10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

10 GUNUNG TERTINGGI DI PULAU JAWA

1. Gunung Semeru (Mahameru) 3676 Meter
Gunung Semeru atau dikenal juga sebagai Mahameru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa terletak 7°51’ – 8°11’ LS, 112°47’ – 113°10’ BT dan merupakan salah satu gunung berapi teraktif yang ada di Indonesia. Salah satu keunikan dari gunung ini ialah kawahnya selalu mengeluarkan letupan secara berkala setiap 15 – 20 menit sekali, menimbulkan kepulan asap abu bahkan kadang-kadang bercampur batu kerikil ke udara.jalur pendakiannya yang sering dilalui adalah ranupani

2. Gunung Slamet (3.428 meter)
Gunung Slamet adalah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa. Terdapat empat kawah di puncaknya yang semuanya aktif.jalur pendakiannya adalah bambangan,kali wadas dan batu raden

3.Gunung Sumbing 3.371 meter
Merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Sumbing mempunyai ketinggian setinggi 3.371 meter. Gunung ini terletak di tiga kabupaten yakni kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo .rute pendakian ada 2 yaitu garung dan cepit

4.Gunung Arjuna 3.339 meter
Gunung Arjuno (atau Gunung Arjuna, dalam nama kuna) terletak di Malang, Jawa Timur, bertipe Strato dengan ketinggian 3.339 m dpl dan berada di bawah Pengelolaan Tahura Raden Soeryo. Biasanya gunung ini dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup dikenal yaitu dari Lawang, Tretes dan Batu.Gunung Arjuno dapat didaki dan berbagai arah, arah Utara (Tretes) melalui Gunung Welirang,dan arah Timur (Lawang) dan dari arah Barat (Batu-Selecta), dan arah selatan (Karangploso), juga dari kecamatan Singosari melalui desa Sumberawan. Desa Sumberawan adalah desa pusat kerajinan tangan di kecamatan Singosari, Malang dan merupakan desa terakhir untuk mempersiapkan diri sebelum memulai pendakian.

5.Gunung Raung 3332 meter
Gunung Raung adalah sebuah gunung yang besar dan unik, yang berbeda dari ciri gunung pada umumnva di pulau Jawa ini. Keunikan dari Puncak Gunung Raung adalah kalderanya yang berbentuk elips dengan kedalaman sekitar 500 meter dalamnya, yang selalu berasap dan sering menyemburkan api dan terdapat kerucut setinggi kurang lebih 100m. Gn.Raung termasuk gunung tua dengan kaldera di puncaknya dan dikitari oleh banyak puncak kecil, menjadikan pemandangannya benar-benar menakjubkan.jalur pendakianya kabupaten bondowoso (desa sumber wringin)

6.Gunung Lawu 3.265 meter
Gunung Lawu terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api “istirahat” dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung Lawu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi. jalur pendakian yang terkenal cemoro sewu,cemoro kandang dan candi cetho.

7.Gunung Welirang 3.156 meter
Gunung Welirang (atau Walirang, nama kuna) merupakan sebuah gunung yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. “Welirang” dalam bahasa Jawa berarti belerang. Gunung Welirang mempunyai ketinggian setinggi 3,156 meter dan memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

8. Gunung sindoro 3150 meter
Gunung Sindara, biasa disebut Sindoro, atau juga Sundoro merupakan sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dengan Temanggung sebagai kota terdekat. Gunung Sindara terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing.

Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Sebuah kubah lava kecil menempati puncak gunung berapi. Sejarah letusan Gunung Sindara yang telah terjadi sebagian besar berjenis ringan sampai sedang (letusan freatik).

Hutan di kawasan Gunung Sundoro mempunyai bertipe hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.jalur pendakian kledung dan jalur sigedang tambi

9. Gunung Merbabu 3142 meter
Gunung Merbabu terletak di jawa tengah dengan ketinggian 3.142M dpl pada puncak Kenteng Songo. Gunung Merbabu berasal dari kata “meru” yang berarti gunung dan “babu” yang berarti wanita. Gunung ini dikenal sebagai gunung tidur meskipun sebenarnya memiliki 5 buah kawah: kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo.Terdapat 2 buah puncak yakni puncak Syarif (3119m) dan puncak Kenteng Songo (3142m). Puncak Gn.Merbabu dapat ditempuh dari Cunthel, Thekelan, (Kopeng / Salatiga) Wekas (Kaponan / Magelang) atau dari selo (Boyolali). Perjalanan akan sangat menarik bila Anda berangkat dari jalur Utara (Wekas, Cunthel, Thekelan) turun kembali lewat jalur selatan (Selo).

10.Gunung argopuro 3088 meter
Gunung Argapura merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung ini sering juga disebut dengan Argopuro.

Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.
Gunung ini termasuk bagian dari Pegunungan Iyang yang terletak di kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis/gunung Welirang(topografichen Dienst 1928). Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Argapoera dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi).

Gunung Argapura mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.jalur pendakian bremi

sumber : http://tresnabuana.wordpress.com

10 THE HIGHEST MOUNTAIN IN JAVA

1. Mount Semeru (Pilar) 3676 Meter

Mount Semeru or also known as Pilar is the highest mountain on the island of Java lies 7 ° 51 '- 8 ° 11' South, 112 ° 47 '- 113 ° 10' east longitude and is one of the most active volcanoes in Indonesia. One of the uniqueness of this mountain is always producing explosion crater regularly every 15-20 minutes once, generating a plume of ash even sometimes mixed with gravel to udara.jalur ascent that is often experienced is Ranupani

2. Mount Slamet (3,428 meters)

Gunung Slamet volcano is found in Java, Indonesia. The mountain is located in the border district of Bradford, Banyumas, Indonesia, and New Caledonia, Central Java, and is the highest in Central Java and the second highest in Java. There are four craters at the summit of all aktif.jalur ascent is bambangan, times samaaaa and stone atrium

Cleft 3.Gunung 3,371 meters

There is a mountain on the island of Java, Indonesia. Sumbing have a maximum altitude of 3,371 meters. The mountain is located in three districts, Magelang regency, Waterford and Wonosobo .rute ascent there are 2 of Garung and clamp

Arjuna 4.Gunung 3,339 meters

Mt.Arjuno (or Mount Arjuna, the ancient name) located in Malang, East Java, Strato-type with a height of 3339 m above sea level and is under the management Tahura Raden Soeryo. This mountain is usually achieved from three point climb is well known that from the door, Lotus and Batu.Gunung Arjuno can be climbed and various directions, the North (Lotus) through Mount Sulfur, and the East (doors) and from the West (Mile-Selecta ), and south (Karangploso), also from the district through village SINGOSARI Sumberawan. Sumberawan village is the village craft centers in the district, Malang and is the last village to prepare yourself before you start climbing.

Roared 5.Gunung 3332 meters

Gunung Mulu is a great mountain and unique, different from its umumnva mountain on the island of Java. The uniqueness of Puncak Gunung Mulu is kalderanya elliptical with a depth of about 500 meters deep, which is always smoky and frequent belching fire and there are approximately 100m tall cone. Gn.Raung including old mountain with the caldera at its peak and is surrounded by many small peak, making the landscape is really menakjubkan.jalur pendakianya bondowoso district (village Wringin source)

6.Gunung cradle 3,265 meters

Cradle mountain located on the island of Java, Indonesia, on the border of Central Java and East Java. Status of this mountain is a mountain of fire "resting" and has long been dormant, seen from close vegetation and eroded its peak. On the slopes there are small crater that still emits water vapor (fumaroles) and sulfur (solfatara). Cradle mountain has a forest area and slope Hill, Upper slope forest, montane forest, and forest Ericaceous.Gunung cradle has three peaks, Hargo Dalem, Hargo Dumiling and Hargo Dumilah. The latter is the highest peak. The famous hiking trail thousand fir, fir cage and temples unclear.

Sulfur 7.Gunung 3,156 meters

Sulfur Mountain (or Sulfur, ancient name) is a mountain found in East Java, Indonesia. "Sulfur" in Javanese means sulfur. Sulfur Mountain has an altitude of 3,156 meters high and has a slope hill forest area, forest slope Upper Montane forest, and ericaceous forest or mountain forest.

8. Mount sindoro 3150 meters

Sindara mountain, commonly called Sindoro, or also sundoro is an active volcanic mountain located in Central Java, Indonesia, with Waterford as the nearest town. Sindara mountain located adjacent to Sumbing.

Crater accompanied gap can be found on the northwest side of the mountain to the south, and the largest is called Flowers. A small lava dome occupies the summit of the volcano. History Sindara eruption that has occurred mostly mild to moderate type (phreatic eruptions).

Forests in the region of Mount sundoro have forest type and slope Hill, Upper slope forest, montane forest, and forest or forest Ericaceous gunung.jalur climbing lane Sigedang Kledung and Tambi

9. Mount Jackson 3142 yards

Mount Jackson is located in the center with 3.142M height above sea level at the peak Kenteng Songo. Mount Erebus is derived from the word "Meru" which means mountain and "slaves" which means women. The mountain is a mountain known as sleep though actually owns 5 craters: Condrodimuko crater, crater Sil, drum, fiddle, and split the top Sambernyowo.Terdapat 2 Syarif peak (3119m) and Songo Kenteng peak (3142m). Gn.Merbabu peak can be reached from The End, Thekelan, (Kopeng / Salatiga) Wekas ​​(Kaponan / Detroit) or of cello (Boyolali). The trip will be very interesting when you depart from the North (Wekas, The End, Thekelan) fell back through the south (Selo).

10.Gunung argopuro 3088 meters

Mt.salak There is a mountain on the island of Java, Indonesia. Mt.salak have a maximum altitude of 3,088 meters. The mountain is often called the Argo.

Mt.salak a former volcano is no longer active.
This mountain is part of Krincing located in Probolinggo, East Java. Be in a position between Mount Semeru and Mount Hamilton. There are several peaks belonging to this mountain. Famous peak called Peak Vista / mountain Sulfur (topografichen Dienst 1928). While the highest peak is located at a distance of ± 200 m in the south peak Rengganis. The highest peak is named Argapoera and marked with a pillar height (triangulation).

Mt.salak have Hill slope forest area, forest slope Upper Montane forests, and forest or forest Ericaceous gunung.jalur climbing Besuk

Jadwal OpenTrip XploreAdventure BB 7A722B86 Call. / SMS / WA / Line / WeChat 085643455685: http://www.xplorewisata.com/2015/01/10-gunung-tertinggi-di-pulau-jawa.html#ixzz3O3IvuGft
Follow us: @syarifain_ on Twitter | cikarsya.yogyakarta on Facebook

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin