-->

SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Berbagi Tips Melakukan Pendakian di Musim Penghujan


Berbagi Tips Mendaki Gunung Saat Musim Penghujan

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Sayangi diri anda, keluarga anda, rombongan anda dengan membekali diri ketika akan melakukan kegiatan dan aktifitas diluar ruangan, terutama untuk pendakian di musim hujan.Kira-kira apa saja sih yang harus dipersiapkan pendaki bila melakukan pendakian di musim hujan.

Berikut ini adalah tips mendaki gunung saat musim hujan.
Melakukan pendakian gunung saat musim hujan penuh resiko. Mulai dari ancaman hipotermia, sambaran petir, hingga ancaman longsor bisa saja menghampiri para pendaki. Meski begitu, tetap saja banyak pendaki yang melakukan pendakian di tengah musim hujan karena merasa yakin bisa mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terburuk tersebut.

Kira-kira apa saja sih yang harus dipersiapkan pendaki bila melakukan pendakian di musim hujan. Berikut ini adalah tips mendaki gunung saat musim hujan.

Pastikan tubuh fit dan membawa obat-obat
Tubuh fit sebenarnya merupakan syarat mendaki gunung dalam kondisi apapun, baik itu musim panas maupun hujan. Namun untuk musim hujan, perlu penekanan karena air hujan bisa membuat pendaki yang tubuhnya kurang fit, mengalami demam.

Bila sudah demikian, tentu pendakian yang diharapkan jadi ajang untuk menikmati panorama alam maupun bergembira bersama teman-teman, malah menjadi suram. Hal ini diperparah, bila pendaki tidak mebawa bekal obat-obatan. Kondisi tubuh bisa semakin drop bila tak segera diobati.

Bawa jas hujan
Sudah barang tentu jas hujan adalah logistik yang wajib dibawa saat melakukan pendakian di musim hujan. Ini akan membantu pendaki dari basah kuyup, bila tiba-tiba hujan turun. Kondisi basah kuyup dalam perjalanan di gunung tentu sangat bahaya karena dapat memicu terjadinya hipotermia.

Sepatu yang kedap air dan anti-slip
Menggunakan sepatu basah dalam perjalanan tentu tidak nyaman. Apalagi, perjalanannya yang dilalui adalah area pegunungan yang cuacanya dingin. Jadi, mendaki gunung saat musim hujan sebaikanya menggunakan sepatu yang kedap air dan anti-slip. Sehingga saat hujan turun, kaki pendaki tetap nyaman dan tidak khawatir terpeleset.

Cari gunung yang jalurnya tidak ekstrem
Saat musim penghujan, jalur pendakian biasanya licin. Tentu, kondisi tersebut dapat membahayakan pendaki. Karena bisa saja pendaki terpeleset atau pun jatuh. Nah, saat melakukan pendakian di musim hujan, pilihlah gunung yang tracknya tidak ekstrim. Hal ini untuk meminimalisir kecelakaan di perjalanan.

Berdoa dan jangan ragu berbalik arah
Mulailah setiap kegiatan dengan doa, termasuk saat mendaki gunung. Sebagai masyarakat beragama, kita meyakini bahwa segala sesuatu terjadi karena Tuhan, sehingga kita meminta kepada-Nya keselamatan hingga kembali ke rumah. Di samping itu, bila kondisi cuaca maupun track tidak memungkinkan untuk dilalui, sebaiknya berbalik arah turun. Jangan mengikuti ego yang justru dapat mengancam keselamatan.

Source ::
https://pesona.travel

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi 085 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia

  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.
Subscribe Our Newsletter