Trekking Gunung Semeru, Ring of Fire Indonesia Hidup Berdampingan Dengan Gunung Api

 
Trekking Gunung Semeru, Ring of Fire Indonesia Hidup Berdampingan Dengan Gunung Api
HIDUP BERDAMPINGAN DENGAN GUNUNG API

Hidup berdampingan dengan bencana seakan takdir bagi masyarakat Indonesia. Negeri yang kaya akan sumber daya alam ini berdiri di atas rangkaian Cincin Api Pasifik atau The Pacific Ring of Fire yang melingkar dari Selandia Baru hingga Amerika Selatan. 

Cincin Api ini adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung api yang mengelilingi cekungan Samudera Pasifik.

Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km, dan sering disebut sebagai Sabuk Gempa Pasifik.

Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia karena dikelilingi oleh Cincin Api Pasifik ini. Sekaligus berada di atas tiga tumbukan lempeng benua, yakni, Indo-Australia dari sebelah selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur. 

Kondisi geografis ini di satu sisi menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang rawan bencana letusan gunung api, gempa bumi dan tsunami, namun di sisi lain menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang subur dan kaya secara hayati. 

Ahli vulkanologi Surono atau akrab disapa Mbah Rono, pernah mengatakan, "Indonesia memiliki Gunung Berapi terbanyak di dunia. Mari kita syukuri, mari kita nikmati itu sebagai suatu karunia dari Tuhan Yang Maha.

Hebat. Kita harus mempelajari gunung api agar kita bisa bersikap arif terhadap gunung api. Mari, kita gunakan gunung api sebagai suatu media untuk mawas diri." 

Tak perlu takut, tapi tetap waspada dan siaga..

Sumber Verani Kresnawati

 








Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin