Porter Suwanting, Porter Merbabu, Akankah Gunung Merbabu Meletus?

Akankah Gunung Merbabu Meletus?

06:44 Posted by ananda beetle 1 comment
 
Senin, 17 Februari 2014. Sekitar pukul 06.00 WIB telah terjadi guncangan dan dentuman keras yang terdengar hingga beberapa kilometer dari Gunung Merbabu. Puluhan rumah di Dusun Krajan, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Ungaran  di dekat kawasan Kopeng rusak. Sebagian warga juga mengaku melihat kilat menyambar-nyambar di puncak gunung.
 

Akankah Gunung Merbabu Meletus?

Sebelum kita membahas lebih jauh mari sedikit berkenalan dengan gunung yang satu ini.
Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato dengan tinggi 3.145 diatas permukaan laut yang terletak secara geografis pada 7,5° LS 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan. Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.
 
Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Juga pada tahun 1570, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut.
 
Gunung Merbabu merupakan gunung api yang masuk kategori tipe B yaitu gunung api yang tidak pernah meletus sejak tahun 1600, tidak pernah tercatat terjadi erupsi magmatic namun masih memperlihatkan gejala kegiatan vulkanik.

Tidak menutup kemungkinan gunung ini akan kembali aktif dan meletus, karena fenomena gunung api kategori tipe B yang kembali meletus sudah terjadi. Seperti gunung Sinabung yang tidak pernah tercatat meletus sejak tahun 1600, tetapi mendadak aktif kembali dengan meletus pada tahun 2010. Letusan terakhir gunung ini terjadi sejak September 2013 dan berlangsung hingga kini.
 
Gunung Sinabung adalah gunung api di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Indonesia. Dengan ketinggian 2.460 meter diatas permukaan laut. Bersebelahan dengan Gunung Sibayak yang juga merupakan gunung berapi aktif di Sumatera Utara.
 

Nah, akankah gunung Merbabu meletus?

Itu semua kehendak Allah Subhanahu wa Ta'alaa yang Maha Mengatur.
Semoga kejadian gempa yang menimpa di lereng gunung merbabu itu hanyalah getaran biasa dan bukan tanda-tanda akan datangnya musibah letusan. Allahuma Amien. 

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin