AMS singkatan dari Accute Mountain Sickness



AMS apakah itu ?

AMS singkatan dari Accute Mountain Sickness

Sebuah kondisi yang sering dialami bila kita melakukan perpindahan tempat ke yang lebih tinggi dalam waktu cepat. Di awali dengan pusing, mual, tidak nafsu makan, sakit kepala pada level yang tinggi hal itu bisa menyebabkan kematian. 

 

Apakah penyebab AMS  ??

Penyebabnya adalah kadar oksigen yang mulai menipis di ketinggian 3.500mdpl ke atas. Dimana paru-paru kita belum menyesuaikan memompa oksigen yang mulai berkurang dan menyebabkan oksigen yang dibawa oleh darah juga ikut berkurang. 

 

Jadi bagaimana mengatasi AMS ??

Setiap orang punya daya tahan tubuh berbeda.maka pada sebuah pendakian gunung tinggi selalu dilakukan AKLIMATISASI.

 

Apa itu Aklimatisasi?

Aklimatisasi adalah melatih paru-paru kita untuk membiasakan diri dengan kondisi setempat, lalu melakukan pendakian pelan ketempat yang lebih tinggi lalu turun kembali ke titik awal sebagai ilustrasi, bila kita berada di ketinggian 4.000 mdpl kita harus tinggal disitu untuk semalam tanpa gerakan ekstrim (rehat), esoknya kita lakukan perjalanan menuju 5.000mdpl dan kita rehat lagi, esoknya kita lakukan pendakian santai ke 5.500mdpl lalu turun lagi ke titik 5.000 MDPL untuk rehat kembali dan seterusnya dan seterusnya. 

 

Istilah AMS atau ACCUTE MOUNTAIN SICKNESS mungkin belum populer di Indonesia dan kasusnya mungkin sangat kecil dan tak tercatat. Tapi bila kita ke jajaran Himalaya atau Gunung tinggi lainnya yang diatas 4.000,MDPL penyakit itu sangat menghantui para pendaki gunung tinggi.

 

Pertolongan pertama adalah meminum obat AMS lalu istirahat total, bila semakin parah lakukan evakuasi dan segera dibawa ke Rumahsakit. AMS itu kasuistis, tergantung dari daya tahan tubuh perorang.

 

Tapi intinya, JANGAN MELAKUKAN PERGERAKAN KE TEMPAT YANG LEBIH TINGGI DENGAN CEPAT.
 

Demikian catatan kami,semoga bermanfaat. 

 

Sumber

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin