ikut berubah.
Waterboom Yogya ini buka dari hari Senin sampai Jumat jam 09.00-17.30 WIB, dan pada hari sabtu dan minggu mulai buka jam 08.00 WIB. Harga tiket untuk biaya masuk sebesar Rp 12.500 di hari Senin-Jumat dan Rp 15.000 saat hari sabtu dan minggu. Bagaimana lumayan murah meriah bukan?
24. Taman Poci
Taman Poci daerah tegal
Foto IG Taman Poci Tegal (Photo : @oohnina96)
Taman Poci ini memang berukuran kecil, namun memiliki daya tarik tersendiri yang akan mampu menyedot ratusan pengunjung pada setiap minggunya. Keindahan dari taman ini seakan-akan menyihir para pengunjung agar betah berlama-lama berada di tempat ini.
Taman poci ini biasanya jadi tempat favorit untuk nongkrong bagi remaja atau anak muda Tegal. Taman Poci Lokasinya cukup dekat dengan Stasiun Kereta Api Tegal.
25. Konsorsium Rumah Wayang
Konsorsium Rumah Wayang
Foto flickr.com Konsorsium Rumah Wayang (Photo : wisatategal dot com)
Untuk anda sobat traveler yang suka dengan wisata budaya, maka Konsorsium Rumah Wayang bisa jadi salah satu  tujuan destinasi wisata Anda di Tegal. Tempat ini berada di Sanggar Satria Laras, Sanggar kepunyaan dalang Ki Enthus Susmono. Tak terlalu sulit untuk menemukannya, dikarenakan ada papan petunjuk di daerah jembatan Lemah Duwur, Talang, Kab. Tegal yang menuju ke Brug Abang.
Jika anda dari Jalan Raya Talang atau biasa dikenal dengan Jalan Satu, setelah anda bertemu Jembatan di Talang, ambil arah ke timur sampai bertemu sebuah jembatan panjang yang melintang diatas Sungai Gung, anda cukup ikuti jalan utama ini hingga anda sampai ke Desa Bengle, lokasinya tempat berada di kiri jalan.
Kelihatan dari depan Rumah Wayang yang lokasinya satu tempat dengan Sanggar Satria Laras ini layaknya pintu gerbang masuk ke dalam sebuah kerajaan dilengkapi dengan patung penjaga yang ada di depannya. Tetapi jangan khawatir, pintu gerbang ini selalu terbuka saat jam kerja dan para petugasnya adalah rekan Ki Enthus yang ramah siap siap menjadi tour guide kita untuk berkeliling melihat semua koleksinya.
Rumah Wayang yang mempunyai luas kurang lebih sekitar 4 x 4 meter ini bahkan menyimpan sampai ribuan wayang baik model tradisi sampai kontemporer, mulai wayang kulit, wayang kreasi, wayang santri, wayang golek, wayang bambu, terdapat juga aksesoris seperti jenis-jenis keris, gamelan, batik tegalan, topeng, foto-foto Ki Enthus, senjata-senjata khas dunia pewayangan, lukisan dunia pewayangan, dan masih banyak lagi koleksi lainnya yang cukup disayangkan bila dilewatkan.
Apabila anda ingin mengetahui cara pembuatan wayang atau juga wayang kulit serta wayang golek, disini juga terdapat informasi yang lengkap. Terdapat juga tahapan demi tahapan untuk proses pembuatannya mulai dari bahan baku sampai menjadi wayang yang siap untuk dimainkan. Di tempat ini anda juga bisa praktek langsung proses untuk membuat wayang juga.
Bagi yang mempunyai anggapan bahwa wayang itu kuno, apabila berkunjung ke tempat ini anda pasti akan dibuat terpesona dengan banyaknya macam-macam wayang yang selalu uptodate mengikuti perkembangan jaman, contohnya seperti Upin dan Ipin, Tom and Jerry, dan juga tokoh-tokoh dunia lainnya.
Lebih-lebih dengan suasana yang cukup jauh dari keramaian bisa membuat kita hikmat untuk melihat-lihat koleksinya satu persatu. Disetiap koleksi juga telah diberi nama serta penjelasan singkat supaya lebih mudah untuk mempelajarinya.
Untuk berkunjung ke tempat tersebut silahkan datang dari jam 08:00 hingga 10:00 serta jam 15:00-17:00. Jika Anda datang pada weekend, biasanya beberapa dari koleksi wayang sudah di-packing buat ditampilkan sesuai dengan undangan pagelaran wayang kulit.
26. Curug Jejeg
Curug Jejeg
Foto IG Curug Jejeg (photo : @airrbebing)
Lokasi wisata Kabupaten Tegal memanglah terdapat banyak air terjun (curug) yang indah serta cantik. Ini juga merupakan salah satu air terjun terindah di Tegal sebut saja Curug Jejeg yang letaknya di Desa Jejeg, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal. Untuk berkunjung ke curug ini, ada 2 rute yang bisa Anda lewati ialah rute Batuagung (lewat Banjaranyar) dan juga rute Bumijawa (lewat Yomani – Kalibakung).
Rute lewat Batuagung memanglah tak terlalu sulit arahnya, tetapi jalan yang dilalui relatif rusak. Oleh sebab itu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke curug ini. Sedangkan lewat rute Bumijawa, dari Pertigaan Tuwel silahkan ambil arah kanan menuju ke Bumijawa (apabila ke kiri ke arah Guci) ke arah menuju Desa Muncanglarang – Desa Jejeg.
Yang nantinya akan melalui Sulaku Bumijawa Park, ke arah barat hingga bertemu SMP N 1 Bumijawa sampai Desa Muncanglarang. Sebelum memasuki gerbang Desa Jejeg, terdapat sebuah jembatan, nah, disinilah biasanya kendaraan kecil layaknya sepeda motor diparkir didaerah dekat sini.

Setelah itu berjalan ke selatan melawan arus sungai Sier, kurang lebih  10 menit anda sudah sampai ke Curug Jejeg. Sebab itu bisa diambil kesimpulan, apabila dari Sulaku, jaraknya kurang lebih sekitar 5 KM. Bisa dibilang cukup dekat.
Curug Jejeg mempunyai daya tariknya tersendiri, disamping tempatnya yang masih asri, curug tersebut mempunyai bebatuan yang bisa diduduki sambil menikmati gemericik air yang turun dari arah atas bukit. Tinggi curug tersebut kurang lebih sekitar 22 meter. Alirannya apabila pada musim kemarau tak terlalu deras, sehingga Anda dapat menikmati kesegaran dari air curug ini dengan aman dan juga nyaman.
Belum tersedia fasilitas umum di sekitar kawasan curug ini, yang ada cuma beberapa rumah penduduk serta aktivitas penduduk disekitar aliran sungai curug ini. Apabila dilihat langsung, curug ini mempunyai Tiga tingkatan dan juga kolam air yang tak terlalu dalam. Sehingga bisa buat sekedar bermain air atau pun berfoto-foto. Kondisi airnya tak terlalu jernih, tapi suhu airnya bisa dibilang cukup dingin, ciri khas air dari pegunungan.
Apabila ingin berkunjung ke lokasi ini, pakailah kendaraan seperti sepeda motor dikarenakan cukup sulit untuk mencari lokasi buat parkir karena jalan utama di Desa Jejeg tersebut tak terlalu lebar, oleh sebab itu dikhawatirkan bisa menganggu aktivitas penduduk sekitar.
Dan satu lagi, janganlah buang sampah sembarangan atau pun merusak lingkungan disekitar area ini. Supaya curug seperti ini bisa juga dinikmati oleh anak cucu kita nanti. Salam Lestari buat sobat traveler sekalian!
27. Curug Luhur
Curug Luhur
Foto IG Curug Luhur (Photo : @imuss_95)
Yang satu ini juga air terjun indah di Bumi Jawa di kawasan Kabupaten Tegal yang juga tidak boleh untuk Anda lewatkan begitu saja, ialah Curug Luhur. Curug yang lokasinya di antara wilayah Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa dan juga Desa Tuwel, Kec. Bojong (Dukuh Kopigandu) ini mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 25 meter.
Begitu Anda berada di lokasi, maka udara sejuk yang segar akan segera menyambut Anda. Derasnya Air yang jernih jatuh ke bawah menciptakan sebuah pemandangan yang cantik dan indah. Ditambah lagi dengan lumut serta pohon merambat yang terdapat di tebing membuat curug ini semakin eksotis.
28. Curug Kembar
Curug Kembar
Foto IG Curug Kembar (Photo : @iindelonge)
Air terjun ini Dikenal dengan nama Curug Kembar karena ada 2 buah curug yang lokasinya berdekatan. Bisa dibilang mirip dengan Curug Penganten, yang mempnyai salah satu curug beraliran air yang deras dan yang satunya tak terlalu deras.
Letak Curug Kembar berada dekat dengan Guciku Hot Waterboom, lebih tepatnya berada disebelah Villa Syariah, masuk kedalam Desa Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal. Tetapi Anda mesti turun ke bawah dan juga hati-hati dikarenakan jalan yang cukup licin. Anda hanya cukup berjalan kaki beberapa meter saja melintasi sawah sudah bisa sampai ke curug yang mempunyai ketinggian kurang lebih sekitar 5 meter ini.
Suhu dari air yang terdapat di curug ini cukup hangat. Di beberapa sisi dari curug ada pipa-pipa paralon milik warga yang akan mengalirkan air dari sumber mata air di curug ini. Airnya disini pun tergolong bersih, tapi sayangnya sisi-sisi dari aliran sungai tersebut kurang terawat. Terkadang Anda bisa menemukan sampah disepanjang aliran sungainya. Hal ini patut disayangkan tentunya.
Curug Kembar ini juga masuk kedalam daftar tempat wisata alam di Tegal yang tersembunyi oleh sebab itu cocok untuk Anda yang mencari suasana tenang /hening . Di tempat ini, Anda hanyalah akan mendengarkan suara gemercik air terjun yang berirama.
Apabila kabut sedang turun, tempat ini juga tak lepas dari serbuan kabut. Oleh sebab itu pastikan anda mencari momen yang tepat maupun cuaca yang bersahabat untuk datang Curug Kembar ini.
29. Bukit Rangkok Pagerwangi
Bukit Rangkok Pagerwangi
Foto IG Bukit Rangkok Pagerwangi (Photo : IG @mufilavida)
Inilah salah satu tempat wisata baru di Tegal yang sedang hits ialah Batu Ancik dikenal sebagai Bukit Rangkok yang terletak di Desa Pagerwangi, Kec. Balapulang, Kab. Tegal. Tepatnya kurang lebih berkisar 2,5 km ke arah barat dari Desa Kalibakung atau sekitar 4 km ke timur dari arah Desa Banjaranyar.
Bukit berbatu dengan beberapa ilalang yang ada dipuncak bukitnya, menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan seperti pemandangan Gunung Slamet, persawahan, atau untuk sekedar menikmati momen sunrise atau pun sunset juga dapat dilakukan di tempat ini. Lebih-lebih bila cuaca sedang bersahabat.
Di Bukit Rangkok tersebut Anda bisa dapatkan view dari Gunung Slamet yang cukup jelas dan masih berada didalam zona aman tentunya. Ada 2 buah puncak bukit di tempat ini, pertama bukit yang mempunyai kontur datar, dan yang kedua merupakan sebuah bukit relatif landai dengan view yang eksotis dan juga indah.
Bukit Rangkok tersebut mempunyai ketinggian krang lebih berkisar 384 mdpl. Oleh sebab itu pendaki pemula pun dapat menjelajahi wilayah ini, Tapi harus tetap waspada bila menjelajahi area ini terutama pada saat musim hujan.
Akses jalannya pun terbilang cukup mudah, dari arah Gerbang Desa Pagerwangi, cukup ikuti jalan desa yang ada sampai ketemu dengan sebuah jembatan, kemudian belok kiri. Terus lurus sampai ujung jalan dan bertemu dengan rumah terakhir, di area ini menjadi batas jalan untuk kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil.
Jalur untuk mobil sangatlah sempit, oleh sebab itu tidak disarankan mengendarai mobil dikarenakan sempitnya jalan. Dari batas jalan tersebut, lanjutkanlah berjalan kaki kurang lebih 10 menit dan bertemu dengan sekumpulan tanaman bambu. Untuk track awal bisa dibilang lebar dan landai, tapi pada tengah-tengah perjalanan akan mulai menyempit serta menanjak. Sampai akhirnya bertemu dengan bukit berbatu.
Untuk arah menuju ke puncak bukitnya, gunakanlah jalur sebelah kanan yang tak begitu sulit, tapi jalannya agak sempit. Bentuk batu yang ada di puncak Bukit Rangkok hampir sama dengan Puncak Garuda di Gunung Merapi. Tak terlalu tinggi, hanya berkisar kurang lebih 4 meter. Tetapi anda harus tetap berhati-hati dan waspada.
Apabila dikembangkan lebih baik lagi, Wilayah ini bisa jadi sebuah objek wisata alam andalan yang ada diKabupaten Tegal. Tapi yang pasti, janganlah Anda merusak lingkungan serta tetap jaga sopan santun khususnya kepada warga sekitar.
30. Kebun Melati Maribaya
Kebun Melati di Maribaya
Foto Kebun Melati Maribaya (Photo : bungamelatitegal dot blogspot dot com)
Bukan hanya terkenal dengan warteg dan juga produk tehnya, Kabupaten Tegal ternyata juga merupakan salah satu kawasan pengekspor bunga melati yang hasil dari panennya sangat diminati oleh pasar mancanegara. Mungkin hal tersebut luput dari perhatian Anda, sebab memang jarang sekali terekspos ke media.
Coba saja datang ke Desa maribaya, Kec. Kramat, Kab. Tegal yang merupakan sebuah sentra penghasil bunga melati yang berkualitas tinggi. Namun bukan hanya Desa Maribaya saja yang mempunyai kebun bunga melati, ada juga Desa Purwahamba, Sidoharjo, Kramatdan desa lainnya.
Melati tak mengenal musim panen, bisa dikatakan hampir tiap hari bisa panen. Tapi kualitas bunganya juga ditentukan oleh keadaan cuaca. Bila banyak sinar matahari, maka kualitas dari bunga melati akan makin bagus. Untuk proses memanennya, biasanya dilakukan dianta pukul 06:00 hinga pukul 10:00 pagi.
Untuk pemasaran bisa dibilang cukup mudah, sebab biasanya ada agen sendiri yang mendatangi kebun. Baik untuk diekspor ataupun untuk konsumsi lokal yang biasanya digunakan acara pernikahan, upacara adat, keagamaan, dan lain-lain. Untuk yang ekspor, biasanya varietas melati yang paling banyak diminati ialah jenis melati emprit dan jenis melati kebo.
Jadi, untuk Anda yang ingin belajar cara bercocok tanam atau hanya sekedar ingin mengetahui seputar bunga melati di wilayah Kabupaten Tegal, tak ada salahnya anda berkunjung ke desa ini. Dengan senang hati, sang pemilik kebun akan menshare ilmunya pada Anda.
31. Museum Sekolah Slawi
Museum Sekolah Slawi
Foto Museum Sekolah Slawi (Photo : kisahklasikduniaku dot blogspot dot co dot id)
Yang Satu ini tempat wisata edukasi di Tegal yang dapan dijadikan sebuah pilihan bagi pelajar, anak-anak, dan keluarga yaitu sebuah Museum Sekolah Slawi. Museum ini lokasinya di Jalan A. Yani Slawi, lebih tepatnya diselatan Bundaran Procot yang membuat posisinya cukup mudah ditemukan. Museum ini lokasinya di lahan kurang lebih sekitar 554 meter persegi.
Museum Sekolah Slawi tersebut adalah satu-satunya museum yang menyuguhkan gambaran seputar perkembangan kegiatan belajar mengajar yangada di Indonesia, khususnya daerah Jawa Tengah. Oleh sebab itu koleksi di museum ini kebanyakan adalah ijazah , Surat Tanda Tamat Belajar (STTB), dan lain-lain dari waktu ke waktu.
Disamping itu di sini juga ada koleksi media pembelajaran dimulai dari yang sifatnya informal pada perguruan – perguruan tradisional, pengajaran yang bersifat formal hingga pesantren.
Gedung satu lantai ini dibagi jadi 2 ruangan. Untuk ruangan yang pertama berisikan alat-alat yang ada di dunia pendidikan. Contohnya miniatur sekolah pada jaman dulu, foto-foto sekolah jaman dahulu, alat tulis, sabak dari waktu ke waktu, buku-buku pelajaran lama, bangku sekolah, dan seragam sekolah yang jadi ciri khas pada jaman dulu.
Sedangkan dibagian ruangan yang kedua atau ruangan belakang dipisahkan oleh sebuah pintu banyak sekali terdapat arca dan juga fosil peninggalan jaman dulu sebut saja fosil dari Semedo, yoni, arca candi, pusaka Mbah Jinten Balamoa, topeng tegalan, wayang golek tegalan, mata uang kepeng cina, pecahan keramik, dan masih banyak yang lainnya.
Cukup menarik datang ke Museum ini, disamping Anda dapat mengetahui perkembangan dari dunia pendidikan, juga bisa mendapatkan sebuah pengetahuan baru dan mengenai sejarah Tegal. Tak perlu malu untuk bertanya, dikarenakan para petugas jaga disini akan senantiasa membantu untuk menjelaskan setiap pertanyaan Anda.
32. Curug Penganten
Curug Penganten
Curug Penganten (Foto : IG @yulirahmawati598)
Curug Penganten ini hampir mirip dengan Curug Kembar, tapi beda lokasi. Dua-duanya sama-sama mempunyai 2 air terjun yang mengalir berdekatan. Curug Penganten lokasinya di Dukuh Bandarsari, Desa Bumijawa, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal.
Curug Penganten lokasinya tidak jauh dari Curug Luhur, kerang lebih sekitar 500 meter di atasnya. Dengan ketinggian berkisar 10 sampai 14 meter, air terjun ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan juga bagus. Pas untuk anda yang sedang hunting foto ala-ala anak IG.
1 air terjun dengan aliran air yang langsung menuju ke bawah, sementara pasangannya mempunyai aliran air yang cukup deras. Airnya terbilang sangat jernih, dingin, dan segar, ciri khas dari air pegunungan yang masih asri. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat air terjun ini cocok untuk menenangkan diri.
Kedua aliran air terjun tersebut menuju ke satu kolam air yang berada dibawahnya cukup lebar dan tak terlalu dalam. Kolam tersebut yang sering dipakai warga atau wisatawan untuk mandi maupun hanya sekedar bermain air. Pada dinding curugnya banyak sekali ditumbuhi oleh tumbuhan lumut dan juga tumbuhan merambat lainnya.
33. Pondok Makan Jalan Teri (Pokanjari)
Pokanjari tegal
Foto IG Pokanjari Tegal (Photo : @mikhaelsulianto)
Pondok Makan Jalan Teri (Pokanjari) merupakan salah satu sentra kuliner khas Tegal. Sebut saja sauto khas tegal, kupat glabed, kupat blengong, nasi grombyang, swike, dan lainnya bisa Anda temukan di daerah ini. Tak hanya menu makanan tradisional saja, di sini juga terdapat restoran dengan menu yang modern.
Di pagi hari, di area ini Anda dapat mencicipi sarapan pagi ala tegalan seperti kupat bongkok, Sega Kuning (Nasi Kuning), dan Ponggol. Menjelag sore hari, beraneka kuliner khas tegal lainnya akan siap untuk menggoyang lidah Anda yang pastinya dengan harga yang murah meriah.
Salah satu makanan di Pokanjari
Foto IG Salah satu makanan di Pokanjari (Photo : @mutilarasati)
Sama dengan namanya, tempat ini terletak di Jl. Teri, jalan tembusan penghubung Jalan Gadjah Mada dan Jalan Veteran Kota Tegal. Dimana disalah satu lokasi tersebut Anda dapat menemukan beberapa bangunan tua yang masih kokoh berdiri sampai saat ini.
Letak Pokanjari yang cukup strategis menambah daya tarik untuk siapa saja yang tengah singgah di Tegal. Karena tak jauh dengan Jalur Pantura dan juga public area di depan area Kantor DPRD Kota Tegal.
Bila masuk pada bulan puasa, aneka takjil bisa ditemukan di daerah sini. Dan tempat tersebut juga semakin banyak pengunjungnya. Cobalah ajak keluarga, kerabat, teman untuk berkunjung ke tempat ini! Liburan ke Tegal tak lengkap rasanya apabila tanpa menikmati aneka kulinernya bukan?
34. Pacific Mall
Pacific Mall tegal
Foto Pacific Mall Tegal (Photo : id.wikipedia.org)
Untuk Anda sobat shoppa holic, Pacific Mall Tegal dapat dijadikan alternatif tempat untuk belanja selain dari Rita Mall. Disini terdapat aneka pakaian seperti kaos, celana, baju, serta aksesories yang bagus. Disamping itu, Terdapat juga food court yang menu makanan cukup bervariatif. Menu ala-ala barat juga ada lho, contohnya pizza hut.
Letak Pacific Mall berada di Jl. Mayor Jenderal Sutoyo No.35, Tegal, daerah Jawa Tengah. Pacific Mall menawarkan juga beragam pilihan untuk berbelanja yang berkualitas untuk para pengunjung. Disamping itu, tenant-tenant lain yang ikut bergabung tak sedikit juga yang merupakan tenant nasional.
Di ground floor, untuk tenant F&B, anda bisa temukan CFC, Dunkin Donuts, Tongtji Tea Bar, Roti’O, Pizza Hut, dan KFC. Tenant F&B yang ada di ground floor baru saja bergabung adalah Teppanyaki & Gokana Ramen yang dikelola oleh salah satu jaringan resto terbesar dan ternama Champ Group.
Masih berada di ground floor, tentu masuk dahulu ke tempat yang paling besar, yakni Sri Ratu Department Store. Sri Ratu Departement Store sendiri terbilang sudah cukup lama dan sukses malang melintang pada bisnis retail.
Disamping itu, untuk urusan fashion serta accessories, terdapat juga tenant nasional contohnya Ping!! Fashion, Celcius, hingga ADA Fashion. Tidak ketinggalan Cinderella , Stroberi, dan Naughty juga ikut jadi pilihan bagi pengunjung yang ingin berbelanja accessories.
Pada First Floor, Anda dapat menemukan anchor tenant Inul Vizta, Hypermart, dan tenant-tenant fashion yang bagus dan berkualitas untuk pria dan wanita. Tak ketinggalan untuk yang punya hobi narsis foto-foto, ada pula Hofu Ehm Photo Studio.
Untuk Anda yang mengajak anak-anak bisa ke lantai dua dimana banyak terdapat wahana permainan seperti Jungle Safari dan Happy Time. Cocok banget buat tempat nongkrong, kongkow, dan hangout bareng teman atau keluarga.
35. Kawasan Konservasi Karang Jeruk
Kawasan Konservasi Karang Jeruk
Foto IG Kawasan Konservasi Karang Jeruk (Photo : @ariyanto.putra)
Punya hoby mancing? Kalau iya, Anda wajib datang ke Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KPPD) di Karang Jeruk atau juga dikenal sebagai Karang Jeruk. Karang Jeruk sendiri juga masuk ke dalam salah satu spot terbaik untuk memancing di Tegal. Bahkan juga pernah masuk pada acara di salah satu stasiun TV swasta yakni Mancing Mania .
Karang Jeruk adalah kawasan konservasi keanekaragaman hayati yang berada di laut lepas yang masuk pada wilayah perairan dikawasan Kabupaten Tegal, tepatnya berada di Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat bila kita tarik sebuah garis lurus.
Aneka jenis ikan banyak yang dapat Anda temukan disini. Sebut saja ikan kerapu, barakuda, kakap putih, kakap merah, talang-talang, tengiri, dan ikan jenis lainnya.
Untuk ikan barramundinya (kakap putih) yang terdapat di Karang Jeruk beratnya cukup bervariasi, mulai dari 0,5 – 24,3 kg. Ikan ini mempunyai kemampuan tarung yang sangat tinggi, sehingga dijadikan target prestisius para pemancing (angler).
Karang Jeruk pun juga dapat digunakan untuk tempat diving, snorkeling dan untuk belajar tentang ekosistem bawah laut. Untuk menuju ke lokasi Karang Jeruk memanglah belum tersedia angkutan umum, Tapi bisa menyewa /menggunakan perahu nelayan yang biayanya sekitar Rp. 300.000 yang berangkat dari Dermaga Muarareja.
Dari dermaga, letaknya sekitar 3 mil di utara kota atau sekitar 3 mil dari Pantai Larangan. Kurang lebih perjalanan sekitar 45 menit. Wilayah Karang Jeruk sendiri ditandai dengan sebuah menara suar yang diberi lampu.
Nah, itulah aneka wisata Tegal yang menarik untuk anda kunjungi. Bagi anda para traveler yang memiliki referensi lain tentang tempat wisata di Tegal Terbaru dan juga bagus serta lagi ngehits silahkan berbagi lewat kolom komentar, semoga bermanfaat.

Baru Saja Dibaca

wisata tegaltempat wisata di tegaltempat wisata tegalwisata di tegalfoto bulakan dukuhperengWisata ditegal yp pas buat eksiskabupaten tegal indonesia tempat wisatatempat wisata kota tegaltempat wisata ditegalwisata pohon pinus guciwisata brebes tegalwisata tegal terbaruwisata kota tegaltempat wisata di tegal 2017tempat wisata tegal dan sekitarnya 
 
Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin