Belalang Goreng Gunungkidul


BELALANG GORENG GUNUNG KIDUL

Tak lengkap rasanya sehabis bermain air di pantai-pantai Gunungkidul , Yogyakarta kalau tidak mencoba belalang goreng . Camilan ekstrem khas Gunungkidul ini memang unik. Belalang yang digoreng memang terasa sangat gurih dan renyah

Camilan belalang goreng ini sudah ada sejak jaman dulu. Camilan ini adalah sebagai bahan pangan alternatif. Meskipun hanya serangga, namun kandungan gizinya tinggi, lho! Menurut Profesor Ahmad Sulaiman di health.kompas.com, belalang merupakan hewan yang punya beragam kandungan nutrisi penting, misalnya protein, vitamin, asam lemak esensial, dan mineral. Menurut pakar ilmu gizi Institut Pertanian Bogor ini, kandungan protein belalang sebanyak 20 persen. Namun pada belalang yang sudah dikeringkan, bisa mencapai 40 persen. Kulitnya juga mengandung kitosan sebagaimana udang.

Namun, menurut beliau lagi, kandungan ini juga sangat tergantung pada jenis belalangnya. Pada musim-musim tertentu ada jenis belalang yang kandungan vitaminnya lebih tinggi. Menurut Profesor Ahmad, belalang juga memenuhi 25-30 persen kebutuhan vitamain A.

Nah, saat ini belalang goreng selain dikemas dalam kemasan yang praktis, ada yang menambahkan rasa pedas, gurih, dan ada yang rasa bacem. Salah satu yang terkenal adalah belalang goreng merek Pak Gareng. Satu toples dijual dengan harga Rp35.000. Sedangkan yang plastikan Rp33.000 per bungkusnya.

Nah, jika anda sedang berada di Yogyakarta dan berwisata ke Gunungkidul, jangan lupa untuk mencoba makan belalang goreng Gunungkidul ini. Mau dicamil atau disantap sebagai lauk nasi, sama-sama renyah, enak, dan sehat. Dan banyak yang bilang kalau rasanya mirip dengan udang, bahkan lebih lezat dari udang!! Yuk, buktikan!!!

Semoga bermanfaat
Dari berbagai sumber
Foto : ensiklopedia Indonesia

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin