Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

   
Puncak Rajawali, Gunung Sumbing Jalur Cepit
Guide Gunung Sumbing dan Porter Pendakian Sumbing
Hubungi 085.643.455.685 # 7A722B86
 

Jalur pendakian Gn Sumbing, Dusun Cepit atau Kacepit, Desa Pagergunung, Temanggung, yang pada masa Hindia Belanda di sebut Dukuh Kajepit, Desa Petirgunung merupakan jalur pendakian ziarah yang sudah digunakan masyarakat Temanggung sejak ratusan tahun lalu. Dan orang Eropa yang pertama kali mencapai puncaknya adalah salah seorang ilmuwan yang sekaligus alpinish terkenal dunia Franz W. Junghuhn bersama-sama dengan Ernst Albert Fritze dan Resident Hartmant, pada tahun 1838. Kemudian diikuti oleh Dr. Stehn beberapa tahun berikutnya yang mendaki Gn Sumbing hingga enam kali. Membaca dan mengutip sebagian risalah pendakian Junghuhn di Pulau Jawa, tidak banyak perubahan penggambaran mengenai ringgit-ringgit puncak-puncakan dari gunung sumbing yang mengitari kawahnya.

Selain sebagai gunung/gunung api tertinggi kedua setelah Gn Slamet di Jawa Tengah, Gunung Sumbing juga merupakan salah satu gunung api di Jateng yang mempunyai pemandangan kawah yang indah dengan dinding-dinding kawahnya serta aktivitas vulkaniknya yang masih dapat dilihat secara langsung.

Yuk, kita terus mendaki gunung api dan dapatkan nilai lebih dari setiap pendakian itu. Karena setiap gunung api banyak menyimpan sejarah panjang kehidupan masyarakat sekitar dan bahkan dunia. Pada dinding-dinding kawah dan kaldera nya terpahat cerita bisu dirinya yang panjang. 
(Harley B. Sastha) 
 











































 Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama

Share it Please
Guide Gunung Sumbing dan Porter Pendakian Sumbing
085.643.455.685 # 7A722B86
Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung Jalur Lama. Ingin mencoba jalur pendakian yang cukup menantang, cobalah Gunung Sumbing. Jalur pendakian Gunung Sumbing memang terkenal dengan medan yang full menanjak, sangat jarang dijumpai trek bonus atau mendatar. Jalur pendakian Gunung Sumbing juga merupakan gunung dengan trek terberat diantara gunung yang ada di Jawa Tengah.

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3371 meter diatas permukaan laut di puncak tertingginya.Gunung Sumbing letaknya berhadapan denganGunung Sindoro ini terletak di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Temanggung. Jalur pendakian yang paling umum adalah melalui DesaGarung, Wonosobo.

jalur pendakian gunung sumbing via garung jalur lama
Peta Jalur Garung
Di Desa Garung terdapat dua jalur pendakian yaitu jalur lama dan jalur baru, namun sebagian besar pendaki memilih jalur lama karena lebih cepat dan sangat disarankan oleh pengurus basecampdisana. Jalur lama ini tidak terdapat sumber air jadi harus membawa dari bawah dan jangan sampai kekurangan. Berikut jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung jalur lama :


Basecamp - Pos 1 (Malim) :

Jalur pendakian dari basecamp ke pos 1 berupa jalan aspal menuju ke area ladang penduduk. Sampai di area ladang penduduk yang ditanami tembakau, jalur berubah menjadi jalur makadam (batu yang tersusun rapi) dengan trek yang cukup landai. Waktu tempuh dari basecamp ke Pos 1 sekitar 2,5 - 3 jam jalan kaki.

Sebaiknya bagi para pendaki yang memiliki waktu yang terbatas dan untuk menghemat tenaga, disarankan untuk menggunakan jasa ojek dengan ongkos Rp 30 ribu per orang dengan waktu 15 menit perjalanan. Lumayan buat menghemat tenaga karena trek selanjutnya selepas pos 1 lebih ekstrim lagi. Di pos 1 terdapat shelter yang bisa untuk tempat beristirahat.

Pos 1 - Pos 2 (Genus) :

Jalur pendakian dari pos 1 ke pos 2 berupa trek tanah padat yang cukup nyaman di kaki. Jalurnya agak sedikit menanjak namun masih dalam taraf yang manusiawi. Terdapat cukup banyak percabangan di kawasan ini namun tetap menjadi satu jalur.

jalur pendakian gunung sumbing
Genus
Waktu tempuh dari pos 1 ke pos 2 sekitar 50 menit. Pos 2 berupa tanah yang cukup lapang yang bisa menampung 3 buah tenda ukuran 4 orang.


Pos 2 - Pos 3 (Seduplak Roto) :

Trek semakin menanjak selepas pos 2. Jalur masih berupa tanah merah padat yang bila hujan pasti akan sangat licin. Belum lagi tingkat kecuramannya yang cukup tinggi. Dari pos 2 ke pos 3 hampir tak ada trek mendatar, semuanya full tanjakan terjal.

jalur pendakian gunung sumbing
Seduplak Roto
Lama pendakian dari Genus ke Seduplak Roto sekitar 60 menit dengan waktu istirahat yang minim. Di pos 3 atau Seduplak Roto bisa menampung 5-6 buah tenda ukuran 4 orang. Bila tenaga atau cuaca tidak memungkinkan disarankan untuk mendirikan tenda disini.


Pos 3 - Pestan :

jalur pendakian garung lama
Pestan background Sindoro
Dari pos 3 ke Pestan hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Pos Pestan berupa tanah datar yang cukup luas yang bisa menampung puluhan tenda, namun sangat tidak disarankan untuk mendirikan tenda disini karena rawan badai dan kondisi lokasi yang tanpa pelindung apapun seperti pepohonan dan batu besar.


Pestan - Pasar Watu : 

Dari Pestan, trek pendakian berubah menjadi trek batu-batu besar. Jalurnya pun semakin menanjak. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk melewati trek selepas Pestan ini. Jalur pendakiannya cukup jelas jadi tak usah kuatir tersesat asalkan mematuhi petunjuk yang ada.

jalur pendakian gunung sumbing
Pasar Watu
Waktu tempuh dari Pestan ke Pasar Watu sekitar 90 menit, namun serasa 3 jam. Di Pasar Watu ada sedikit tanah datar yang bisa untuk mendirikan 1 - 2 buah tenda saja. Pos Pasar Watu ditandai dengan ada banyaknya batu-batu raksasa yang berserakan di tempat tersebut.


Pasar Watu - Watu Kotak :

"Penderitaan" tak hanya sampai Pasar Watu saja. Menuju pos selanjutnya yaitu Watu Kotak, trek pendakian semakin menanjak dan menjadi-jadi. Tanjakannya membuat lutut dan wajah bertemu. Jalur pendakian masih berupa batu-batu besar dengan tanjakan yang sangat terjal.

jalur pendakian sumbing via garung
Watu Kotak
Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Watu Kotak dari Pasar Watu. Biasanya para pendaki mendirikan tenda di pos terakhir ini sebelum summit attack pada dini harinya. Namun perlu diketahui juga bahwa lahan untuk ngecamp di Watu Kotak sangat terbatas, jadi jangan sampai tidak kebagian tempat.


Watu Kotak - Puncak Buntu - Puncak Kawah :

Dari Watu Kotak, jalur pendakian masih didominasi oleh batu-batu besar dengan tanjakan tanpa ampunnya. Masih satu jam lagi untuk sampai ke Puncak Buntu Gunung Sumbing dari Watu Kotak. Sebelum Puncak Buntu, pendaki akan menemui sebuah pertigaan dimana kalau lurus menuju Puncak Buntu dan bila belok ke kiri menuju Puncak Kawah.

jalur pendakian sumbing
Kawah
Sebagian besar pendaki akan mengambil jalur lurus ke arah Puncak Buntu, namun sebenarnya Puncak Kawah memiliki posisi yang lebih tinggi dibanding Puncak Buntu meskipun bukan pucuk tertinggi.


jalur pendakian gunung sumbing jalur lama
Sunrise di Puncak Buntu
Pada umumnya pendakian ke puncak Gunung Sumbing memakan waktu 9-10 jam bila full jalan kaki, namun bila disiasati dengan naik ojek sampai pos 1, waktu tempuh menjadi 6-7 jam. Sedangkan waktu turun bisa menghabiskan waktu sekitar 5-6 jam.


sumber : http://rangersghost.blogspot.co.idt-align: justify;">

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin