Tips Mengatasi Hawa Dingin

 

Tips Mengatasi Hawa Dingin Saat Berada Di Gunung

Tips Mengatasi Hawa Dingin Saat Berada Di Gunung.
Beberapa waktu lalu para pecinta alam indonesia mendapat berita duka. Seorang siswi SMA tewas saat mendaki di gunung Gede Jawa Barat. Meninggalnya siswi tersebut akibat tidak kuat melawan suhu dingin pegunungan atau yang dikenal dengan hypothermia. Kemampuan seseorang terhadap hawa dingin memang berbeda-beda. Namun setidaknya dengan memperhatikan tips-tips berikut ini bisa mengurangi resiko terserang hypothermia.
 
1. Membawa pakaian tebal dan sleeping bag
Jaket dan sleeping bag adalah 2 barang yang wajib dibawa ketika akan naik gunung. Kedua barang tersebut untuk menahan suhu dingin masuk ke tubuh. Perlengkapan sperti slayer, kaos tangan dan kaos kaki juga tak kalah pentingnya untuk dibawa. Satu lagi, ketika hiking hindari untuk memakai celana jeans. Celana berbahan jeans jika terkena air akan membutuhkan waktu yang lama untuk kering.
 
 2. Mendirikan tenda di tempat yang tepat
Ketika akan mendirikan tenda untuk beristirahat, perhatikan kondisi di sekitarnya. Usahakanlah mendirikan tenda di tempat yang tidak dilalui angin. Tempat tersebut dapat cari seperti di balik batu yang besar atau juga dibalik pohon-pohon yang kokoh. Dengan demikian sobat akan terhindar suhu dingin yang dibawa angin ketika malam hari.
 
3. Membuat Perapian
Ketika mengalami kedinginan pada malam hari, cepatlah untuk membuat perapian. Carilah ranting-ranting atau pohon yang sudah tumbang. Apabila basah terkena hujan, kupaslah bagian luarnya karena bagian dalam kayu tersebut tetap kering.
 
4. Meminum Minuman Hangat
Minuman hangat seperti Jahe maupun susu sangat efektif untuk menghangatkan tubuh.
 
5. Memanfaatkan suhu tubuh orang lain
Dengan menempelkan tubuh kita ke orang lain, maka panas tubuh akan dapat ditransformasikan. cara yang paling efektif adalah dengan melepas pakaian kemudian saling berpelukan.

Itu tadi kelima cara untuk mengatasi suhu dingin ketika berada di gunung. Semoga dengan memperhatikan beberapa tips tersebut tidak ada lagi korban yang meninggal akibat kedinginan saat berada di gunung.

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin