Porter Gunung Penanggungan, Gunung Penanggungan, Guide Gunung Penanggungan, Paket Wisata Gunung Penanggungan, Informasi Buka Tutup Jalur Pendakian Penanggungan

Porter Gunung Penanggungan, Gunung Penanggungan, Guide Gunung Penanggungan, Paket Wisata Gunung Penanggungan, Informasi Buka Tutup Jalur Pendakian Penanggungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 
Gunung Penanggungan
Arjuno Welirang Penanggungan from Sidoarjo.jpg
Kompleks pegunungan Arjuno-Welirang dan Penanggungan dari arah Sidoarjo. Gunung Penanggungan terletak paling kanan.
Ketinggian 1.653 m (5.423 kaki)
Lokasi
Letak Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Koordinat 7,615°LS 112,62°BT
Geologi
Jenis Stratovolcano
Gunung Penanggungan (dahulu bernama Gunung Pawitra) (1.653 m dpl) adalah gunung berapi kerucut (istirahat) yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Posisinya berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Mojokerto (sisi barat) dan Kabupaten Pasuruan (sisi timur), berjarak kurang lebih 55 km dari Surabaya. Gunung Penanggungan merupakan gunung kecil yang berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang jauh lebih besar. Gunung Penanggungan sering disebut sebagai miniatur dari Gunung Semeru, karena hamparan puncaknya yang sama-sama terdapat pasir dan batuan yang luas. Menurut kepercayaan Jawa Kuno, Gunung Penanggungan merupakan salah satu bagian puncak Mahameru yang dipindahkan oleh penguasa alam. Penanggungan merupakan salah satu gunung suci dari sembilan gunung suci di Jawa.

Dilihat dari sisi sejarah, gunung ini memiliki nilai yang penting. Di sekujur lereng gunung ini ditemui berbagai peninggalan purbakala, baik candi, pertapaan, maupun petirtaan dari periode Hindu-Buddha di Jawa Timur. Berdasarkan studi selama dua tahun (2012-2014) ditemukan 116 situs percandian atau objek kepurbakalaan, mulai dari kaki sampai mendekati puncak gunung[1]. Beberapa struktur yang ditemukan adalah Gapura Jedong (926 Masehi), Petirtaan Jalatunda (abad ke-10), Petirtaan Belahan, Candi Kendalisodo, Candi Merak, Candi Yudha, Candi Pandawa, dan Candi Selokelir. Selain bangunan Hindu, ditemukan pula punden berundak dan tempat pertapaan. Candi-candi di Gunung Penanggungan memiliki gaya yang unik, yaitu bangunannya menempel pada dinding gunung/lereng, tidak berdiri sendiri.

Vegetasi yang menutupnya merupakan kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Daftar isi

Rute Pendakian

Selain sebagai kawasan sejarah dan ziarah, gunung berapi ini juga merupakan sasaran pendakian. Dikarenakan tingginya yang relatif lebih rendah daripada gunung lain disekitarnya, gunung ini cocok untuk dijadikan media pemanasan atau sekadar berlibur. Ada banyak jalur pendakian yang umum digunakan, yaitu jalur:

Betro, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol

Jalur ini dimulai dari arah utara Gunung Penanggungan di desa Wonosunyo. dari sini kita bisa melihat salah satu peninggalan masa lalu, yaitu candi Belahan atau Candi Sumber Tetek.

Kecamatan Trawas
Bila dari Trawas akan banyak pilhan jalur:
  1. LMDH Tamiajeng, Desa Tamiajeng Kecamatan Trawas Jalur pendakian Tamiajeng merupakan jalur yang paling ramai dilalui. Sehingga jalannya pun sudah kelihatan jalan setapak yang sering dipakai mondar-mandir. Dalam jalur ini terdapat 4 pos yang berada di bawah puncak bayangan.
  2. Petirtaan Jalatunda Desa Seloliman, Kecamatan Trawas Pendakian melalui jalur ini bermula dari Petirtaan Jalatunda Desa Seloliman.
  3. Desa Balekambang
  4. Desa Kedungudi

Kecamatan Ngoro[2]

Jalur Jolotundo dimulai dari sebelah kiri dari gerbang pertirtaan Jolotundo desa Seloliman, yang akan mengarahkan pada kawasan hutan dengan melintasi candi bayi, candi putri, candi pura, candi gentong, dan candi sinta dan berlanjut pada punggungan gunung Penanggungan sampai dengan kawasan puncak sisi Utara

Galeri

Rujukan

  1. ^ Utomo, YW. Ditemukan 116 Situs di Gunung Penanggungan.. Kompas Daring. Edisi Kamis, 16 Januari 2014. Diakses 16 Oktober 2014.
  2. ^ Ishomuddin. Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Ditutup. Tempo Daring. Edisi Selasa, 21 Oktober 2014. Diakses 11 November 2014.

Lihat pula


Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang #cartensz piramid, #trekkingcartensz #cartenz murah #sevensummit

4 Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

  1. berapa harga untuk 2pax via candi jolotundo dan finish di ngoro?

    BalasHapus
  2. Mohon infokan nomer WA nya agar segera di hubungi oleh tim kami

    Bisa langsung hubungi admin kami di nomor 085643455685

    BalasHapus
  3. Minta info tour guide merangkap Potter dunk untuk ke gunung petanggungan

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin