Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Porter Slamet, Tips Mencegah Dan Mengatasi Cidera Otot Saat Pendakian


Tips Mencegah Dan Mengatasi Cidera Otot Saat Pendakian

Exploregunung – Mengatasi cidera otot – Seorang pendaki sejati entah pemula atau pendaki berpengalaman memiliki resiko terserang cidera otot. Hal ini disebabkan saat pendakian semua otot tubuh mereka bekerja sangat ekstra terutama otot kaki sebagai pijakan. Bagi seorang pendaki pemula hal ini kerap terjadi karena kurangnya latihan dan pemanasan ketika hendak melakukan pendakian. Jangan khawatir, hal tersebut bisa dibilang sebuah hal yang wajar, yang pasti kita tahu dengan pasti cara untuk mencegah, macam cidera yang terjadi dan cara untuk mengatasinya.
Lebih jelasnya anda bisa simak sedikit ulasan untuk mencegah dan mengatasi cidera otot saat pendakian anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.:

Cidera pada pergelangan kaki

Cidera otot yang terjadi pada bagian pergelangan kaki ini ditandai dengan radang serta nyeri pada kaki bagian pergelangan. Cidera otot ini akibat otot bawah pada betis tidak terlalu kuat sehingga saat melewati medan berbatu, tidak rata serta tanah yang tidak mulus akan menyebabkan kaki bagian pergelangan menjadi tidak stabil pada saat posisi berjalan.
Untuk mencegah dan mengatasi cidera otot ini anda bisa melakukan latihan dengan gerakan berdiri dengan satu kaki sambil membawa beban. Hal ini bertujuan untuk membuat otot bawah bagian kaki atau pergelangan menjadi lebih kuat.

Sakit pada tulang jari

Sakit pada tulang jari dirasakan pada bagian tulang sebelum jari pada kaki, rasa sakit ini ibarat terdapat batu yang tajam yang terdapat dalam sepatu anda. Untuk mencegah dan mengatasi cidera otot atau kram ini anda harus mengurangi kebiasaan menanjakkan kaki pada sepatu bagian ujung secara berlebihan, menghindari memakai sepatu dengan lekuk yang terlalu keatas serta ujung sepatu yang sempit.

Kram pada bagian betis

Cidera otot yang terjadi pada bagian betis ini ditandai dengan kram otot yang terjadi pada bagian betis, tidak bertenaga, dan kualitas nyerinya seperti terbakar. Cidera otot ini akibat sang pendaki melalui tanjakan yang berbatu dimana pendaki dihadapkan pada keadaan yang mengharuskannya mendaki dengan kaki satu demi satu dimana bukan pantat atau otot paha sebagai tumpuannya melainkan betis.
Untuk mencegah dan mengatasi cidera otot atau kram pada betis ini anda harus rutin melatih otot bokong dan paha anda agar otot tersebut bisa dijadikan tumpuan saat hendak memanjat pada jalan menanjak. Kemudian mengatasi cidera otot ini dengan diistirahatkannya seluruh tubuh, taruh kaki sedikit tinggi daripada organ jantung, lalu pijat betis perlahan agar lebih lemas dan kaku berkurang.

Nyeri pada otot pinggul

Cidera pada otot pinggul ini ditandai dengan nyeri yang sangat pada saat melangkah yang disebabkan jaringan lunak yang terdapat pada organ pinggul mengalami kerusakan serta peradangan pada sendi yang terdapat di bagian pinggul. Hal ini bisa dilihat dari rasa malas ketika mengangkat bagian paha, cara anda berjalan yang sedikit aneh. Cidera otot ini disebabkan oleh kebiasaan mendaki gunung saat weekend tanpa prepare dengan latihan olahraga sebelum pendakian . Untuk mengatasi cidera otot atau kram ini bisa dilakukan dengan menguatkan otot pinggul dengan hip abductor exercise.

Nyeri pada paha disertai gemetar pada lutut

Penyebab cidera otot ini adalah barang bawaan pendaki yang masih terlalu berat saat turun sehingga membuat lutut, pinggul serta pergelangan kaki dalam keadaan yang kurang sejajar yang menyebabkan kaki pendaki tidak sama panjang saat berjalan.
Cara mencegah dan mengatasi cidera otot ini adalah dengan melatih otot bahu hingga pinggul atau otot torso agar saat turun dari pendakian tubuh anda dalam keadaan stabil.
Selepas pendakian para pendaki biasanya mengalami rasa pegal dan nyeri pada bagian otot tertentu, sehingga sehabis menjalani pendakian biasanya mereka melakukan beberapa metode penyembuhan. Nah, berikut ini kami berikan beberapa cara ampuh untuk mengatasi cidera otot dengan sederhana seperti:
  1. Peregangan otot
    Para pendaki biasa mengatasi cidera otot hal ini dengan teknik traction dengan penarikan otot tubuh diterapkan pada jari, kaki, dan lengan dan hanya mereka percayakan kepada orang yang ahli agar tidak terjadi luka robek.
  1. Massage
    Massage atau pemijatan untuk mengatasi cidera otot ini sangat efektif mengatasi pembengkakan dan kejang pada otot. Namun rasionalnya banyak teknik massage yang tersedia pada era ini, sehingga anda harus memastikan ahli pijat serta teknik pemijatan yang anda pilih adalah tepat serta tidak berefek memperparah.
  1. Pengompresan
    Mengatasi cidera otot dengan cara ini bertujuan untuk membuat panas tubuh berkurang, mengurangi nyeri serta mengatasi bengkak pada bagian tubuh tertentu. Untuk menurunkan panas tubuh anda bisa memanfaatkan kompres air hangat sedang untuk bengkak atau luka memar anda bisa menggunakan kompres air es.
  1. Penggunaan obat
    Mengatasi cidera otot dengan obat relaksan bisa menimbulkan efek kantuk, sehingga anda memerlukan istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi anda fit kembali. Obat yang biasa digunakan untuk mengatasi cidera otot, kesleo atau kejang pada otot antara lain: lioresal/ baclofen, meraxalone, orphenadrine, dll.
Cidera otot ketika pendakian merupakan sebuah permasalahan yang sering terjadi. Dengan mengetahui macam dan cara mengatasinya cidera otot ini tentunya akan lebih mempermudah anda ketika melakukan pendakian. Tentunya anda tidak ingin jika aktivitas bahagia anda terhenti gara-gara cidera otot ini bukan?
(blog.cozmeed.com/exploregunung.com)

Sumber,
https://www.exploregunung.net


Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter