Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Kenapa Pendaki Dilarang Sampai Mahameru?


Ada yang Ngeyel : ''Kenapa Pendaki Dilarang Sampai Mahameru?'' Ini Alasannya...

‪#‎PendakiGunung‬

Forumhijau.com (@ForumHijau_ID - Makhluk yang bernama manusia zaman sekarang memang susah diatur dan diingatkan.

Termasuk beberapa oknum Pendaki Gunung yang konon katanya mengaku Pecinta Alam dan mempunyai kode etik serta taat aturan.

Hal itu bisa dilihat dalam contoh saat pemberitaan tentang pembukaan Gunung Semeru, namun Pendaki hanya diizinkan sampai Kalimati.

Ada oknum Pendaki yang berkomentar ''Mending Semeru ditutup terus kalau dilarang sampai Mahameru''.
- Gunung Semeru dibuka 1 Mei :

https://m.facebook.com/ForumHijauIndonesia/photos/a.204880492936389.47449.204876742936764/846074222150343/?

Lantas, apa alasan Pendakian hanya diizinkan sampai Kalimati?

Saat ini, karakter Gunung Semeru mengalami perubahan. Hal itu yang disampaikan pihak vulkanologi dalam koordinasi yang dilakukan bersama BPBD Kabupaten Lumajang.

Gunung dengan ketinggian 3,676 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang semula memiliki tipe volcano lemah, kini menjadi tipe volcano kuat.

Hal ini disampaikan Hendro Wahyono Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang.

Menurut dia, tipe volcano kuat artinya setiap letusan lebih dominan menyemburkan material seperti abu, pasir dan besar kemungkinan berupa bongkahan batu.

"Dan ini sangat rawan sekali bagi siapapun yang beraktivitas di puncak Gunung Semeru. Contohnya bagi aktivitas pendakian. Untuk itu, ketika dilakukan rapat koordinasi menjelang pembukaan jalur pendakian Gunung Semeru dengan pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mendatang, hal ini tentu akan disampaikan pihak vulkanologi dan juga menjadi rekomendasi kami," katanya.

Menurut Hendro Wahyono, sesuai laporan dari petugas vulkanologi di Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumb Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, status gunung tertinggi di Pulau Jawa ini masih tetap waspada pada level II.

"Hingga saat ini belum ada peningkatan status, tetap waspada pada level II. Disarankan bagi penduduk yang bermukim di sekitar DAS aliran sungai Besuk Sat, Besuk Kembar, Besuk Bang dan Besuk Kobokan untuk waspada terhadap bahaya awan panas yang sewaktu-waktu terjadi," kata dia.

Apalagi, secara visual kubah lava di kawah tenggara juga terpantau penuh. Kondisi ini bisa memicu longsor yang mengakibatkan terjangan guguran awan panas.

"Ini sangat berbahaya, terutama bagi jiwa manusia yang beraktivitas di jarak jangkauan luncuran. Apabila ada tekanan dari dalam yang sangat kuat, juga akan memicu terjadinya semburan material pijar yang membahayakan bagi pendaki," kata dia.

Sementara itu, hujan di kawasan puncak Gunung Semeru sejauh ini juga masih terjadi. Termasuk juga, potensi hujan juga merata di lereng Gunung yang berjuluk Mahameru tersebut.

"Sehingga potensi bencananya sebenarnya tidak hanya dari sekunder Semeru saja. juga longsor di sepanjang lereng Semeru. Untuk kepentingan ini, kami terus melakukan pemantauan melalui relawan. Bahkan, TRC (Tim Reaksi Cepat) kami siagakan, dan siap dimobilisasi kapan saja setiap saat," kata dia.

Pengelola BB TNBTS juga memperingatkan, setiap Pendaki yang melakukan Pelanggaran berat seperti diatas akan dikenakan sanksi BLACK LIST masuk ke semu gunung di Indonesia.

[ www.forumhijau.com | FHI/BPBD Lumajang/BBNTBTS ]
Follow us : @ForumHijau_ID

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter