Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

6 Jalur Pendakian Gunung Lawu, Porter Candi Cetho, Tambak, Jogorogo, Singolangu, Cemoro Sewu, Cemoro Kandang

6 Jalur Pendakian Gunung Lawu, Porter Candi Cetho, Tambak, Jogorogo, Singolangu, Cemoro Sewu, Cemoro Kandang,
Mana Jalur Favoritmu ???


Gunung Lawu merupakan Gunung yang terletak diperbatasan Propinsi Jawa Tengah dan Timur sehingga sangat mudah dikenal. Selain hal tersebut Gunung Lawu merupakan salah satu gunung yang memiliki latar sejarah dan kebudayaan sehingga tidak sedikit orang yang masih melakukan spritual di gunung Lawu.

Gunung Lawu yang sangat sakral ini pun tak pernah sepi karena keindahan alamnya yang luar biasa.
Secara administratif Gunung Lawu terletak di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Magetan dan Ngawi Jawa Timur.

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl yang merupakan puncak ketiga Gunung di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet 3.428 mdpl dan Gunung Sumbing 3.361 mdpl dan juga masuk dalam Seven Summit of Java.

Sebagai gunung yang sangat populer dikalangan pendaki baik pemula maupun senior Gunung Lawu memiliki 6 jalur pendakian, yakni 
  • melalui Magetan yakni, 01. Jalur Cemoro Sewu dan 02. jalur Singolangu
  • melalui Karanganyar yakni, 03. Jalur Cemoro Kandang, 04. Jalur Candi Cetho dan 05. Jalur Tambak
  • melalui Ngawi yakni 06. Jalur Jogorogo

Mana Yang Menjadi Favorit dan Pilihanmu ??
Mari Simak dan Pahami setiap karakter jalur pendakian Gunung Lawu.

Jalur Pendakian Gunung Lawu
  1. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu
    Jalur pendakian Cemoro Sewu merupakan jalur pendakian Gunung Lawu yang sangat populer dikalangan pendaki karena durasi pendakian melalui jalur pendakian ini paling cepat dibandingkan dengan jalur pendakian yang lain.

    Selain hal tersebut jalur pendakian Cemoro Sewu terletak diantara obyek wisata terkenal Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu dan Telaga Sarangan Magetan sehingga memudahkan sarana transportasi untuk menuju basecamp jalur pendakian ini. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah tersedianya warung di beberapa pos sehingga menghemat tenaga untuk mengurangi beban logistik ( bisa belanja di pos pos ).

    Jalur pendakian didominasi oleh batu yang disusun menjadi tangga sehingga sangat nyaman ketika musim penghujan ( tidak terpeleset ) namun kurang nyaman untuk yang mempunyai cidera lutut, kaki, persendian karena benturan sepatu dan pijakan lumayan keras.

    Di jalur ini terdapat Puncak Hargo Dalem yang merupakan pertemuan jalur pendakian via Cemoro Kandang dan juga terdapat warung tertinggi di Indonesia, yakni warung Mbok Yem.

    Durasi pendakian melalui jalur ini sekitar 6-8 jam pendakian.
    Durasi Pendakian Normal : 2 - 3 hari
    Sumber Mata Air : Pos 1, Sendang Drajat
    Camp Ideal : Puncak Hargo Dalem dan sekitarnya.
    Lokasi Basecamp Cemoro Sewu : Jl. Raya Sarangan, Sampe, Ngancar, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

  2. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang
    Jalur pendakian Cemoro Kandang merupakan jalur pendakian Gunung Lawu yang sangat populer dikalangan pendaki karena durasi pendakian melalui jalur pendakian ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan lebih landai.

    Selain hal tersebut jalur pendakian Cemoro Kandang terletak diantara obyek wisata terkenal Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu dan Telaga Sarangan Magetan sehingga memudahkan sarana transportasi untuk menuju basecamp jalur pendakian ini. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah tersedianya warung di beberapa pos sehingga menghemat tenaga untuk mengurangi beban logistik ( bisa belanja di pos pos ).

    Jalur Cemoro Kandang terletak sekitar 1 km dari Jalur Pendakian Cemoro Sewu

    Jalur Cemoro Kandang mempunyai jarak yang lebih panjang dibandingkan dengan jalur pendakian Cemoro Sewu

    Jalur pendakian didominasi oleh tanah liat sehingga sangat nyaman untuk yang mempunyai cidera lutut, kaki, persendian karena elastis namun kurang nyaman ketika musim penghujan ( mudah terpeleset )

    Di jalur ini terdapat Puncak Hargo Dalem yang merupakan pertemuan jalur pendakian via Cemoro Kandang dan juga terdapat warung tertinggi di Indonesia, yakni warung Mbok Yem.

    Pendakian menuju Pos 1, bisa melihat puncak Cokro Suryo yang mengapit Kawah Condrodimuko. Jadi jangan heran kalau bau belerang sering tercium di jalur ini.
    Kalau mau ke kawah, sebelum pos 2 bisa ikuti jalur ke kanan. Dari Pos 5 bisa langsung ke Puncak Hargo Dumilah, Puncak Hargo Puruso atau Puncak Hargo Tulling, Puncak Hargo Dalem maupun pasar Dieng.

    Durasi pendakian melalui jalur ini sekitar 8-10 jam pendakian.
    Durasi Pendakian Normal : 2 - 3 hari
    Sumber Mata Air : Pos 1, Sendang Drajat
    Camp Ideal : Pos 2, Pos 4, Puncak Hargo Dalem dan sekitarnya.
    Lokasi Basecamp Cemoro Kandang : Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792

  3. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Tahura / Candi Sukuh / Tambak
    Jalur Pendakian Tambak Gunung Lawu merupakan jalur pendakian yang belum populer di kalangan pendaki. Jalur pendakian ini berada akan melewati Tahura Mangkunegaran. Jalur pendakian ini akan bertemu dengan jalur Cemoro Kandang dan tinggal mengikuti jalur menuju Puncak Gunung Lawu.

    Jalur ini pernah dibuka dan ditutup setelah kebakaran 2015 sehingga sebagian besar jalur sudah tertutup oleh semak semak. Bagi yang belum terbiasa survive di alam dan tentunya belum mempunyai ilmunya maka kami sarankan untuk melewat jalur pendakian lain yang lebih aman.

    Durasi Pendakian Normal : 2 -3 hari.
    Lokasi Basecamp : Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

  4. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Singolangu
    Jalur pendakian Singolangu Gunung Lawu merupakan jalur yang baru dibuka pertengahan tahun 2019 sehingga jalur pendakian ini masih tergolong sepi dibandingkan dengan jalur yang lain. Selain hal tersebut, jalur pendakian ini termasuk jalur pendakian klasik dan pernah dijadikan jalur spritual pada tahun 1980an.

    Di jalur ini terdapat prasasti peninggalan Prabu Brawijaya V yang merupakan raja terakhir kerajaan Majapahit sehingga selain mendaki melalui jalur ini bisa sekalian napak tilas peninggalan Raja terakhir Majapahit.

    Di Pos 1 Jalur Pendakian ini akan menemukan batu yang pernah digunakan sembahyang Prabu Brawijaya. Di Cemoro Lawang merupakan tempat berkumpulnya Sang Prabu Brawijaya dengan Patihnya,

    Jalur Pendakian Gunung Lawu via Singolangu memiliki jarak tempuh ±8,2 km dan waktu tempuh normal ±8 jam. Ada lima pos yang akan dilalui sebelum sampai puncak

    Durasi Pendakian Normal : 2 -3 hari
    Sumber Mata Air : Pos 2, Sendang Drajat
    Camp Ideal : Pos 4, Hargo Dumilah
    Lokasi Basecamp : Singolangu, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

  5. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho
    Jalur Pendakian Candi Cetho Gunung Lawu merupakan salah satu jalur terfavorit mencapai Puncak Hargo Dumilah Gunung Lawu. Karena melalui jalur pendakian ini kita dapat menikmati bentangan savana Gunung Lawu yang membuat mata terpesona dibandingkan dengan jalur pendakian yang lain.

    Selain hal tersebut jalur pendakian ini terletak di dua obyek wisata Candi Cetho dan Candi Kethek sehingga akan menambah spot foto sebagai koleksi.

    Jalur pendakian Cetho memiliki beberapa sumber mata air, yakni pos 1, pos 3 dan Gupak Menjangan ( tampungan air hujan ). Di Pos 5 ini menjadi pertemuan jalur Jogorogo Ngawi Jawa Timur.

    Mulai dari Pos 5 akan didominasi oleh savana dan hutan pinus sampai Pasar Dieng. Dari Pasar Dieng ke Puncak dan Warung tertinggi di dunia sudah tidak jauh lagi.

    Durasi Pendakian Normal : 2 -3 hari
    Sumber Mata Air : Pos1,  Pos 3, Gupak Menjangan (Musiman), Sendang Drajat.
    Camp Ideal : Pos 3, Pos 5, Bulak Peperangan, Gupak Menjangan, Puncak Hargo Dalem dan sekitarnya.
    Lokasi Basecamp : Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

  6. Jalur Pendakian Gunung Lawu via Jogorogo
    Jalur Pendakian Jogorogo Gunung Lawu merupakan salah satu jalur pendakian yang kurang populer dikalangan pendaki. Jalur ini lebih populer dikalangan spritual yang sedang berburu ilmu sehingga tidak kami rekomendasikan bagi yang ingin mendaki.

    Pendakian melalui jalur Jogorogo  disebut sebagai trek terpanjang Gunung Lawu, hampir 3x lipat jalur via Cemoro Sewu. Pendakian ini hampir semua medannya curam, berupa tanjakan dengan satu aliran sungai kering.

    Durasi Pendakian Normal : 2 -3 hari
    Sumber Mata Air : Setelah Pos 2 Udal-udal, Gupak Menjangan (Musiman).
    Camp Ideal : Pos 5, Gupak Menjangan, Puncak Hargo Dalem dan sekitarnya.
    Lokasi Basecamp : Manyul, Girimulyo, Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur


Gunung Lawu menjadi salah satu gunung primadona untuk warga Jawa Tengah dan Jawa Timur serta seluruh pendaki Indonesia karena karakter yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri. Selain kemudahan dalam mencapai puncak tentunya karena warung serta sejarah dan budayanya.

Hal lain karena di lereng Gunung Lawu terdapat penginapan dan obyek wisata yang sangat banyak sehingga selain mendaki gunung lain dapat melanjutkan aktifitas mengunjungi obyek wisata di sekeliling lereng Gunung Lawu.

Anda membutuhkan navigasi Porter, Guide atau Paket Pendakian Gunung ??
Segera konfirmasi ke admin kami di nomor +62 85 643 455 685

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter