Paket Latimojong - Pendakian Gunung Latimojong

Porter Latimojong, Guide Latimojong, OpenTrip Latimojong, Jeep Latimojong
Paket Latimojong - Mendaki Gunung Latimojong Puncak Rante mario 3.478 mdpl 

Gunung Latimojong merupakan bagian dari seven summits Indonesia. Gunung ini tidak aktif dan mempunyai banyak puncak dengan Puncak tertingginya yakni Puncak Rante Mario 3.478 mdpl yang juga sebagai Puncak tertinggi Kepulauan Sulawesi. Puncak yang lain diantaranya puncak Buntu Nenemori 3.397 mdpl dan Buntu Ranetekombala 3.087 mdpl.

Pegunungan Latimojong membujur dari Barat ke Timur, dan melintang dari Utara ke Selatan. Untuk menuju gunung latimojong terlebih dulu Kalian harus ke Makasar (Bandara Sultan Hasanuddin bagi kalian yang dari luar sulawesi).

Dari Makassar, Kalian dapat meneruskan perjalanan menuju ke Baraka, Kabupaten Enrekang, dari Makassar menuju  baraka waktu Tempuhnya sekitar 7 Jam perjalanan menuju pasar baraka dan singgah di bascamp pendakian KPA Lembayung.


Dari lokasi tersebut perjalanan akan dilanjutkan menggunakan mobil Jeep Hard top. Mobil Jeep Hard top tersebut adalah transportasi utama Penduduk di kaki pegunungan latimojong untuk menjual segala hasil bumi, seperti kopi, bawang, kentang, salak, dll ketika berlangsung Hari Pasar Baraka yaitu pada hari Senin dan Kamis.

Dari pasar Baraka Jeep aka membawa Kalian menuju Desa terahir Latimojong yaitu dusun karangan, sebuah dusun terakhir sebelum Pendakian ke Pegunungan Latimojong.  Jalur yang dilewati cukup menantang dengan jalan menanjak melewati medan jalan batu dan kadang jalan pengerasan, sepanjang jalan menuju desa karangan kalian akan melewati dusun kecil bernama karuaja dan bulukumba, sepanjang jalan tersebut kita akan melihat dusun-dusun diatas perbukitan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan hingga memasuki Dusun Karangan.

Dusun Karangan sangat asri dengan pemandangan rumah panggung warganya yang berfungsi selain sebagai rumah tinggal, juga menjadi tempat menyimpan hasil pertaniannya. Di dusun ini para penduduknya amat ramah yang kalau Saya lihat Mayoritas memeluk agama Muslim terlihat dengan adanya satu Masjid di dusun tersebut.

Jalur pendakian gunung Latimojng (Puncak Rante Mario) Via Pasar Baraka dusun Karangan

Menuju Pos 1  (Buntu Kaciling)
Jalur pendakian  ke puncak rantemario berupa jalan setapak dan terlihat cukup jelas arahnya. Namun para pendaki harus hati - hati dan waspada, sebab  pendaki sering terkecoh dengan jalur ladang penduduk  yang di awal pendakian yaitu tepatnya di  jembatan pertama . Jembatan kayu tersebut kurang lebih berjarak 250 m dari pos desa Karangan.

Saya dan rombongan waktu itu juga  sempat terkecoh  dan nyasar hingga menghabiskan waktu  untuk turun kembali sekitar 1,5 jam. Beruntung sebelum masuk hutan rombongan Kami bertemu salah seorang penduduk yang mengatakan bahwa jalur Kami salah .

gambar jembatan menuju pos 1 latimojong
klik gambar untuk memperjelas
Jalur pendakian  yang benar adalah belok ke kanan, bukan lurus melewati jembatan kayu tersebut .  

Sebagai catatan Jalur yang lurus ( yang melewati jembatan) adalah jalur penduduk untuk menuju ke ladang, nah sedangkan jalur yang berbelok ke kanan adalah jalur pendakian menuju pos 1. Pendaki sering terkecoh di sini karena Jalur yang tidak melewati jembatan ini lebih sempit dan memang tidak terlalu mirip dengan jalur pendakian namun itu adalah jalur  menuju pos 1 yang benar

Di jalur tersebut kita  berjalan menyusuri kebun-kebun kopi milik para penduduk, medannya terjal berbukit-bukit dan tanahnya becek  hingga sampai  pos 1 yang terletak diatas  hamparan bukit yang indah. Butuh waktu sekitar Butuh waktu 1,5 jam

Menuju Pos 2 ( Gua Sarung Pakpak ) 
Perjalanan dari  Pos 1 jalur yang akan dilewati berupa tanjakan  terjal hingga setelah  hampir mendekati pos 2  jalurnya berganti menjadi tanjakan dan kemudian  turunan. Jalurnya  berupa lereng dan  jurang disebelah kiri , jadi perlu ekstra ke waspadaan.  jalurnya tanah sempit, banyak akar melintang yang  jarang ditemui di gunung-gunung lain.  Apabila hujan, kondisinya makin parah sebab licin. Apabila jalur sudah menurun dan terdengar suara aliran sungai, maka itu artinya pos 2 tidak  jauh lagi.
gambar Menuju Pos 2 ( Gua Sarung Pakpak ) latimoojong

Di pos 2 terdapat  tebing batu yang mirip seperti goa. Di pos 2 ini aliran sungai sangat deras dan ada air terjunya  yang  indah. Di pos 2 ini tempatnya sangat nyaman , namun disarankan jangan berlama – lama dan terlena dengan tempat ini karena perjalanan masih sangat jauh . Pos 1 ke pos 2 sekitar 2,5 jam

Menuju Pos 3  (Lantang Nase)
Dari pos 2 menuju pos 3 dibutuhkan waktu satu jam. Jalurnya 100 persen berupa tanjakan terjal dengan kemiringan lebih dari 60 derajat. Dibeberapa titik mirip dengan tanjakan rante di gunung gede bedanya di sini 100 persen tanah licin. Disini sering disebut sebagai tanjakan terberat pendakian gunung latimojong. Untuk memudahkan melewati jalur ini kadang perlu tali. dibeberapa titik ditanjakan ini ada juluran rotan cukup panjang dan sangat membantu pendaki untuk menaiki tanjakan tersebut.

gambar Menuju Pos 3  (Lantang Nase) latimojong

Meskipun treknya sangat terjal, jalur dari pos 2 menuju pos 3 ini katanya banyak ditumbuhi jenis bunga anggrek hutan. Apabila tanjakan sudah tidak terlalu terjal banget berarti sudah hampir sampai di pos 3. Keadaan Pos 3 tanah datar dan masih bisa menerima sinyal namun hansa Telkomsel.

Menuju Pos 4  (Buntu Lebu)
Jalur ini tidak seekstrem sebelumnya, kemiringan tanah yang dilewati antara 60-70 derajat. Dari pos 3 butuh waktu 1.5 jam untuk dapat mencapai pos 4. Pos 4 berupa tanah datar dan tidka terdapat sumber air .

Menuju Pos 5  / Camp mendirikan tenda (Soloh Tama)
Pos 5 ini tempat yang cocok untuk mendirikan tenda . Terdapar areal yang cukup luas dapat menampung  banyak  tenda. Di pos 5 juga ada sumber  mata air yang dapat ditempuh dengan menuruni  lereng terjal sejauh kurang lebih 200 meter.

Menuju ke Pos 6 


gambar Menuju ke Pos 6 latimojong

Dari pos 5 menuju ke pos 6 jalurnya  masih tanjakan terjal, mirip-mirip dari pos 2 ke pos 3, banyak akar-akar pohon yang dapat digunakan sebagai pegangan. Jarak tempuh dari pos 5 menuju pos 6 sekitar 1 jam. Sebaiknya camp di pos 5 sehingga tidak perlu membawa carrier untuk perjalanan berikutnya.

Menuju Pos 7  (Kolong Buntu)


gambar Menuju Pos 7  (Kolong Buntu) latimojong

Perjalanan dari pos 6 ke pos 7 dapat ditempuh selama 1,5 jam berupa tanjakan tetapi tidak terlalu terjal dan kita dibawa menembus lantai hutan. Pohon cantigi mulai mendominasi pandangan mata di kanan-kiri jalur. Pos 7 tempatnya tidak terlalu luas. Turun sedikit ke arah kiri dari pos 7 ada sungai yang sangat jernih sebagai mata air. Di bawah kolam ada air terjun, didasarnya ada kolam lagi yang cukup dalam dan bisa dipakai buat berenang. Tapi airnya sangat dingin. Semakin mendekati pos 7 vegetasi semakin terbuka dan sinar matahari mulai bisa dirasakan.

Menuju Puncak Rantemario 


gambar Menuju Puncak Rantemario

Selepas dari pos 7 akan langsung di hadapi dengan tanjakan sangat terjal namun selepas itu Kita akan berjalan di areal terbuka dengan rerumputan mirip dengan padang savana, kemudian akan melewati telaga - telaga kecil berkepanjangan, namun telaga tersebut mengering. Di pinggir telaga akan bertemu  pertigaan yaitu jalur ke puncak rantemario dan juga puncak nenemori.

Kalau kita berbelok ke sebelah kanan berarti kita menuju ke puncak nenemori, sedangkan untuk menuju ke arah puncak rantai mario kalian ambil belokan yang sebelah kiri . Dari telaga ini bisa dibilang jalur sudah landai karena tanjakannya sudah tidak terlalu terjal dan suasana puncakpun sudah begitu terasa .

gambar Menuju Puncak Rantemario


Video Pendakian Puncak Rante Mario 3.478 mdpl



Dari telaga ke puncak rante mario membutuhkan  waktu  sekitar 45 menit melawati jalan berbatu dan sesekali melewati areal yang ditumbuhi pohon cantigi. Puncak rante mario di tandai dengan tugu setinggi satu meter sebagai ciri khas puncak Latimojong. Demikian semoga bermanfaat.


Terimakasih telah membaca artikel | Mendaki Gunung Latimojong Puncak Rante mario 3.478 mdpl | Silahkan boleh di Share.

Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin