Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip

Sumbing : 05-06 September 2020 <-> Lawu : 12-13 September 2020 <-> Lawu : 18-19 September 2020

SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Porter Sumbing, Gunung Sumbing Via Garung

Porter Sumbing, Tips dan Info Lengkap Mendaki Gunung Sumbing, Gunung Tertinggi Kedua di Jawa Tengah 

Gunung Sumbing Via Garung

Gunung Sumbing merupakan sebuah gunung yang terletak di tiga Kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo, selain itu Gunung Sumbing juga menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.371 Mdpl dan tertinggi ketiga di pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet.

foto sunset di gunung sumbing
sunset di gunung sumbing. foto : brobali.com

Gunung Sumbing memiliki beberapa jalur diantaranya seperti via Garung (Wonosobo), Cepit Parakan (Temanggung), dan Bowongso (Wonosobo), diantara jalur-jalur tersebut, jalur Garung merupakan jalur paling populer dan terkenal diantara kalangan pendaki.

Seperti halnya dengan Gunung Merapi dan Merbabu yang bedekatan, Gunung Sumbing juga terletak bersebelahan dengan Gunung Sindoro, sehingga tak jarang pula banyak orang menyebutnya gunung kembar.

Gunung Sumbing mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Sebagian besar wilayah lereng gunung ini telah digunakan untuk lahan pertanian. "Wikipedia"

Gunung Sumbing terkenal dengan jalurnya yang cukup berat namun memiliki pemandangan yang indah, bahkan ketika kita sampai di puncaknya kita bisa melihat hampir seluruh gunung di Jawa Tengah mulai dari gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Prau, Slamet, Lawu, Ungaran, Telomoyo hingga Andong.

Bagi kamu yang ingin mendaki Gunung Sumbing untuk pertama kali, disarankan untuk melalui jalur Garung karena lokasinya yang mudah dijangkau dan cukup populer, jadi kamu akan menemukan banyak barengan.

Gunung Sumbing sendiri memiliki 2 puncak, yaitu Puncak Buntu (3362 Mdpl), dan Puncak Sejati (3371 Mdpl), biasanya para pendaki hanya sampai di Puncak Buntu karena lebih mudah, namun jika kamu ingin sampai di Puncak Sejati juga tidak masalah.

foto jalur menuju puncak sejati gunung sumbing
jalur menuju puncak sejati.

Gunung Sumbing via Garung

Basecamp Gunung Sumbing via Garung cukup mudah ditemukan karena lokasinya yang berada di samping jalan, jika kamu dari Semarang dan Sekitarnya bisa melalui jalur Sumowono-Temanggung-Wonosobo, tepat setelah perbatasan Temanggung dan Wonosobo terdapat jalur kekiri dengan papan petunjuk “Basecamp Garung Gunung Sumbing”.

Perkiraan Waktu Tempuh :
Basecamp – Pos 1 (2 jam berjalan kaki, setengah jam naik ojek)
Pos 1 – Pos 2 (kurang lebih 2 jam)
Pos 2 – Pos 3 (kurang lebih 1 jam)
Pos 3 -  Pestan (kurang lebih setengah jam)
Pestan – Watu Kotak (kurang lebih 1,5 jam)
Watu Kotak – Puncak Buntu/Kawah (kurang lebih 2 jam)
Puncak Kawah -  Puncak Sejati (kurang lebih 15 menit)
Total : 8-9 Jam (tergantung kecepatan kamu berjalan)

Tips Mendaki Gunung Sumbing via Garung :

  • Hanya terdapat satu sumber air saja yaitu di dekat Pos 1, dari Pos 1 kita masih harus berjalan sekitar 100 meter untuk sampai di sumber air, lokasinya berada di belakang Pos ojek, namun terkadang saat musim kemarau sumber air ini kering.
  • Bawa perbekalan air yang cukup karena sumber air hanya terdapat di Pos 1 dan terkadang juga kering, minimal 1 orang membawa 3 botol ukuran 1,5 liter.
  • Jalur Gunung Sumbing via Garung terbilang cukup sulit karena menanjak terus, jadi persiapkan fisikmu terlebih dahulu sebelum mulai mendaki.
  • Lebih disarankan untuk naik ojek dari Basecamp ke Pos 1 untuk menghemat waktu dan tenaga, karena jika kita berjalan kaki membutuhkan waktu sekitar 2 jam.
  • Biasanya pendaki mendirikan tenda terakhir sebelum summit di Pestan dan bawahnya, tapi lebih direkomendasikan di bawah Pestan karena banyak pepohonan, jika kamu mendirikan di Pestan cukup rawan terkena badai sebab tidak ada pepohonan yang menghalangi.
  • Dari Pestan menuju Puncak masih membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan jalur menanjak, pastikan kamu tidak telat untuk melakukan summit ya.
  • Jika kamu ingin melihat sunrise, kamu harus bisa sampai puncak terlebih dahulu, sebab sunrise di jalur Garung ini hanya bisa dilihat di puncak.
Di samping pemandangan indah dan mempesona yang tersaji serta berbagai kebudayaan tradisional masyarakat setempat, ada beberapa hal yang harus dipatuhi oleh para pendaki agar selama pendakian di Gunung Sumbing tidak menemui hal-hal yang tidak diinginkan, di antaranya adalah:
  • Dilarang buang air (besar/kecil) sembarangan
  • Dilarang membawa narkoba
  • Dilarang melakukan zina
  • Dilarang mengeluh
  • Dilarang berkata bohong dan berlaku sombong
  • Tidak merusak tanaman
  • Tidak mengganggu kebun penduduk
Nah, itulah informasi mengenai jalur pendakian di Gunung Sumbing, dibawah ini merupakan tips tambahan bagi kamu yang ingin mendaki di gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah.
  1. Rombongan terbaik adalah 4-8 orang.
  2. Sebelum mulai mendaki, pastikan kamu olahraga ringan seminggu sebelum mendaki agar tubuh tidak kaget.
  3. Bawa peralatan khusus mendaki seperti sepatu/sandal gunung, tenda, sleeping bag, kompor, dan tentunya logistik yang mencukupi.
  4. Selalu utamakan kebersamaan tim.
  5. Prioritas utama adalah keselamatan bersama, bukan puncak ataupun pemandangan.
  6. Pilihlah waktu pendakian di musim kemarau untuk menghindari terjadinya hujan atau badai.
Informasi :
Nama : Gunung Sumbing
Tinggi : 3.371 Mdpl
Lokasi : Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Magelang, Jawa Tengah.
Puncak : Puncak Buntu (3.362 Mdpl) dan Puncak Sejati (3.371 Mdpl)
Simaksi/Retribusi Tiket : Rp. 5.000/orang

Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter