Porter Merbabu, Tips Manajemen Air Selama Pendakian, Suriv

Porter Merbabu, Tips Manajemen Air Selama Pendakian, Surival

urban.hikers#mountpedia oleh @evitaksm :
.
Seperti yang kita tahu, makhluk hidup bergantung pada air, Sebagian besar tubuh kita (sekitar60-70%) terdiri dari cairan dalam bentuk darah dan yang lainnya (untuk darah 83% nya terdiri atas air, otot 75% nya terdiri dari air, otak 90% nya terdiri dari air, dan tulang sekitar 22% nya terdiri atas air).
.
Semua sel-sel tubuh, organ, dan jaringan tubuh manusia sangat membutuhkan air agar bisa melakukan fungsinya dengan baik.
.
Nah disini saya akan membahas pentingnya manajemen air dalam pendakian:
  1. Pelajari medan dan letak mata air, pentingnya mengetahui medan dan sumber air, dari sini kita dapat mengisi perbekelan air. Seperti halnya di Gunung Semeru kita dapat mengisi perbekalan air di Ranukumbolo. Beda lagi jika kita melakukan pendakian di Gunung Raung yang memang tidak ada sumber air sama sekali di sepanjang jalur pendakian.
  2. Selalu memperhitungkan jumlah anggota dan kebutuhan air per orang.
  3. Membawa makanan yang pengolahannya tidak memerlukan banyak air. (contohnya: roti, biskuit, nugget)
  4. Minumlah secara teratur. Apa yang diminum, tentu saja air putih. Namun dengan berkembangnya teknologi, saat ini banyak berbagai minuman energy. Perlukah meminum energy drink saat mendaki? Jawabannya tidak karena energy drink tidak baik bagi kesehatan.
  5. Pilihan minuman lainnya seperti herbal tea dan coklat susu sangat direkomendasikan. Bagi penggemar kopi, perlu sedikit waspada dengan kafein yang terkandung di dalamnya, karena mengkonsumsi kafein yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping pada kesehatan tubuh, maka dari itu pentingnya membatasi konsumsi kafein.
  6. Jika merasa haus dalam perjalanan minumlah sedikit guna membasahi kerongkongan, jangan dengan cara sekaligus satu botol habis.
.
.
Nah gimana sob, ada tambahan atau koreksi? Ditunggu ya pendapatnya di kolom komentar. Kurang lebihnya semoga dapat bermanfaat. Salam lestari.
.
.
#air #sumberair #kadangdekat #kadangjauh #sepertirindukukepadamu

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin