-->

SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Paket Wisata Pendakian, Pilihan Savana dan Sabana Gunung di Indonesia

35+ SAVANA, LEMBAH, & SABANA TERINDAH DI GUNUNG SELURUH INDONESIA


Sabana terindah di gunung ada di mana? Lalu apa bedanya sabana, savana, dan lembah? Nah, kali ini InfoPendaki.com akan membahas mengenai hal itu. 

Indonesia terdiri dari 34 provinsi yang masing-masingnya memiliki gunung tertinggi. Selain itu di Indonesia juga terdiri dari pulau-pulau besar yang masing-masingnya juga memiliki puncak gunung tertinggi.

Dari sekian banyak gunung tersebut, beberapa di antaranya memiliki sebuah spot yang sangat indah yang dijuluki dengan sabana, savana, dan juga lembah.

SABANA

Secara bahasa, sabana dan savana dianggap sama, karena keduanya berasal dari bahasa Indonesia dan Inggris. Namun dalam istilah gunungnya kita bedakan saja. Dalam hal ini, sabana yaitu sebuah padang rumput yang luas yang terletak di atas gunung, dan di kelilingi oleh pepohonan berukuran kecil. Contohnya banyak sekali, misalnya Sabana Gunung Merbabu, Sabana Gunung Semeru, dll.

SAVANA

Hakikatnya sama dengan sabana, sama-sama padang rumput yang luas. Namun istilah untuk pendakian gunung kita bedakan. Savana yaitu sebuah padang rumput luas yang terletak di lereng gunung [[ kaki gunung ]] dan di kelilingi oleh pepohonan lebat baik berukuran besar maupun kecil. Contohnya Savana Bekol di lereng Gunung Baluran.

LEMBAH

Sedangkan untuk lembah, juga hampir sama namun secara umum berbeda dengan sabana dan savana. Lembah yaitu padang rumput yang sangat luas yang terletak di kaki gunung dan tidak terlihat di kelilingi pohon. Biasanya berbentuk perbukitan.

ALUN-ALUN

Alun-alun ini sebenarnya sama hal-nya dengan sabana atau savana, hanya saja lokasinya yang sangat luas dan sering digunakan sebagai tempat untuk berkumpul, atau yang sifatnya seremonial seperti upacara bendera dan sebagainya. Selain itu lokasi alun-alun di gunung biasanya berada tepat sebelum puncak. Contohnya: Alun-alun Surya Kencana di Gunung Gede via Putri.

Nah, sekarang kita sudah tahu perbedaan antara sabana, savana, dan juga lembah. Kali ini InfoPendaki.com akan membahas sabana-sabana atau savana atau lembah, yang terkenal paling indah di seluruh Indonesia. Semuanya dimasukkan dalam satu daftar. Kriteria paling indah tidak bisa diurutkan secara pasti karena penilaian keindahan atau estetika berbeda-beda pada masing-masing orang.

DAFTAR SAVANA, LEMBAH, & SABANA TERINDAH

NO NAMA GUNUNG LOKASI
1 Lembah Ramma Bawakaraeng Sulsel
2 Lembah Ollon Ollon Sulsel
3 Lembah Nona Nona Sulsel
4 Lembah Loe Lompobattang Sulsel
5 Lembah Kawah Wurung Bukit Cincin Jatim
6 Lembah Wanggameti Wanggameti NTT
7 Lembah Fatu Timau Fati Timau NTT
8 Lembah Mutis Mutis NTT
9 Lembah Lakaan Lakaan NTT
10 Lembah Tegal Panjang Papandayan Jabar
11 Lembah Suket Suket Jatim
12 Lembah Tambora Tambora NTB
13 Savana Bekol Baluran Jatim
14 Savana Rinjani Rinjani NTB
15 Savana Bromo Bromo Jatim
16 Savana Pangonan Pangonan Jateng
17 Savana Pakuwaja Pakuwaja Jateng
18 Oro-oro Ombo Semeru Jatim
19 Cikasur Argopuro Jatim
20 Sabana Merbabu Merbabu Jateng
21 Sabana Lincing Arjuno Jatim
22 Sabana Buthak Buthak Jatim
23 Sabana Kemiki Burni Kemiki Aceh
24 Gupak Menjangan Lawu Jateng
25 Sabana Talamau Talamau Sumbar
26 Sabana Leuser Leuser Aceh
27 Sabana Sumbing Sumbing Jateng
28 Sabana Sindoro Sindoro Jateng
29 Sabana Prau Prau Jateng
30 Sabana Penanggungan Penanggungan Jatim
31 Alun-Alun Surya Kencana Gede Pangrango Jabar
32 Alun-Alun Talang Talang Sumbar

1 Lembah Ramma

Sebuah lapangan luas hijau membentang berada di kaki Gunung Bawakaraeng. Lembah tersebut dinamakan Lembah Ramma. Dusun Lembanna di Malino, Kabupaten Gowa, sebagai titik awal menuju Lembah Ramma tersebut. Dusun tersebut juga dijadikan sebagai titik start pendakian menuju Gunung Bawakaraeng. Jika kalian akan mendaki ke Bawakaraeng, kalian bisa menyempatkan diri menikmati Lembah Ramma ini. Lembah ini merupakan salah satu lembah terbaik di Sulawesi. Di dekatnya juga terdapat sebuah danau yang indah, yaitu Danau Ramma.

2 Lembah Ollon

Di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, terdapat sebuah lembah yang sangat indah. Lembah tersebut dinamakan Lembah Ollon. Lembah ini juga terdapat aliran sungai kecil yang di apit oleh bukit-bukit. Kalian bisa mendirinan tenda di tempat tersebut sambil menikmati pemandangan. Lembah Ollon ini sangat terkenal di Sulawesi Selatan. Nama panjangnya yakni Ollon Bonggakaradeng.

3 Lembah Nona

Lembah Nona terletak di Enrekang, Sulsel. Lembah ini hampir mirip dengan Lembah Ollon namun agak berbeda. Lombah Nona berada di antara perbukitan gunung Nona. Dan di tengah-tengahnya terdapat jalan raya Enrekang. Di sini kalian bisa menikmati pemandangan sambil minum kopi dari warung-warung yang ada di pinggir jalan.

4 Lembah Loe

Lembah Loe terletak di kaki Gunung Lompobattang, Sulsel. Lokasinya tepat berada di samping sebuah danau yang indah yaitu Danau Tanralili. Para pendaki gunung Lompobattang bisa menikmati lembah ini sebelum atau sesudah mendaki gunung Lompobattang. Danau Tanralili-nya juga tak kalah eksotis dengan danau-danau di daerah lain.

5 Lembah Kawah Wurung

Kawah Wurung adalah sebuah lembah yang terletak di Bondowoso, Jawa Timur. Lokasinya dekat dengan Gunung Ijen yang terkenal dengan api birunya itu. Lembah Kawah Wurung berupa lapangan rumput yang sangat luas dan terdapat dua gunung kecil yang disebut bukit Cincin. Jika dilihat dari jauh lokasi ini mirip sekali dengan bukit Teletubies di acara televisi. Kawah Wurung juga menjadi salah satu lembah savana terbaik di Pulau Jawa.

6 Lembah Wanggameti

Lembah Wanggameti adalah perbukitan yang sangat luas di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, NTT. Lokasi ini sangat terkenal dengan pemandangan indahnya. Kalian bisa menikmati perbukitan yang sangat indah sejauh mata memandang. Lokasi ini termasuk lembah terbaik di NTT.

7 Lembah Fatu Timau

Lembah Fatu Timau terletak di kaki Gunung Fatu Timau. Kawasan lembah ini menjadi yang terluas di Pulau Timor, NTT. Di tempat ini juga , kita bisa melihat tata surya dari segala penjuru. Hal ini ada kaitannya dengan bidang astronomi. Oleh sebab itu, pemerintah mencanangkan pembangunan pusat observasi Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) di kawasan ini.

8 Lembah Mutis

Lembah Mutis terletak di kaki Gunung Mutis (tertinggi di Pulau Timor). Gunung ini berdekatan dengan Gunung Fatu Timau, oleh sebab itu secara garis besar pemandangannya sama-sama indah. Di Lembah Mutis terkenal dengna populasi pepohonan kayu putihnya.

9 Lembah Lakaan

Lembah ini juga terletak di Pulau Timor, NTT. Berada di kaki Gunung Lakaan. Sepanjang mata memandang yang terlihat hanya lapangan hijau membentang. Dan di kejauhan terlihat Gunung Lakaan menjulang.

10 Lembah Tegal Panjang

Lembah Tegal Panjang berada di kaki Gunung Papandayan, Jawa Barat. Jika kalian pendaki asal Jawa Barat pasti tahu kalau selain Hutan Mati yang berada di gunung, di kaki gunung juga terdapat spot yang sangat indah yaitu Tegal Panjang.

11 Lembah Suket

Gunung Suket berada di dekat Gunung Raung, Jawa Timur. Gunung ini memiliki sebuah lembah yang sangat indah. Jika kalian ingin ke sini, jalur pendakiannya ada di Dusun Sumber Wringin. Gunung Suket ini terbilang masih sangat sepi.

12 Lembah Tambora

Ada sebuah dataran yang sangat luas sepanjang mata memandang hanya terlihat hijau. Lokasinya berada di kaki Gunung Tambora, NTB. Kita tahu bahwa Gunung Tambora adalah gunung dengan sejarah yang panjang. Letusan maha dahsyatnya membuat wilayah di sekitar gunung jarang dihuni penduduk. Alhasil yang terlihat hanya lembah nan luas sejauh mata memandang.

13 Savana Bekol

Savana Bekol terletak di kaki Gunung Baluran. Lokasi ini adalah spot favorit di Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Kawasan konservasi ini memiliki total luas 25.000 hektar yang meliputi padang savana, hutan, gunung, dan juga pantai. Tercatat ada 444 jenis flora, 26 jenis jenis mamalia, dan juga 155 jenis burung.

14 Savana Rinjani

Jika kalian mendaki Gunung Rinjani via Sembalu, kalian akan bertemu dengan padang savana yang sangat luas. Lokasi tersebut masuk dalam jalur pendakian sampai Pos 1 dan Pos 2. Lalu jika kalian melalui jalur Torean (tidak resmi), kalian juga akan bertemu savana yang tidak kalah indahnya.

15 Savana Bromo

Siapa yang tidak kenal Bromo. Gunung wisata teramai di Indonesia. Jika kalian berkeliling kaldera Tengger, kalian akan menemui banyak sekali savana-savana yang sangat indah.

16 Savana Pangonan

Gunung Pangonan terletak di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung ini adalah gunung kecil, mendakinya tidak sulit. Spot utamanya adalah kawah mati yang sangat luas dan membentuk savana yang indah. Kalian bisa mencobanya kalai ke Dieng.

17 Savana Pakuwaja

Lalu ada pula savana Pakuwaja. Lokasinya juga ada di Dieng. Kalian hanya perlu mendaki Gunung Pakuwaja, tidak sulit. Puncaknya ditandai dengan tebing tinggi seperti paku. Nah, di bawahnya ada savana yang indah.

18 Oro-oro Ombo

Kita masuk daftar sabana terindah. Di Gunung Semeru dikenal sebuah tempat yang sangat luas bernama Oro-oro Ombo. Lokasi tersebut akan kita jumpai setelah dari Ranu Kumbolo. Jika musim hujan kita akan menjumpai Oro-oro ombo penuh dengan bunga berwarna ungu. Jika musim kemarau kita akan menjumpai sepanjang mata memandang rumput yang kering namun tetap sangat indah.

19 Cikasur

Cikasur adalah sabana yang sangat luas di Gunung Argopuro. Lokasi tersebut sangat indah menawan apalagi saat matahari tenggelam. Pancaran cahaya matahari membuat tempat tersebut semakin eksotis. Namun, selain indah, Cikasur ini juga menyimpan mitos yang mengerikan.

20 Sabana Merbabu

Jika kalian mendaki Gunung Merbabu via Selo atau Jalur Suwanting, kalian akan bertemu dengan sabana Gunung Merbabu yang sangat indah. Jalur Selo memiliki Sabana I dan Sabana II yang menjadi tempat teramai di Merbabu. Lalu, jalur Suwanting juga memiliki sabana yang hijau sepanjang mata memandang dan sangat indah.

21 Sabana Lincing

Bukit Lincing adalah salah satu spot di jalur pendakian Gunung Arjuno via Lawang. Nah dekat tempat tersebut terdapat sebuah sabana yang tidak kalah indah dengan gunung-gunung lain di Pulau Jawa.

22 Sabana Buthak

Gunung Buthak terletak di Malang, Jawa Timur. Spot paling favorit dari gunung ini adalah sabananya yang sangat indah dan menjadi tempat para pendaki mendirikan tenda.

23 Sabana Kemiki

Di Provinsi Aceh, terdapat sabana yang tidak kalah indah dengan sabana-sabana di Jawa. Yaitu sabana di Gunung Kemiki. Pendakian gunung ini masih sangat sepi sehingga jarang ada pendaki yang ke sini.

24 Gupak Menjangan

Jika kalian mendaki Gunung Lawu via jalur Cetho, kalian akan berjumpa dengan spot sabana Gunung Lawu yang bernama Gupak Menjangan. Lokasi ini menjadi tempat fovorit para pendaki yang mendaki via Cetho.

25 Sabana Talamau

Di Sumatera Barat juga terdapat sabana indah. Yaitu terletak di Puncak Gunung Talamau. Gunung ini memiliki banyak telaga di puncaknya. Dan berdekatan dengan telaga-telaga tersebut juga ada sabana yang sangat indah.

26 Sabana Leuser

Gunung Leuser menjad yang tertinggi di Aceh sekaligus memiliki trek pendakian terpanjang se-Asia Tenggara, juga memiliki sabana yang tak kalah dengan gunung-gunung lain.

27 Sabana Sumbing

Jika kalian mendaki Gunung Sumbing via Jalur Banaran, kalian akan berjumpa dengan Sabana-nya Gunung Sumbing. Lokasinya tak kalah indah dengan sabana Merbabu maupun Lawu.

28 Sabana Sindoro

Di puncak Sindoro kalian juga akan menjumpai sabana yang sangat indah. Lokasinya cukup berangin karena tak ada pepohonan. Namun pemandangannya sangat indah, tak kalah dengan Merbabu dan Lawu.

29 Sabana Prau

Jika mendaki Gunung Prau di Jawa Tengah, coba pergi ke puncak lain. Kalian akan menyusui sabana berbukit-bukit yang sangat indah di Prau. Di sana juga terdapat sebuah tower. Jika kalian mendaki Prau melalui jalur lain dari sisi punggung sebelah barat, maka kalian pasti menjumpai sabana Prau ini.

30 Sabana Penanggungan

Gunung Penanggungan di Jawa Timur juga memiliki sabana yang indah. Lokasinya berada tepat sebelum puncak. Sabana Penanggungan juga menjadi spot para pendaki untuk mendirikan tenda.

31 Alun-Alun Surya Kencana

Alun-alun Surya Kencana bisa kalian jumpai jika mendaki Gunung Gede Pangrango via jalur Putri. Lokasi tersebut adalah lokasi paling favorit para pendaki. Jika kalian lihat dari atas maka akan tampak seperti lapangan yang memanjang. Seperti itulah bentuk Surya Kencana.

32 Alun-Alun Gunung Talang

Tepat sebelum puncak Gunung Talang, Sumatera Barat, terdapat spot paling ramai sekaligus tempat camp, yaitu alun-alun Gunung Talang. Tempat ini menjadi lokasi favorit para pendaki.

Nah, itu dia daftar savana, lembah, & sabana terindah di gunung seluruh Indonesia. Mana favoritmu?

Source ::

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi 085 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia

  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.
Subscribe Our Newsletter