Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip.
Untuk Open Trip silahkan untuk menghubungi
+62 821 383 22722 (( WA Only ))


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Porter Lamuk, Gajah Mungkur Jalur Pendakian Gunung Sumbing


Savana Gunung Sumbing via Lamuk Gajah Mungkur kembaran Jalur Pendakian Bowongso

Porter Lamuk Gajah Mungkur Gunung Sumbing
Jalur Pendakian ke Sumbing Via Desa Lamuk Ditutup 

fathurrohman


Info Jalur Buka Tutup Jalur Pendakian, Porter Guide Pendakian Gunung Indonesia
+62 85 643 455 685 (( WA ))

TEMANGGUNG – Jalur pendakian ke Gunung Sumbing via Desa Lamuk Kecamatan Tlogomulyo ditutup sementara selama cuaca ekstrim terjadi. 

Sebelumnya, pengelola jalur pendakian Gunung Sindoro via Desa/Kecamatan Kledung juga ditutup karena alasan sama.

Kadus Lamuk Legok Desa Legoksari Kecamatan Tlogomulyo, Sutopo mengatakan, selama musim hujan ini sering terjadi cuaca ekstrim yang datang secara tiba-tiba.

“Demi keamanan dan kenyamanan para pendaki, untuk sementara ini jalur pendakian melalui dusunnya ditutup sementara,” katanya, kemarin.

Ia menuturkan, penutupan jalur pendakian ini bukan tanpa alasan, sebelumnya ditemukan ada pendaki yang meninggal dunia di lereng Gunung Sumbing. Pendaki ini meninggal diduga karena tertimpa longsoran tanah saat berteduh.

“Kami tidak ingin kejadian ini terulang kembali, pada saat musim penghujan seperti ini pendakian ke puncak gunung penuh dengan resiko,” katanya.

Wakil Administratur PT Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Kedu Utara Bagas Avianto mengatakan, jalur pendakian Gunung Perahu ditutup mulai awal Januari untuk perbaikan jalur dan penanaman pohon.

“Cuaca ekstrim menjadi pertimbangan pengelola dan Perhutani menutup jalur, ini demi keselamatan pendaki,” tuturnya.

Untuk pembukaan jalur pendakian sendiri lanjutnya, akan disampaikan kemudian. Namun tentu pembukaan setelah dilakukan evaluasi dengan melihat perkembangan cuaca dan keadaan jalur.

“Belum kami tentukan, akan kami evaluasi terlebih dahulu apakah sudah layak untuk pendakian atau belum, terutama cuaca,” katanya.

Kepala Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH ) Temanggung Kuseno mengatakan Perhutani telah mengimbau pada pengelola jalur pendakian untuk dapat memperhatikan kelestarian ekosistem dan perbaikan di jalur pendakian serta keselamatan pendaki di cuaca ekstrim.

“Imbauan itu ada yang menindaklanjuti dengan penutupan, namun yang sangat harus diperhatikan adalah kelestarian ekosistem di sekitar jalur pendakian,” katanya.

Pengelola Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Kecamatan Kledung Temanggung Grasindo, Riyan mengatakan pendakian Gunung Sindoro jalur Kledung ditutup mulai tanggal 6 Januari 2020 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya.

“Penutupan terpaksa dilakukan karena kondisi cuaca yang semakin memburuk yang dapat mengancam keselamatan pengunjung,” ujarnya.

Dikatakan penutupan jalur, juga dimaksudkan untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian dalam upaya menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan, satwa dan ekosistem.

Surat resmi penutupan, dikatakannya, dikeluarkan pada 1 Januari 2020 setelah melakukan rapat koordinasi di sekretariat Grasindo. Surat tersebut bernomor 01/SE/PNT/I/2020. “Kami langsung sosialisasai pada masyarakat, terutama komunitas pencinta alam,” katanya.

(set) fin.co.id/2020/01/06/jalur-pendakian-ke-sumbing-via-desa-lamuk-ditutup/

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter