Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Air Terjun Curug Cirajeg



Air Terjun Curug Cirajeg
#Bantu #Share #Biar #Yang #Lain #Tau #Potensi #Alam #Indonesia 



Wisata Alam | Curug Cirajeg, Purabaya, Kab. Sukabumi

Curug Cirajeg|Salah satu objek wisata alam air terjun yang berada di Kab. Sukabumi.
Saya berasal dari sebuah kampung nan jauh di sana. Kampung yang begitu asri, nyaman, dan tentram. Kampung saya bernama Cukang Wiru (skrg: Udug –> namanya lucu ya, artinya…cari di kamus bahasa Sunda deh). Kampung saya ini berada pada wilayah pemerintahan Desa Neglasari Rt 031 Rw 005, Kec. Purabaya, Kab. Sukabumi, 43187 (alamatnya udh lengkap tuh…hehe).

Lalu, mana keterangan yang mengarah ke “Curug Cirajeg”? Sabar atuh…
Sekitar 5 KM ke arah Barat dari kampung saya tadi, ada sebuah bukit yang cukup tinggi, yang hampir dipenuhi oleh pohon karet dan pohon pinus. Sisanya diisi dengan area perkebunan, persawahan, dan tentunya ada sebuah kampung yang bernama Cirajeg. Dari kampung itu pulalah muncul sebutan Curug Cirajeg, karena lokasi kampung yang tidak begitu jauh dari air terjun tersebut. Jadi kurang lebih seperti itu ceritanya.
 
Curug ini pun menjadi salah satu objek wisata yang paling murah (karena ga harus bayar sepeser pun alias gratisss) di kawasan selatan Sukabumi. Curug ini memang tidak dikelola secara resmi, baik oleh pemerintah setempat maupun swasta. Salah satu pertimbangannya mungkin akses jalan yang sulit dilalui oleh kendaraan. Jadi kita kalo mau ke sana harus nikreuh (berjalan kaki menyusuri jalan setapak).
 
Meskipun demikian, banyak orang yang mengunjungi tempat ini, apalagi musim libur ataupun hari raya. Biasanya mereka bergerombol, berpotret ria, bermain gitar, membawa peralatan masak, seperti kastrol (semacam kuali yang digunakan untuk menanak nasi) untuk ngaliwet, biasanya pake ikan asin, sambel, lalapan. Ah nikmatnya…jadi lapar yeuh.
 
Ya, memang seadanya saja, tapi itu bisa membuat mereka sangat bahagia. Mereka tidak perlu pergi berlibur ke tempat yang jauh, berbayar, mahal pula. Di sini mereka tidak mementingkan kuantitas tempat dan biaya yang fantastis, tapi cukup dengan quality time bersama teman, sahabat, dan keluarga yang mereka sayangi. Ah, jadi kangen pengen pulang. Udah dulu ya. Siap-siap mau pulang kampung. Salam.

by: Erka Muhammad (link mati)

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter