I-News

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jadwal Open Trip dan Private Trip.
Private Trip, Mountain Guide, Porter Gunung, Paket Honeymoon, Study Tour, Family Gathering, Outbond, Outing, dll +62 85 643 455 865 (( WA / SMS / Telp )

Mengenal Carabiner Berikut Ragam Jenisnya

 
Mengenal Carabiner Berikut Ragam Jenisnya

Carabiner mungkin cukup asing ditelinga orang awam. Tapi bagi seorang pendaki, alat ini mungkin cukup terdengar familiar. Alat ini memang cukup umum digunakan untuk kebutuhan aktifitas outdoor seperti untuk rock climbing atau wall climbing.

Namun ternyata tak hanya untuk aktifitas outdoor, alat ini juga banyak dimanfaatkan pada pekerjaan konstruksi. Untuk mengetahui lebih dalam tentang alat ini, mari simak ulasan berikut.

Apa Itu Carabiner?

Carabiner merupakan sebuah alat berbentuk loop logam, untuk pengaman kaitan tali. Umumnya alat ini diaplikasikan untuk aktifitas alam bebas seperti rock climbing, wall climbing, flying fox, dan lain-lain. Namun alat ini juga digunakan pada aktifitas konstruksi biasanya untuk membersihkan kaca jendela gedung atau untuk pengaman saat pembangunan gedung.

Karena kebutuhannya sebagai pengaman, bahan dari alat ini tentu saja haruslah kuat. Alat ini terbuat dari bahan logam alloy. Jenis logam ini cukup ringan, namun kokoh dan kuat.

Karena digunakan untuk pengamanan, kekuatan alat ini harus bisa anda jaga dengan baik. Pastikan anda tidak sembarangan dalam pemakaiannya supaya alat ini bisa tetap kuat dan maksimal saat digunakan. Jangan sering-sering dijatuhkan. Alat ini sangat sensitif dengan goncangan dan juga gesekan. Jika sering dijatuhkan, komponen besi pada alat ini akan mengalami kerusakan dengan cepat dan tidak akan bisa digunakan sebagai pengaman dengan baik.


Jenis Carabiner yang Kami Jual

carabiner

Jika dilihat dari bentuknya, Carabiner terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

carabiner

  • Jenis asimetris.
    Jenis asimetris ini memiliki lengkungan yang tidak sama untuk bagian atas dan bawahnya. Untuk bagian atas, umumnya memiliki lengkungan yang jauh lebih kecil.

  • Jenis oval.
    Jenis ini merupakan jenis yang asli sebelum terjadi berbagai macam modifikasi. Mampu diaplikasikan dalam berbagai kebutuhan. Namun kelemahan jenis ini adalah seringkali terselip pada waktu dikaitkan dengan webbing.

  • Jenis pear.
    Penamaan ini karena bentuknya yang seperti buah pear jika dilihat dari samping. Bagian ujungnya didesain menyempit, dan ujung lainnya didesain melebar. Jenis ini biasanya digunakan sebagai belay. Pada bagian yang melebar biasanya dikaitkan pada figur of eight,

  • Tipe D.
    Jenis tipe D ini memiliki bentuk menyerupai huruf D. Bentuk ini dianggap yang paling kuat daripada bentuk lain, pada bahan dan ukuran sama. Beban akan dialirkan pada sisi lurus jadi titik lemah tidak akan menanggung beban dengan penuh.

Pembagian jenis carabiner juga bisa dilihat dari pilihan bentuk gerbang yang dimilikinya. Berikut pembagiannya:


Tanpa Pengunci

carabiner

  • Bent gerbang. Pada bagian gerbang yang melengkung, memungkinkan untuk bisa kliping. Hal ini akan memudahkan untuk masuk dan juga keluar pada situasi khusus misalnya saat harus menghubungkan tali ke Quick Draw

  • Gerbang lurus. Bagian gerbangnya benar-benar lurus pada titik porosnya hingga ujung. Bentuk ini adalah yang paling umum ditemukan. Pada porosnya terdapat pegas, jadi saat didorong akang terbuka, kemudian otomatis menutup saat dilepas.

  • Gerbang kawat. Jenis ini memiliki gerbang berbentuk kawat.

Dengan Pengunci

carabiner

  • Pengunci pegas. Jenis ini punya lengan keamanan yang harus diputar manual supaya bisa terlepas. Karena mekanismenya kompleks, jenis ini menjadi lebih aman karena tidak mudah terbuka.

  • Pengunci sekrup.
    Penguncinya menggunakan skrup, bisa dilepaskan menggunakan satu tangan

Setelah mengetahui fungsi, jenis dan kegunaan dari carabiner, anda bisa memilih menyesuaikan kebutuhan anda. Anda bisa segera membelinya di toko kami Mega Jaya. Anda tidak perlu khawatir mengenai harga carabiner karena kami mematok harga yang tidak terlalu mahal dan memiliki kualitas terbaik tentunya. Selain itu, dengan berbelanja di megajaya, anda akan mendapatkan pelayanan dan juga kualitas barang terbaik.

PT. Sumber Mega Jaya adalah perusahaan distributor Carabiner. Kami menyediakan produk Carabiner dengan berbagai macam spesifikasi. Pastikan anda menghubungi kami jika ada pertanyaan dan kebutuhan mengenai produk Carabiner. Caranya mudah, silahkan klik tombol di pojok kanan bawah halaman ini untuk berbicara dengan customer service kami.

Sumber https://www.megajaya.co.id/mengenal-carabiner-berikut-ragam-jenisnya/

Posting Komentar

0 Komentar

Pui Pui
Pui Pui