Porter Raung - Deretan Pegunungan Ijen

Porter Raung - Deretan Pegunungan Ijen
8 Fakta dan Misteri Gunung Raung yang Dipercaya Masyarakat

GUNUNG RAUNG – Selain terdiri dari ribuan pulau, Indonesia juga terdiri dari ribuan pegunungan. Pegunungan tersebut diantaranya adalah gunung mati dan sebagian gunung berapi yang masih aktif. Salah satu gunung berapi aktif itu adalah gunung Raung.

Gunung Raung merupakan gunung berapi kerucut yang terdapat di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Secara letak administratif, lokasi kawasan gunung raung termasuk dalam area wilayah 3 kabupaten di Besuki, Jawa Timur. Lokasi kabupaten yang termasuk didalamnya yaitu Jember, Banyuwangi serta Bondowoso.

Selain menyimpan magma panas, gunung Raung juga menyimpan beberapa fakta dan misteri yang masih dipercaya masyarakat. Beberapa fakta dan misteri tersebut bahkan cukup membuat bulu kuduk merinding. Seperti apa fakta dan misteri tersebut? Berikut diantaranya.

Deretan Anak Pegunungan Ijen

Erupsi-Gunung-Raung-040715-Bcs-3
www.wego.co.id
Secara letak geografis Gunung Raung berada dalam kawasan komplek pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari deretan pegunungan yang ada di sekitarnya.

Jika kita hitung dari titik paling tinggi, Gunung Raung adalah gunung tertinggi nomor 2 di Jawa Timur sesudah Gunung Semeru. Gunung raung juga masuk dalam gunung tertinggi urutan nomor 4 di Pulau Jawa.

Kaldera Gunung Raung juga termasuk dalam kaldera kering yang terbesar di Pulau Jawa dan terbesar nomor 2 di INdonesia sesudah Gunung Tambora yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat.

Gunung raung memiliki empat titik puncak yaitu puncak bendera, puncak 17, puncak tusuk gigi dan puncak yang paling tinggi adalah puncak sejati yang mempunyai ketinggian 3.344 m dpl.

Ada beberapa anak pegunungan Ijen lainnya di Gunung raung yaitu Gunung Suket, Gunung Pendil, Gunung Rante, Gunung Merapi, Gunung Remuk dan juga Kawah Ijen.

Berdasarkan pusat kajian bencana gunung berapi, Gunung Raung sempat mengeluarkan suara gemuruh dan dentuman keras terdengar sampai 20 Km. Bahkan kabar terakhir menyebutkan bahwa kondisi sedang dalam keadaan waspada.


Sumber,
https://satujam.com/gunung-raung/

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin