Tanggapan Gempa Seram Bagian Barat Maluku



TANGGAPAN GEMPA SERAM BAGIAN BARAT, MALUKU
5 April 2015 - 5.0 SR

Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempabumi di Baratlaut Saumlaki, Seram Bagian Barat, Maluku berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, dan USGS sebagai berikut:

1. Gempabumi terjadi pada hari minggu tanggal 5 April 2015, pukul 16:47:58 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempabumi berada pada koordinat 1.96° LS dan 128.12° BT, dengan magnitudo 5.0 SR pada kedalaman 28 Km, berjarak 130 Km Baratlaut Seram, Maluku, Maluku. Sedangkan menurut USGS pusat gempabumi berada pada koordinat 2,026o LS dan 128,116o BT dengan magnitudo 4,6 Mw pada kedalaman 48,8 km, berjarak 184 km sebelah Baratlaut Ambon, Maluku

2. Kondisi geologi daerah terkena gempabumi:
Pusat gempabumi berada di laut. Daerah yang terdekat dengan pusat gempabumi yaitu Kepulauan Damar dan Babar, sebagian besar tersusun oleh endapan Aluvium berumur Kuarter, dan endapan sedimen Tersier. Pada daerah yang disusun oleh endapan aluvium, dan endapan sedimen Tersier yang terlapukkan diperkirakan goncangan gempabumi akan lebih kuat karena batuan ini bersifat urai, lepas, belum kompak dan memperkuat efek getaran, sehingga rentan terhadap goncangan gempabumi.

3. Dampak gempabumi:
Sampai tanggapan ini dibuat belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat goncangan gempabumi ini.

4. Penyebab gempabumi:
Berdasarkan kedalaman pusatnya, gempabumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas zona subduksi yang terbentuk akibat tumbukan antara lempeng Australia dengan Busur Kepulauan Damar di laut Banda, Maluku.

5. Rekomendasi:
• Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempabumi dan tsunami.
• Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempabumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.
• Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun pusat gempabumi berada di laut, tetapi diperkirakan tidak terjadi dislokasi dasar laut.

Tanggapan ini dapat diunduh di situs Badan Geologi www.bgl.esdm.go.id

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin