Pantai Paling Eksotis di Jepara


Pantai Paling Eksotis di Jepara yang Bikin Traveler Serasa Liburan ke Maladewa


Jepara, selain dikenal sebagai salah satu kota penghasil kerajinan ukiran kayu di Indonesia, nama kabupaten ini juga sangat familiar di telinga traveler dengan sederet destinasi wisatanya yang digadang-gadang mirip Maladewa. Potret mini Maldives bisa traveler jumpai kala berkunjung ke pantai-pantainya terutama di Kepulauan Karimun Jawa.

Pantai-pantai di Jepara bisa dibilang ajaib. Meskipun posisinya berada di utara Jawa namun kebanyakan pantai di sana memiliki pasir putih dengan perairan dangkal yang sangat jernih. Siapapun yang berlibur ke pantai di Kota Ukir ini pasti akan berasa seperti sedang liburan di Maladewa. Dengan segala kelebihannya, bukan hal yang sombong jika kemudian Jepara berani memakai slogan wisata The Beauty of Java, dan berikut pantai-pantai paling eksotis disana.

1. Karimun Jawa, Keindahan Kepulauan Tropis Laut Jawa yang Tak Kalah Indah dengan Maladewa

Sebagai andalan utama pariwisata kabupaten Jepara, Kepulauan Karimun Jawa sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi selama liburan di Bumi Kartini. Kawasan ini memiliki 27 gugusan pulau dengan keunikan masing-masing serta telah ditetapkan sebagai Taman Nasional per tahun 2001 silam. Lokasinya memang terpisah dari daratan utama Pulau jawa sehingga untuk pergi ke sana traveler harus naik perahu boat dari dermaga Pantai Kartini dan melakoni perjalanan laut selama 2-3 jam.

Karimun Jawa, via instagram
Karimun Jawa, via instagram

Tak sedikit traveler yang kaget ketikan menginjakkan kaki di pulau-pulau yang ada di Karimun Jawa. Pulau-pulau disana secara sempurna menggambarkan wajah pulau tropis yang sesungguhnya. Jajaran pantai berpasir putih, laut jernih yang dangkal sehingga terumbu karang dengan mudah dilihat mata telanjang serta nyiur yang tumbuh di tepi pantai makin mempercantik panorama sekitar.

Kepulauan Karimun Jawa memang menjadi surga snorkeling dan diving di pantai utara Jawa. Hanya di tempat ini pula traveler punya kesempatan berenang dengan hiu di penangkarannya. Yang pasti keindahan kepulauan ini tidak akan habis untuk diceritakan, so sebaiknya kamu datang sendiri dan rasakan pengalaman luar biasa liburan di Karimun Jawa.

2. Menyambangi Pantai Kartini yang Punya Kura-Kura Raksasa

Setelah puas bersenang-senang di Karimun Jawa, kamu bisa melanjutkan traveling kamu dengan menyambangi pantai-pantai yang ada di daratan utamanya. Pantai pertama yang musti kamu kunjungi yaitu Pantai Kartini. Dinamakan demikian karena konon di pantai inilah Kartini kecil bermain-main dengan saudara-saudarinya.

Pantai Kartini, via instagram
Pantai Kartini, via instagram

Pantai Kartini berada cukup dekat dengan pendopo Kabupaten Jepara. Jaraknya hanya 2,5 km sehingga hanya butuh 10 menit saja untuk mencapai ke lokasi. Pantai ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap dan memang menjadi salah satu pantai populer disana. Yang paling ikonik dari Pantai Kartini adalah keberadaan bangunan kura-kura raksasa di pinggir pantainya. Kamu pun bisa berfoto-foto dengan latar belakang bangunan nyentrik tersebut.

3. Pantai Pungkruk, Tempat Asyik Untuk Memandangi Lautan Lepas

Masih berada di sekitar pusat kota, kamu bisa memandangi lautan lepas dengan bebas, caranya berkunjung saja ke Pantau Pungkruk. Pantai ini hanya berjarak 7 km dari pendopo kabupaten. Berbeda dengan pantai lainnya yang mengandalkan pasir pantai yang putih, pantai ini mayoritas terdiri dari karang. Satu-satunya cara menikmati pantai ini adalah dengan bersantai di pinggirnya dan memandangi lautan lepas.

Pantai Pungkruk, via instagram
Pantai Pungkruk, via instagram

Pantai Pungkruk akan menjadi salah satu pusat rekreasi keluarga dan pusat kuliner. Hal ini terlihat dari berbagai fasilitas yang sedang dibangun di sana berupa taman dengan banyak arena bermain. Sebagai tujuan kuliner, di pesisir pantai ini juga terdapat banyak tempat makan mulai dari warung sederhana hingga rumah makan berkelas.

4. Seaside Beach, Tempat Nongkrong yang Lagi Hits

Kabupaten Jepara memiliki satu lagi tempat keren untuk berakhir pekan yaitu Seaside Beach. Ini merupakan tempat makan dengan konsep terbuka dan menghadap ke laut. Suguhan utamanya ada di sore hari berupa sunset menawan di tengah laut.

Seaside Beach, via instagram
Seaside Beach, via instagram

Meski konsep utamanya adalah tempat makan outdoor, tapi kamu yang berkunjung pada musim hujan tidak usah khawatir kehujanan sebab restoran ini juga memiliki tempat makan di dalam ruangan. Dalam beberapa waktu terakhir ini Seaside Beach Resto & Lounge ini menjadi tempat nongkrong baru yang lagi hits banget. Harga makanannya memang diperuntukkan kalangan menengah ke atas namun makanan-makanan harga mahasiswa juga tersedia disana.

5. Pantai Empu Rancak, Pantai Keren yang Bersahabat Dengan Kantong Backpacker

Pantai Empu Rancak berada di desa Karang Gandong, kecamatan Mlonggo, Jepara. Keuntungan yang didapat traveler dengan berkunjung ke pantai ini adalah mereka bisa meloncat ke pantai-pantai lain yang berada di sekitarnya tanpa harus keluar biaya tiket masuk yang berlebih sebab keberadaan pantai ini belum begitu dikembangkan untuk pariwisata masif.

Pantai Empu Rancak, via instagram
Pantai Empu Rancak, via instagram

Sama halnya dengan kebanyakan pantai di Kabupaten Jepara, Pantai Empu Rancak ini juga dianugerahi dengan laut yang tenang tanpa ombak serta air yang jernih. Di pinggir pantainya tumbuh pohon pandan yang menjulang tinggi menambah eksotisme panorama pantai. Walaupun belum seterkenal Pantai Kartini atau Karimun Jawa namun fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap dengan adanya gazebo dan juga rumah makan di pinggir pantainya.

6. Pulau Panjang, Potret Pulau Tropis yang Eksotis

Ada pilihan destinasi lain yang tidak kalah keren dari Karimun Jawa namun lokasinya mudah dan cepat dijangkau. kamu tinggal menyeberang ke Pulau Panjang dengan perahu kayu dari dermaga Pantai Kartini. Jaraknya hanya 2,5 km dari bibir pantai dan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit saja.

Pulau Panjang, via instagram
Pulau Panjang, via instagram

Pulau Panjang merupakan potret alami dari pulau tropis yang eksotis. Pantai di pulau ini umumnya tidak berombak dengan arus yang tenang sehingga cocok untuk kamu gunakan sebagai spot snorkeling atau sekedar berenang. Bagi yang tidak suka panas-panasan bisa memandangi laut dari pinggir pantai yang ditumbuhi pepohonan rimbun yang menjadi peneduh alami.

7. Pantai Pecatu, Menilik Indahnya Pulau Mandalika di Pantai Berpasir Hitam

Pantai Pecatu adalah sebutan singkat dari pantai yang memiliki nama lengkap Pantai Goamanik Pecatu. Pantai berpasir hitam ini bisa traveler temukan di desa Banyumanis. Menariknya meskipun memiliki nama Goamanik namun di kawasan ini tidak terdapat gua satupun.

Pantai Pecatu, via instagram
Pantai Pecatu, via instagram

Traveler yang berkunjung ke sana paling suka menghabiskan waktu di bukit yang ada di sebelah pantai. Di bukit tersebut terdapat gardu pandang yang digunakan wisatawan untuk melihat panorama sekitar pantai dengan leluasa plus penampakan pulau Mandalika di tengah laut. Traveler akan betah berlama-lama berada di pantai ini.

8. Pantai Teluk Awur, Destinasi Alternatif di Pusat Kota yang Punya Hutan Mengrove Menggoda

Pantai Teluk Awur bisa menjadi pilihan tempat wisata lain yang asyik dan lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Traveler hanya butuh berkendara selama 10 menit untuk mencapai ke pantai yang terletak di sebelah selatan pantai Kartini. Banyak wisatawan yang suka pergi ke pantai ini lantaran suasananya yang relatif lebih sepi dan tenang dibanding pantai lainnya di dekat pusat kota.

Pantai Teluk Awur, via instagram
Pantai Teluk Awur, via instagram

Pantai Teluk Awur dikelilingi oleh hutan mangrove yang menjaganya dari abrasi air laut. Hutan ini pula yang berperan dalam menciptakan suasana yang sejuk. Ditambah lagi tidak adanya kapal yang melintasi kawasan ini membuat suasana sekitar menjadi lebih tenang. Air lautnya pun tak kalah jernih sehingga memuaskan traveler yang suka berenang atau snorkelingan.

9. Pantai Tirto Samudro, Pantai Indah Dengan Banyak Nama

Pantai terakhir ini cukup unik sebab memiliki nama alias yang sangat banyak. Dikenal sebagai Pantai Tirto Samudro, di sisi lain juga dikenal dengan nama Pantai Klein Scheveningen bahkan warga setempat malah lebih mengenal pantai tersebut dengan nama Pantai Bandengan.
Pantai Tirto Samudro, via instagram
Pantai Tirto Samudro, via instagram

Letaknya 7 km dari pendopo Kabupaten Jepara, sehingga cukup rekomended untuk dijadikan lokasi wisata keluarga. Pantai ini memiliki air yang jernih dengan pasir putih. Maka setiap traveler yang berkunjung pasti tidak akan tahan dengan godaan pantai ini dan segera ingin menceburkan diri ke laut. Banyak operator wisata yang menawarkan permainan air disana salah satunya adalah banana boat.

Jika dilihat dari peta, kabupaten Jepara masih memiliki puluhan pantai lain yang tak kalah indah. Buat kamu yang ingin merekomendasikan traveler lain untuk berkunjung ke pantai yang belum disebutkan Travelingyuk, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar.

sumber : http://travelingyuk.com

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin