Ada Gua Eksotis di Balik Kebun Warga

WISATA KULONPROGO : Ada Gua Eksotis di Balik Kebun Warga

Minggu, 29/3/2015
 
Beberapa pengunjung bermain di sekitar Gua Kebon di Dusun Krembangan VII, Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kamis (26/3/2015). (Harian Jogja/ Holy Kartika N.S) 
Beberapa pengunjung bermain di sekitar Gua Kebon di Dusun Krembangan VII, Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kamis (26/3/2015). (Harian Jogja/ Holy Kartika N.S)
Wisata Kulonprogo menyimpan potensi eksotisme di tempat-tempat tersembunyi

Harianjogja.com, KULONPROGO–Sebuah destinasi wisata yang sangat unik dan eksotis tersembunyi di pekarangan milik warga di Dusun Krembangan VII, Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan.

Sesuai keberadaannya yang  berlokasi di kebon atau pekarangan, objek wisata yang belum banyak dikenal itu kemudian dinamai Gua Kebon.

Pemilik pekarangan, Komarul Hadi mengaku, gua tersebut sudah ada sejak lama dan terbentuk secara alami. Sejak pekarangannya dibersihkan dan beberapa pohon ditebang untuk membuka jalur off road motor trail, penduduk terutama anak-anak muda semakin banyak yang berkunjung.

“Gua ini sudah lama ada, sebetulnya sering juga dikunjungi oleh warga sekitar, untuk sekadar bermain,” ujar Komarul, Kamis (26/3/2015).

Untuk menuju gua ini, perjalanan dari Jogja ditempuh dengan waktu kurang lebih satu jam. Jalan untuk menuju objek wisata ini juga sudah dapat diakses dengan baik.

Hanya saja masih belum memiliki papan penunjuk arah, sehingga cukup sulit untuk mencarinya. Hal ini karena objek wisata tersebut belum dikelola secara profesional.

“Tempat ini cuma untuk main anak-anak di sekitar sini saja. Kadang kalau siang sampai sore kebanyakan anak-anak yang habis pulang sekolah yang main. Tapi akhir-akhir ini banyak orang dari luar kota yang datang, bahkan sampai ada yang berkemah di sini,” kata Komarul.

Gua Kebon ini memiliki kedalaman sekitar tujuh meter. Keindahan gua terlihat dari air terjun yang meluncur deras, seolah memberikan tirai pada mulut gua. Tebing gua yang berbentuk setengah payung ini memiliki ketinggian air terjun sekitar sepuluh meter lebih.

Arbain Ali Muchtar, 16, pengunjung asal Kecamatan Lendah mengaku baru mengetahui keberadaan gua itu dari temannya. “Karena penasaran, akhirnya saya kemari. Ternyata memang benar gua ini sangat bagus, ada air terjunnya juga. Saya tidak menyangka ada gua di balik air terjun ini,” kata Ali.

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin