[Berbagi Pengalaman] Pendakian Gunung Binaya (Binaiya), Pulau Seram, Maluku - Bagian 1, Porter Binaiya, Guide Binaiya, Seven Summit

[Berbagi Pengalaman] Pendakian Gunung Binaya (Binaiya), Pulau Seram, Maluku - Bagian 1, Porter Binaiya, Guide Binaiya, Seven Summit

Gunung Binaiya terletak di dalam kawasan Taman Nasional Manusela, Pulau Seram, Provinsi Maluku. Gunung ini merupakan satu dari tujuh puncak (Seven Summit) Indonesia. Karena Gunung Binaiya merupakan Gunung tertinggi di kepulauan Maluku dan sekitarnya. Puncak triangulasi Binaiya memiliki ketinggian 3.027m. Meskipun sebenarnya, ada puncak Binaiya-1 yang lebih tinggi yaitu dengan ketinggian 3.055m. Tetapi puncak ini terlarang bagi pendaki sejak 1993 dengan alasan konservasi.
Puncak Gunung Binaiya, Taman Nasional Manusela
Blog ini mencoba bercerita bagaimana perjalanan kami, bagaimana perjalanan yang ideal, apa saja hal-hal yang menjadi kendala, apa saja hal yang harus dipersiapkan dan pengalaman ataupun hal-hal baru dipendakian Binaiya. 
Perjalanan dari Jakarta Menuju Desa Piliana, Pulau Seram


Bagiku, pendakian Binaiya merupakan pendakian tersulit dari lima pendakian puncak sebelumnya. Ya karena pendakian ini memakan waktu paling lama dengan usaha mencapai titik awal pendakian yang tidak mudah. Transportasi dari Jakarta menuju Desa Piliana pun menggunakan berbagai macam moda transportasi. Dari mulai pesawat, angkot, kapal cepat, angkot kembali, rakit, dan mobil. Perjalanan kami pun memakan waktu sampai 2 hari. Kebayang jauhnya :D
Tetapi setelah dipikir ulang, sebenarnya pendakian ini tidak sulit dan tidak jadi momok bagi banyak orang kalau saja kita mempersiapkan waktu dan logistik dengan baik supaya perjalanan berjalan lancar. Kami menempuh Jalur Selatan melalui Desa Piliana sebagai titik awal pendakian. Karena jalur ini memiliki waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan degan pendakian dari Jalur Utara yang melalui Desa Kanikeh. Kami menghabiskan waktu total 8 hari dari Jakarta sampai dengan kembali lagi ke Jakarta. Berikut akan diceritakan. 
Dari Jakarta, perjalanan pertama ditempuh dengan menggunakan pesawat menuju kota Ambon. Sesampainya di kota ini, lalu kita harus menempuh perjalanan darat menuju Pelabuhan Tulehu di sisi Timur Laut pulau Ambon. Perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan angkot sewaan. Biayanya? Nego saja lah di tempat. Akan lebih baik kalo kamu punya kenalan teman-teman Mapala Ambon dan sekitarnya. 
Peta Pulau Ambon dan Pulau Seram, Provinsi Maluku
Lalu, kita menggunakan kapal cepat menuju Pelabuhan Amahai di kota Masohi, Pulau Seram. Sehari-hari, tersedia dua kapal cepat yang berangkat pukul 09am dan 11am dari Pulau Ambon. Biaya naik kapal cepat ini seharga 125.000 IDR untuk kelas ekonomi. dan 260.000 untuk kelas VIP (dengan full A/C). Tetapi kami berangkat hari Minggu dimana kapal cepat tersebut hanya berangkat 1x yaitu pada pukul 11am. Ini merupakan kendala pertama perjalanan kami yang mengakibatkan perjalanan telat 1 hari. 

Kantor Penjualan Tiket di Pelabuhan Tulehu Pulau Ambon.
Kapal Cepat yang kami naiki hari itu.
Kelas VIP. 
Kapal cepat Pulau Ambon-Pulau Seram ditempuh dalam 2 jam. Kondisi kapal cukup baik dengan beberapa ruangan ber AC. Tetapi ketika hari Minggu, seringkali kapal terisi lebih dari kapasitas penumpang yang ada. Karena hari Minggu kapal hanya berangkat 1x sehingga terjadi penumpukan penumpang. Untuk mencapai perjalanan ideal, usahakan perjalananmu pada hari selain hari Minggu. Karena pada hari biasa, kita bisa mencapai kota Ambon pukul 7 am dan langsung menuju Pelabuhan untuk mengejar kapal cepat yang berangkat pukul 9 am. Dengan demikian, kita bisa sampai di pelabuhan Amahai Kota Masohi, Maluku Tengah sebelum pukul 12 pm,
Kota Masohi

Pelabuhan Amahai di kota masohi menjadi pintu masuk utama Pulau Seram. Mungkin teman-teman akan tertarik kalau dijelaskan bahwa kota Masohi ini juga merupakan titik masuk menuju Pantai Ora yang terkenal itu. Iya.. Ora Beach!!. Bisa dicapai dari kota ini dengan berjalan ke arah Utara membelah pulau Seram.
Kota Masohi juga merupakan pintu masuk menuju Taman Nasional Manusela yang merupakan lokasi gunung Binaiya. Di kota ini terdapat Balai Taman Nasional yang merupakan pengelola utama. Setiap pendaki, Harus melakui proses pendaftaran dan mendapatkan Simaksi (Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi) dari Balai ini. Harga simaksinya sangat terjangkau kok. Tidak lebih dari 25.000 idr/orang. Tetapi pendaki harus menyiapkan surat keterangan sehat dari dokter dan foto copy kartu identitas. Mudah. Sebaiknya para pendaki menghubungi petugas di Balai ini semunggu sebelum hari oendakian. Agar para petugas  bisa membantu menyiapkan administrasi dan surat ijin masuk gunung binaiya. Nantinya, pendaki akan mwndapatkan 3 surat yang ahrus diserahkan ke resort dan balai di Desa Yaputih dan kepada Bapak Raja di Desa Piliana.

Jangan mencoba menghindar dari proses ini ya. Karena kalau tidak ada ijin dan tidak memiliki surat, para pendaki akan diminta turun kembali ke Balai Taman Nasional Manusela di Kota Masohi.
Seperti kami pada saat itu, kurangnya informasi ini membuat kami harus menghabiskan 1 malam menginap di kota ini dan menunggu puskesmas buka di esok hari untuk mendapatkan surat keterangan dokter. Hal ini juga yang mengakibatkan perjalanan kaMi tertunda 1 hari. Tetapi pda sisi lain, kami bisa bertemu dokter PTT memeriksa kamidi puskesmas Letwaru di Kota Masohi.  . Dokter ini mwmiliki paras yang cantik luar biasa Dengan nama belakang Latuconsina. Mungkin masih saudara dengnan Prilly Latuconsina.
Berikut Tips untuk mempercepat proses ini. Dapatkan surat keterangan sehat dari  instansi terkait di kota asalmu. Selanjutnya Kirim e-mail yang berisi attachment surat keterangan dan kartu identitas para pendaki ke Balai Taman Nasional Manusela. Sebaiknya dilakukan seminggu menjelang hari pendakian. Para petugas balai ini sangat kooperatif dan mereka bisa menyiapkan surat ijin segera. 
 
Jadi setibanya kita di pelabuhan Amahai, kita langsung menuju balai ini untuk mengambil surat ijin. Dan langsung berangkat menuju Desa Piliana. Dengan begitu, kita bisa menghemat waktu 3-4jam lebih cepat. Sebaiknya pun kita datang ke balai pda hari kerja. Jika pada hari libur, kita bisa meminta bantuan ke Bang William untuk menyimpan surat ijin di rumahnya supaya kita bisa mengambil surat tersebut langsung.
Perjalanan kota Masohi menuju Desa Piliana dapat ditempuh dengan waktu 2 jam mengendarai mobil sewaan. Banyak yang menawarkan mobil terios ataupun avanza dengan harga sewa 100.000/org untuk membawa kita dari masohi menuju batas sungai Kawanua di desa Tehoru. Mobil tersebut efektif diisi sampai dengan 8 pendaki. Atau, kita bisa menyewa angkot yang bisa diisi sampai dengan 12 orang. 


Sungai Kawanua, Kecamatan Tehoru, Pulau Seram

Biasanya, sungai ini akan menjadi penghambat bagi mobil yang ingin menyeberang ke Desa Piliana. Sungai ini terletak setelah kita melewati Kecamatan Tehoru. Tidak ada jembatan yang bisa dilintasi mobil. Kalau mobilmu tinggi, misal menggunakan truk pasir, kamu bisa menyeberangi sungai dengan mudah. Tetapi kalau dengan mobil MVP atau angkot, lebih baik kita berhenti di sungai ini saja. Kemudian kita naik rakit dengan biaya 10.000 IDR/orang. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan mobil sewaan kembali.Harga sewa mobil dari sungai ini menuju Desa Piliana sebesar 50.000 IDR/orang. Ataupun, kita bisa menyewa 1 mobil MVP yang bisa diisi hingga 8 orang seharga 350.000 IDR/mobil.

Begini suasana di sisi sungai tersebut. Kami menunggu cukup lama dan menimbang apakah angkot yang kami sewa bisa dan berani menyeberangi sungai. Sementara menuggu, kami mengamatiada salah satu mobil MVP yang menyeberangi sungai ini dengan sukses.

Setelah sang supir angkot tidak menyanggupi permintaan tersebut, akhirnya kami memutuskan menggunakan rakit dan melanjutkan perjalanan ke Desa Piliana dengan mobil lain. Video selanjutnya menunjukkan suasana saat kami menyeberangi sungai.

Tips: jangan terlalu lama menunggu di titik ini. Kalaupun kita tidak bisa menyeberang sungai dengan mobil sewaan, segera turun. Kemudian kita bisa naik rakit, dan menyambung perjalanan kembali dengan menggunakan mobil sewaan yang berbeda.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Piliana. Kita akan melewati beberapa jalan yang rusak dan genangan air setinggi betis orang dewasa, Kemudian melalui Desa Yaputih dan kita harus menitipkan Surat Simaksi kepada Resort Balai Taman Nasional manusela di Desa ini. Setelah melewati Desa Yaputih, mobil akan menempuh jalan kecil yang sepi dengan kontur curam. Kemudian kita akan sampai di Desa Piliana setelah berkendara sekitar 20 menit.


Batas Desa Piliana yang tidak bisa dilalui mobil.
Desa Piliana.

Desa ini menjadi titik awal pendakian #gunung #binaiya dari jalur Selatan. Menurut salah satu blog, ketinggiannya sekitar 1.200m di atas permukaan laut. Kalau perjalanan ideal dari bandara Ambon, kita bisa sampai desa ini pada sore hari dengan berkendara sakitar 7 jam. Kemudian pada pendaki diwajibkan lapor ke Bapak Raja sebagai Kepala desa dan menyerahkan simaksi pendakian Binaiya.
Tiba di Rumah Bapak Raja.
Proses klarifikasi oleh Bapak Raja. Untuk menghitung jumlah pendaki sesuai dengan
Surat Pengantar dari Balai Taman Nasional Manusela
Acaa ramah tamah setelah jamuan makan malam.
Balai Desa sebagai tempat tidur kami malam itu.
Bapak Adat bersiap memimpin proses adat untuk pendakian gunung Binaiya.
 Kita bisa beristirahat dan menyiapkan pendakian esok hari di sini. Sorenya, kita juga bisa mandi dengan air melimpah, sebelum kesusahan air selama di atas gunung. Kami diberikan tempat tidur di Balai Desa. Meski tidurnya di lantai beton, tetapi lumayan untuk meluruskan badan. Malam itu juga kami melalui proses upacara adat untuk berdoa agar diberikan kesehatan dan keselamatan selama mendaki. Upacara ini dipimpin oleh Bapak Adat dan berlangsung di Rumah Adat.  
Kita dapat menyewa jasa porter di Desa ini. Utarakan (bukan Uttaran) ke Bapak Raja. Harga sewa jasa porter per hari adalah 150.000 IDR. Oh ya jangan lupa, sampaikan hal ini pada malam hari. Dan pesan kepada Bapak Raja agar sang porter sudah siap menemani di pagi hari ketika kita siap mendaki.
Sepulang pendakian, kita juga bisa menginap lagi di desa ini. Sambil membersihkan badan dan peralatan. Apabila sedikit Bermodalkan senyum dan obrolan, kita bisa menumpang tidur di rumah penduduk. Seperti yang kami lakukan ketika itu. Dengan beralasan menumpang solat dan membeli mie rebus di warung setempat, pemilik warung menawarkan rumahnya sebagai tempat kami tidur. Lumayan, berada dalam rumah mengurangi tingkat dingin suhu di desa ini.

Kita bisa lihat kan, pendakian gunung Binaiya ini sungguh menarik dan banyak hal baru. Transportasi menuju ke Gunung ini saja sudah sangat bervariasi. Belum lagi trek di atas gunungnya. Menarik. Kalau kita tidak bisa mengatur waktu dan logistik, niscaya pendakian akan tidak lancar dan akan berlangsung lebih lama dari jadwal yang sudah disusun.
Nanti di bagian kedua, penulis akan menceritakan mengenai kondisi jalur pendakian dan hal-hal baru yang menjadi pengalaman kami selama mendaki.

Berikut saya ringkas biaya transportasi dan persyaratan menuju gunung Binaiya dengan asumsi jumlah pendaki 7 orang.
Bandara Pattimura - Pelabuhan Tulehu: naik Angkot. Per orang seharga 20.000 IDR.
Pelabuhan Tulehu - Pelabuhan Amahai: Kapal Cepat. Per orang seharga 125.000 IDR.
Pelabuhan Amahai - Kota Masohi - Desa Tehoru - Sungai Kawanua: Mobil sewa (avansa atau Terios). Per orang seharga 100.000 IDR.
Simaksi Binaiya: 25.000 IDR
Penyeberangan Sungai Kawanua: Rakit. Per orang seharga 10.000 IDR
Kendaraan dari Sungai Kawanua -  Desa Piliana: Mobil sewa (avanza atau Terios). Per orang seharga 50.000 IDR.

Happy Hiking yaaa!!!


bersambung: cerita pendakian
 
Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

1 Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

  1. Apa ada no wa orang di daerah gunung binaia yang bisa saya hubungi menanyakan secara l3bih lanjut??

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin