103+ Wisata Probolinggo Terbaru, Tempat Wisata di Probolinggo, Obyek Wisata di Probolinggo

103+ Wisata Probolinggo Terbaru, Tempat Wisata di Probolinggo, Obyek Wisata di Probolinggo

Porter Merbabu, Porter Slamet, Porter Lawu, Porter Kerinci, Porter Rinjani, Porter Semeru, Porter Latimojong, Porter Raung, Porter Argopuro, Porter Sindoro

tempat wisata di probolinggo jawa timur
foto dari @tajrimintahtihalanhar
Tempat wisata di probolinggo. Kabupaten Probolinggo, Kota yang mempunyai destinasi wisata yang menarik akan anda jumpai di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Probolinggo. Kota ini merupakan kota terbesar ke-4 se-Jawa Timur dilihat dari jumlah penduduknya.

Kota ini terkenal dengan kota Mangga dan Anggur, kota Seribu Taman, karena kota yang hijau dan bersih. Probolinggo adalah kota dengan banyak destinasi wisata yang indah dan menarik untuk di kunjungi.

Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur

Berikut daftar objek wisata probolinggo terbaru yang patut anda kunjungi:

1. Pesona Gunung Bromo

Pesona keindahan gunung ini tiada habisnya. Gunung berapi yang masih aktif ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Mempunyai ketinggian gunung bromo mencapai 2.392 Mdpl.
wisata probolinggo
foto dari @bromo_adventure
Gunung ini juga populer dan favorit di kalangan pendaki bersama gunung Semeru. Termasuk dalam 4 wilayah Kabupaten yaitu Kab Malang, Probolinggo, Lumajang dan Pasuruhan.

Di wisata alam probolinggo ini anda akan melihat panorama alam yang menakjubkan. Dengan hamparan padang pasir seluar 10 Km persegi anda bisa jelajah alam di padang pasir ini.

Kawah bromo sendiri memiliki garis tengah sekitar 800 meter untuk utara ke selatan dan 600 meter untuk barat ke timur. Di gunung bromo setiap tahunnya di adakan acara upacara Yadnya Kasada. Kegiatan ini dilaksanakan oleh masyarakat suku tengger yang ada di sekitar gunung ini. Karena mereka mempercayai bahwa gunung Bromo merupakan Gunung Suci.

2. Puncak B-29 Gunung Bromo

Pemandangan alam yang menarik dan mempesona akan tersaji dari atas Puncak B-29. Wisata destinasi favorit dan populer di kalangan pecinta alam dan pendaki.
puncak b29 bromo
foto dari @akhfany_
Wisata ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. Terkenal dengan keindahan sunrise dan biasa di kenal dengan Negeri atas awan.

Dinamai Puncak B-29 karena puncaknya memiliki ketinggian 2900 Mdpl. Puncak B-29 juga merupakan tempat wisata probolinggo terkenal.

3. Pesona Padang Savana Dan Bukit Teletubies di Gunung Bromo

obyek wisata di probolinggo selanjutnya adalah padang savana dan bukit teletubis yang berada di gunung bromo. Tepatnya berada di selatan gunung Bromo.
tempat wisata probolinggo
foto dari @bromo_adventure
Hamaparan padang rumput ini tumbuh di bukit bukit sehingga menyerupai bukit teletubies yang menakjubkan. Lembah gunung bromo juga di kenal dengan nama Lembah Jemplang. Udara khas pegunungan dan panorama alam yang indah pastinya akan membuat anda betah berlama-lama berada di padang savana ini.

4. Pesona Gunung Argopuro

Merupakan Gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi dan menawarkan keindahan alam yang mempesona. Memiliki ketinggian 3.088 Mdpl dan termasuk dalam koplek pegunungan Hyang yang ada di Probolinggo.
wisata alam probolinggo
foto dari @negararangga
Gunung Argopuro memiliki satu puncak tertinggi yaitu puncak Rengganis. Disini juga terdapat situs bersejarah peninggalan sebuah kerajaan.

Situs tersebut merupakan peninggalan zaman purbakala berupa teras berundak dengan 3 komplek area. tempat ini sangat cocok sekali di jadikan sebagai wisata edukasi di probolinggo.

5. Pantai Bentar yang unik

Obyek wisata pantai di probolinggo ini merupakan destinasi wisata yang cukup populer dan favorit di Probolinggo. Di pantai ini anda bisa melihat Hiu tutul yang biasanya muncul pada bulan Januari hingga Bulan Maret.
foto dari @yogha.satria17
foto dari @yogha.satria17
Anda akan melihat hiu ini dari pantai atau penggunakan teropong aga lebih jelas. Hiu-hiu ini akan berimigrasi ke perairan Indonesia dari Laut Australia karena Kalender Cuaca.

6. Hutan Mangrove Probolinggo

Di Probolinggo juga terdapat hutan Mangrove juga Lho. Lokasinya berbatasan dengan laut lepas.Obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi karena keindahan tempat ini sangat eksotis.
wisata hutan mangrove probolinggo
foto via sarangpenyamun.wrodpress.com
Banyak wisatawan asing dari luar Daerah yang mengunjungi obyek wisata ini. Mereka tidak hanya berwisata saja tetapi melakukan observasi dan penelitian terhadap lingkungan alam.
wisata mangrove bjbr di probolinggo juga merupakan destinasi andalan kota ini.

7. Pulau Gili Ketapang di Probolinggo

Sebuah destinasi wisata probolinggo berupa Pulau yang ada di selat Madura. Berjarak sekitar 8 Km dari pantai Probolinggo. Pulau ini di huni oleh Suku Madura.
wisata pulau gili ketapang probolinggo
foto dari @pulaugiliketapang
Pulau dengan luas 68 Hektar ini menwarkan keindahan alam yang luar biasa. Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan menyebrang dari Pelabuhan Tanjung Tembaga.

Pantai yang indah dengan pemandangan alam yang mempesona, terumbu karang yang cantik. Kita juga bisa olahraga snorkling di tempat ini.

Dulunya pulau ini satu daratan dengan Pulau Jawa. Tetapi pulau ini memisah saat Gunung Semeru meletus yang menyebabkan gempa dahsyat hingga akhirnya pulau ini memisah dari Pulau Jawa.

8. Air Panas Desa Tiris di Probolinggo

Pemandian Air panas ini berada di Desa Tiris. berlokasi di Komleks Danau Ranu Segaran. Berjarak 200 meter, pemandian ini masih alami dan berada di pinggir sungai.
foto dari @iamrosiy
Pemandangan alam yang hijau serta air yang jernih membuat suasana menjadi tenang saat anda berendang di air panas ini. Wisata tiris probolinggo bisa di jadikan sebagai alternatif tempat liburan keluarga.

9. Pesona Air terjun Madakaripura

Wisata ini merupakan air terjun tercantik di Probolinggo. Berada di Kec Lumbang, tepatnya di Taman Nasional Semeru Bromo Tengger.
wisata air terjun probolinggo
foto via bromoexpedition.com
Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang eksotis dengan bentuk air terjun berbentuk Ceruk. Dengan tebing di sekelilingnya membuat pemandangan alam yang tidak akan mengecewakan.

Anda bisa sampai ke tempat ini dengan kendaraan umum dari Probolinggo menuju Tongas.

10. Wisata air terjun Umbulan

Air terjun indah ini memang tak seindah air terjun Madakaripura di Probolinggo. Tetapi keindahannya juga tidak kalah menawan dari air terjun Madakaripura.
wisata air terjun umbulan probolinggo
foto dari @md_setiawan25
Lokasi air terjun ini juga tidak jauh dari lokasi Air terjun Madakaripura. Air terjun ini berada di Desa Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Lokasinya tidak jauh dari kantor Kec Sukapura, jaraknya sekitar 500 meter dari kantor kecamatan.

11. Air Terjun Watu Lawang di Probolinggo

objek wisata probolinggo
foto dari @sinyoureh
Masih banyak air terjun di Probolinggo yang mempesona. Salah satunya air terjun watu lawang ini. Di beri nama watu lawang karena tebing di samping air terjun berbentuk menyerupai lawang/pintu.

Lokasi air terjun ini ada di Desa Ngepung, Kec Sukapura, Kab Probolinggo.

12. Pesona Air terjun Triban

obyek wisata probolinggo
foto dari @lukman.ap
Air terjun alami yang masih perawan dan belum banyak terjamah oleh manusia.
Air terjun Triban ini berada di dekat air terjun Watu Lawang. Lokasinya berada di Desa yang sama yaitu Desa Ngepung.

13. Air Terjun Kedung Amis di Probolinggo

wisata probolinggo jawa timur
foto dari @hafidil
Air terjun yang satu ini tidak kalah cantik dengan air terjun lainnya di Probolinggo. Warga sekitar menamainya dengan nama air terjun Kedung Amis.

Lokasi air terjun ini berdekatan dengan Air terjun Watu Lawang, tepatnya sebelum air terjun Watu Lawang.

14. Air terjun Sumber Pakis ll di Probolinggo

tempat liburan di probolinggo
foto dari @hafidil
Air terjun Sumber Pakis ini masih satu jalur air dengan air terjun watu lawang. Pesona air terjun ini juga tidak kalah menawan dari air terjun air terjun lainnya yang ada di kota Probolinggo.

Air terjun ini Lokasinya masih alami dan berada di Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura,Kabupaten Probolinggo.

15. Pesona Air Terjun Darungan

wsiata air terjun probolinggo
foto dari @kafiaslam
Air terjun yang mempesona ini tidak kalah mempesona dari curug lain yang ada di Probbolinggo. Lokasi air terjun Darungan ini ada di Desa Bremi, Kec Krucil, Kab Probolinggo.

Ketinggian air terjun ini mencapai 15 meter dengan pesona alam yang hijau di sekelilingnya. Apalagi dengan air jernih yang pastinya menyegarkan.
 
16. Air Terjun Kali Pedati di Probolinggo
Wisata air terjun Kali Pedati berketinggian sekitar 20 Meter. Dengan mengeluarkan debit air lebih banyak dari air terjun Darungan.
wisata probolinggo
foto dari @fajar_deone
Letak air terjun ini berada di lereng gunung Argopuro sehingga berhawa sejuk dan menyegarkan. Berada di Desa Kalianan,Kec Krucil, Kab Probolinggo.

Anda bisa mencapai tempat ini dengan menempuh waktu sekitar 90 menit dengan kendaraan bermotor dari Ranu Agung Resort. Setelah itu berjalan kaki selama 1 jam menyusuri sungai pedati yang indah dengan pemandangan tebing-tebing yang mempesona.

17. Arung Jeram di Sungai Pekalen

arung jeram probolinggo
foto dari @yudiechazchuz
Sungai ini hanya berjarak sekitar 25 Km dari pusat Kota Probolinggo. Sungai dengan debit air yang besar serta pemandangan alam yang indah sangat menantang untuk olahraga arung jeram.

Arena arung jeram yang lumayan panjang dengan track rafting sekitar 29 Km sangat seru untuk di coba. Dibagi menjadi 3 zona rafting yaitu sungai Pekalen bagian atas dengan track 12 Km yang menguras adrenaline anda tentunya.

Sungai bagian tengah dengan track 7 km dan sungai pekalen bagian bawah dengan track sepanjang 10 Km dengan 32 jeram yang sangat menantang. Masing-masing zona ini mempunyai ciri khas dan keistimewaan sendiri-sendiri.

Di sepanjang sungai anda akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan seperti Goa kelelawar dan macam satwa liar di sepanjang sungai.

18. Danau Ronggojalu di Probolinggo

Wisata danau ini tidak hanya sebagai obyek wisata saja tetapi menjadi sumber air bagi masyarakat Probolinggo. Lokasinya berada di Kec Tegalsiwalan, Probolinggo.
wisata alam probolinggo
foto dari @dian.putria
Merupakan danau alami yang bisa menampung debit air sekitar 3000 liter setiap hari. Dengan air yang bersih serta melimpah danau ini sangat di manfaatkan oleh masyarakat Probolinggo Khususnya untuk memenuhi kebutuhan air setiap hari.

Danau ini juga menyediakan fasilitas deperti kolam anak-anak, warung jajanan dan penyewaan ban. Danau ini cocok untuk destinasi wisata anda dan keluarga karena suasana yang tenang dan menyegarkan akan anda nikmati di tempat ini.

19. Pesona Danau Agung

objek wisata probolinggo
foto dari @syafiq_id
Ranu Agung ini menawarkan keindahan danau yang luar biasa, terbentuk secara alami dari Gunung Lamongan. Danau ini merupakan destinasi ranu terindah di Probolinggo. Dengan pemandangan alam yang hijau dan menenangkan.

Lokasi danau ini ada di Desa Ranu Agung, Kec Tiris, Probolinggo Jawa Timur. Berjarak sekitar 40 Km dari pusat kota.

20. Ranu segaran di Probolinggo

wisata di probolinggo
foto dari @yosa_andrean
Obyek wisata Ranu segaran ini berada di Desa Segaran, kecamatan Tiris, Probolinggo. Anda bisa sampai ke ranu ini dengan waktu sekitar 30 menit sari kota Probolinggo.

Keindahan pemandangan yang indah dan menenangkan akan tersaji di danau ini. Dengan pemandangan panorama pegunungan yang hijau dan pemandangan ranu serta udara yang segar membuat tempat ini lebih menarik untuk di kunjungi.

21. Danau Taman Hidup di Probolinggo

Lokasi danau ini berada di Lembah Gunung Argopuro. Konon menurut cerita dulunya Dewi rengganis dan dayang-dayangnya mandi di danau ini.
tempat wisata di probolinggo
foto dari @arjuunp
Danau ini sangat populer untuk wisata dan tempat berkemah. Karena lokasinya yang cukup luas. Disini anda bisa melihat hewan liar seperti Lutung merah, burung merak hijau, kijang, lurung jawa dan kancil. Bahkan babi hutan yang berkeliaran bebas.

22. Perkebunan teh Andung Biru di Probolinggo

Kota Probolinggo memang menjadi surga dari wisata. Pasalnya wisata di kota ini komplit sekali.
tempat wisata probolinggo
foto dari @novikresna
Probolinggo juga punya kebun teh lho, yaitu kebun teh andung biru yang letaknya di kec Tiris kab Probolinggo. Perkebunan ini memiliki lahan yang luas dengan pemandangan hijau yang eksotis.

Jadi sayang sekali jika liburan anda di Probolinggo tanpa mengunjungi kebun teh ini.

23. Bukit Bentar di Probolinggo

Panorama alam yang indah akan tersaji di atas Bukit Bentar ini. Bukit ini ramai akan wisatawan yang suka foto-foto, karena pemandangan alam yang indah dan instagramable.
objek wisata di probolinggo
foto dari @chitra.maria
Bukit bentar berada di ketinggian 400 Mdpl sehingga angin di sini sangat menyejukkan. wisata alam ini berlokasi di Desa Curahsawo, Kec Gending, Probolinggo Jawa Timur.

Anda harus berjalan kaki melewati jalan terjal dan menanjak untuk sampai ke puncak bukit ini. Namun semua kelelahan anda akan terbayar lunas saat anda sudah berada di puncak dan melihat panorama alam yang tersaji daripuncak bukit.

24. Candi Jabung Probolinggo

Candi Jabung merupakan destinasi wisata bersejarah peninggalan Hindu zaman Majapahit. Berlokasi di Jabung, Paiton.
obyek wisata di probolinggo
foto dari @devfirda
Di bangun dengan Bata merah tetapi bangunan candi ini masih kokoh berdiri selama Ratusan tahun. Di bangun dengan arsitektur klasik mirip dengan candi bahal di Sumatera.

Candi ini berjarak kurang lebih sekitar 5 Km dari Krasan Probolinggo.

25. Candi Kedaton di Probolinggo

Lokasi candi ini berada di Desa Andungbiru, Kec Tiris, Probolinggo. Tepatnya di Dusun Kedaton , berjarak 60 Km dari Probolinggo ke arah selatan. Bangunan candi ini di buat dari Batu Andesit yang unik.
wisata tiris probolinggo
foto dari @ibent89
Candi ini hanya berbentuk batur yang berupa kaki candi saja. Merupakan candi bercorak Hindu yang mempunyai ukuran 6 Meter persegi.

Di bangun pada tahun 1292 saka atau setara dengan 1370 masehi. Terdapat 33 relief pada kaki candi. Candi ini memiliki relief yang seakan menceritakan kehidupan saat itu.

26. Taman wisata studi lingkungan di Probolinggo

Lokasi taman wisata ini berada di lahan eks Bengkok pemerintahan Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Berada di Kelurahan Mangunharjo Kec Mayangan. Luas wisata ini sekitar 1 Hektar.
wisata edukasi probolinggo
foto via www.visitprobolinggo.com
Ditempat ini ada sekiatar 20 Jenis tanaman yang tumbuh tahunan. Di antaranya ada mengkudu, mahoni, sengon, waru dan lain-lain.

Wisata taman ini juga terdapat bebarapa hewan reptil, aves, mamalia dan tree yang menarik untuk anda lihat.

27. Museum Probolinggo

Lokasi museum ini ada di Jl. Suroyo No.7 Kabupaten Probolinggo. Museum ini sebagai Pusat penyimpanan barang-barang bersejarah.
wisata edukasi di probolinggo
foto dari @idadwicahyani
Sangat menarik untuk di kunjungi sebagai wisata edukasi bagi anak-anak dan pelajar. Museum ini sebagai pusat sejarah dan budaya Kota Probolinggo. Didalamnya tedapat aset peninggalan sejarah zaman penjajahan belanda yang menambah Koleksi barang di Museum ini.

28. Agrowisata Sumberbendo di Probolinggo

Agrowisata ini Fokus terhadap budidaya tanaman Anggur. Lokasinya berada di Desa Sumberbendo, Kec Sumberasih Probolinggo Jawa Timur.
wisata alam di probolinggo
foto via http://wartaagro.com/
Agrowisata ini adalah wisata alam baru di Probolinggo, tetapi sudah banyak wisatwan yang mengunjunginya. Di sini anda tidak hanya bisa melihat pembudidayaan buah Anggur saja. Tersedia fasilitas Bermain untuk anak-anak dan kolam ikan yang berisi ikan mujair.

Selain itu di agrowisata ini juga terdapat kolam renang yang bisa di gunakan untuk menghilangkan stress akan aktivitas.

29. Kolam Renang TRA di Probolinggo

Obyek wisata Kolam renang ini terletak di jalan Hayam Wuruk. Kolam renang ini adalah kolam renang tertua di Kota Probolinggo.

Disini terdapat 2 koalam utama yaitu kolam untuk anak-anak, dan kolam untuk dewasa. kolam yang dimilki juga terbagi atas kedalaman yang berbeda. Sangat cocok untuk berlibur anda dan keluarga.

30. Wisata Hutan Mmangrove BJBR

Hutan mangrove ini berada di pesisir pantai tepatnya di Pelabuhan Mayangan Probolinggo. Wisata ini sedang menjadi trending topic karena keunikannya.
wisata bjbr probolinggo
foto dari @arizblenk
BJBR sendiri adalah singkatan dari Beejay Bakau Resort. Wisata ini resmi di resmikan tahun 2013. jadi termasuk obyek wisata baru di Probolinggo.

Wisata probolinggo bjbr ini berada di sebelah utara alun-alun Kota jadi jaraknya tidak terlalu jauh dan mudah untuk di jangkau.

31. Wisata Air Terjun Kali Pakelan

arung jeram probolinggo
foto dari @yudiechazchuz

Tempat Wisata di Jawa Timur Lainya:

  1. 30 Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur Terbaru
  2. 37 Tempat Wisata di Jember Terbaru dengan Biaya yang Murah Meriah
  3. 29+ Tempat Wisata di Ponorogo Terbaru yang Paling Indah dan Menarik
  4. 16+ Tempat Wisata di Ngawi dan Sekitarnya Paling Terbaru
Demikian pembahasan tentang tempat wisata di probolinggo jawa timur yang bisa di jadikan refrensi berlibur anda. Dengan liburan di probolinggo tentunya anda akan mendapatkan banyak hal yang sangat menarik.
Sumber,
http://tempatwisatakeluarga.com

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

1 Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin