Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Tanggapan Gempa Seram Bagian Barat Maluku



TANGGAPAN GEMPA SERAM BAGIAN BARAT, MALUKU
5 April 2015 - 5.0 SR

Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempabumi di Baratlaut Saumlaki, Seram Bagian Barat, Maluku berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, dan USGS sebagai berikut:

1. Gempabumi terjadi pada hari minggu tanggal 5 April 2015, pukul 16:47:58 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempabumi berada pada koordinat 1.96° LS dan 128.12° BT, dengan magnitudo 5.0 SR pada kedalaman 28 Km, berjarak 130 Km Baratlaut Seram, Maluku, Maluku. Sedangkan menurut USGS pusat gempabumi berada pada koordinat 2,026o LS dan 128,116o BT dengan magnitudo 4,6 Mw pada kedalaman 48,8 km, berjarak 184 km sebelah Baratlaut Ambon, Maluku

2. Kondisi geologi daerah terkena gempabumi:
Pusat gempabumi berada di laut. Daerah yang terdekat dengan pusat gempabumi yaitu Kepulauan Damar dan Babar, sebagian besar tersusun oleh endapan Aluvium berumur Kuarter, dan endapan sedimen Tersier. Pada daerah yang disusun oleh endapan aluvium, dan endapan sedimen Tersier yang terlapukkan diperkirakan goncangan gempabumi akan lebih kuat karena batuan ini bersifat urai, lepas, belum kompak dan memperkuat efek getaran, sehingga rentan terhadap goncangan gempabumi.

3. Dampak gempabumi:
Sampai tanggapan ini dibuat belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat goncangan gempabumi ini.

4. Penyebab gempabumi:
Berdasarkan kedalaman pusatnya, gempabumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas zona subduksi yang terbentuk akibat tumbukan antara lempeng Australia dengan Busur Kepulauan Damar di laut Banda, Maluku.

5. Rekomendasi:
• Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempabumi dan tsunami.
• Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempabumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.
• Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun pusat gempabumi berada di laut, tetapi diperkirakan tidak terjadi dislokasi dasar laut.

Tanggapan ini dapat diunduh di situs Badan Geologi www.bgl.esdm.go.id

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter