Jalur Pendakian Merbabu via Suwanting

PENDAKIAN GUNUNG MERBABU VIA SUWANTING

PENDAKIAN GUNUNG MERBABU
VIA / JALUR SUWANTING
Jalur pendakian gunung merbabu via suwanting memang jarang didengar oleh para pendaki, ya karena jalur pernah ditutup dan dibuka kemnbali oleh warga dan pendakian jalur ini belum lama dibuka pada bulan Maret tahun 2015 ini

untuk dapat kesini dari Jalan magelang cukup ikuti petunjuk ke arah wisata KETEP, dari ketep kita terus sampai kira-kira 7 menit akan ada petunjuk Desa Suwanting petunjuk itu ada di pertigaan kecil di kanan jalan dan kita tinggal ikuti petunjuknya dan sampai lah di basecamp Suwanting ini.

kami mendaki merbabu via Suwanting pada tanggal 30 April - 01 Mei 2015 tiba di basecamp pukul 2.30 siang. Karena di basecamp hujan lebat maka kami putuskan untuk beristirahat. Warga dan Pengurus basecamp disini sangat Ramah dan antusias ketika para pendaki datang, emmmm sungguh pelayanan yang memuaskan dan makan sebelum mendaki, masakan disini pun tak kalah enak dengan yang dikota dan harganya pun sangat murah dan prasmanan

jam 4 sore hujan reda dan kamipun mulai melakukan pendakian,

BASECAMP - POS 1
kami melewati jalan cor selanjutnya kita akan melewati kebun sayuran warga dan selanjutnya kami disuguhi keindahan hutan pinus yang menawan waktu tempuh sekitar 1jam

pemandangan saat melewati perkebunan warga
pos 1

POS 1 - POS 2
masih terdapat hutan pinus di pos ini. Setelah melewati hutan pinus, kami melewati beberapa lembah di tengah perjalanan dan hari mulai gelap dan mulai hujan turun kami pun harus menggunakan mantrol dan jalannya pun licin dan semakin terjal perjalanan sekitar 3 jam

POS 2 - POS 3
di pos ini kami melewati banyak lembah salah satu lembah terakhir adalah lemba Manding disitu dipercayai warga kampung suwanting agar kita mengucapkan salam terlebih dahulu dan dilarang mengeluh saat di lemba manding karena warga percaya jika kita mengeluh disitu juga kita akan semakin sakit atau berat dan kita juga harus have fun dalam perjalanan.

jalan memang terjal saat hujan turun trek yang kami lalui menjadi aliran air hujan dan membuat kami harus ekstra hati-hati karena disini kami sering kali terpeleset jalannya perjalanan sekitar 3 jam an lebih dan menurut kami di antara jalan pos 2 menuju pos 3 jalan yang paling terjal dan licin yang kami lewati.

tanjakan terakhir menuju pos 3

ditanjakan dibawah pos 3 terdapat saluran mata air yang dapat kami pergunakan untuk minum/masak.

TIBA DI POS 3

tiba di pos 3 sekitar pulul 11.30 malam dan untungnya hujan reda dan kami mendirikan tenda

pos 3

POS 3 - PUNCAK
setelah mendirikan tenda dan kami mulai memasak untuk mengisi perut saat akan menuju puncak
jam 4 pagi kami bersiap-siap untuk menuju ke puncak. tepati sangat disayangkan saat kami ke puncak hujan datang disertai badai kecil, dan kami tidak dapat berfoto dipuncak dan kami pun hanya bisa berfoto saat menuruni puncak dan saat hujan mulai reda. total waktu tempuh pos 3 menuju puncak 2 jam.

total waktu mendaki yang ditempuh: dari basecamp menuju pos 3 adalah 8 jam dan pos 3 menuju puncak 2 jam. kami turun dari pos 3 ke basecamp total waktu: 4,5jam
cukup sekian cerita dan pengalam mendaki mount merbabu 3142mdpl via suwanting dari saya kurang lebihnya saya minta maaf, maklum baru pertama buat blog hehe, tunggu cerita saya selanjutnya yaitu ke gunung Prau :) .

Penulis : Yusuf Maulana
DiCopy dari : http://yusuf-mlana.blogspot.com dengan sedikit editan dan penyempurnaan kalimat oleh Editor #Xplore #Wisata