Jadwal Terencana Open Trip dan Private Trip


SALAM PETUALANGAN !!!

Apabila membutuhkan bantuan informasi, konsultasi, reservasi segera hubungi +62 85 643 455 685 [[ Syarif ]] melalui WhatApp. Pesan anda akan kami respon dengan respon terbaik kami !!!

Wisata Belitung, 11 Tempat Wisata di Belitung Yang Sebaiknya Dikunjungi, Guide Belitung, Pemandu Wisata Belitung, Porter Kerinci

Wisata Belitung, 11 Tempat Wisata di Belitung Yang Sebaiknya Dikunjungi, Guide Belitung, Pemandu Wisata Belitung, Porter Kerinci

Indonesia, sebuah negara yang wilayahnya besar, lebih besar dari negara- negara yang besar namanya namun kecil wilayahnya. Indonesia adalah negara kepulauan yang membentang luas dari ujun barat hingga ujung timur. Indonesia ini memiliki lebih dari 17.000 pulau baik yang besar-besar maupun yang kecil, hingga sangat kecil. Memang tidak semua pulau di Indonesia mempunyai penghuni, masih sangat banya pulau yang tidak dihuni, terlebih bagi pulau-pulau yang kecil.


Pulau-pulau di Indonesia yang luas daratannya adalah pulau Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Papua, dan Jawa. Ya, hanya lima pulau di Indonesia yang berukuran besar. Namun, masih banyak pulau- pulau yang berukuran sedang seperti Bali dan Nusa Tenggara. Belum lagi kepulauan, kepulauan di Indonesia juga berjumlah banyak. Terdiri dari serangkaian pulau- pulau sedang hingga kecil, sehingga akan terlihat indah. Kita tidak akan bisa menyebutkan satu persatu pulau di Indonesia. Inilah salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia, pulau.

Berbicara mengenai wilayah Indonesia yang mempunyai banyak pulau ini, tidak salahnya jika kita eksplor secara detail salah satu wilayah atau pulaunya. Salah satu wilayah atau pulau yang patut untuk kita eksplor adalah Kepulauan Bangka Belitung. Bangka Belitung adalah sebuah wilayah yang masih khas dengan budayanya. Ragam suku yang tinggal di Bangka Belitung ini bermacam- macam sehingga akan menambah keanekaragaman yang indah yang dimiliki pulau ini. (baca juga: pantai-pantai yang ada di bangka belitung).

Budaya kedaerahannya yang masih sangat kental sehingga semakin mengenal bumi pertiwi Indonesia. Kekayaan laut atau baharinya yang sudah terkenal sejak zaman dahulu, serta keindahan alamnya memang pantas untuk dibicarkan. Serta masyarakatnya yang masih masyrakat tradisional, sehingga semakin terasa nyaman dan akrab dengan tanah air Indonesia.

Bangka Belitung

Bangka Belitung, merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang berbentuk kepulauan. Bangka Belitung meprupakan provisnsi yang belum terlalu lama di Indonesia, provinsi ini baru disahkan pemerintah pada tanggal 9 Februari 2001. Sebelumnay provinsi Bangka Belitung ini menyatu dengan Provinsi Sumatera Selatan, dan menjadi provinsi sendiri bersamaan dengan Banten dan juga Gorontalo yakni pada tahun 2000.

Bangka Belitung ini merupakan sebuah provinsi yang terdiri dari dua pulau besar dan menjadi pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Juga Pulau Belitung. Selain dua pulau utama tersebut, Bangka Belitung juga mempunyai pulau- pulau kecil lainnya, seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok, Pulau Mendanau, dan Pulau Selat Nasik. Banyak sekali pulau yang ada di Bangka Belitung ini.

Total pulau yang ada di Bangka Belitung ini yang telah diberi nama ada 470 buah. Sedangkan yang dihuni oleh manusia barulah 50 pulau. Dapat kita hitung sendiri berapa pulau saja yang tidak berpenghuni. Tentunya akan sangat banyak sekali, yaitu sekitar 420 pulau. Bangka belitung ini terletak di sebelah timur pulau Sumatera dan dekat dengan provinsi Sumatera Selatan. Selain itu, Bangka Belitung ini juga dikenal salah satu wilayah Indonesia yang menghasilkan timah. Bangka Belitung mempunyai ibukota di Pangkalpinang.

Keadaan Alam di Bangka Belitung

Indonesia ini merupakan negara yang dilalui oleh garis Khatulistiwa, sehingga iklim yang ada di Indoneisa adalah iklim tropis. Indonesia hanya memiliki dua musim saja, yaitu musim kemarau dan juga musim penghujan. Begitu pula iklim di kepualauan Bangka Belitung. Iklim tropis di Bangka Belitung ini dipengaruhi oleh angin musim yang menyebabkan adanya musim penghujan selama tujuh bulan sepanjang tahun, dan musim kemarau selama lima bulan terus menerus.

Sementara itu tentang keadaan geografis di Bangka Belitung, provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini di sisi sebelah utara berbatasan dengan Laut Natuna, sebelah timur berbatasan dengan Selat Karimata, Sebelah barat berbatasan dengan Selat Bangka, dan sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa. Sehingga bisa dibayangkan sendiri berapa banyak pantai yang dimiliki oleh Bangka Beliting ini. Dan untuk keadaan alam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini sebagian besar wilayahnya merupakan daerah dataran tinggi, lembah dan sebagian kelcil lainnya adalah pegunungan dan juga perbukitan.

Ketinggian daerah di Bangka Belitung ini bermacam- macam. Untuk daerah dataran rendahnya, rata- rata mempunyai ketinggian 50 meter diatas permukaan air laut. Sedangkan untuk daerah dataran tinggi ataupun pegunungan dan perbukitan, ketinggiannya bisa bermacam- macam. Dan yang paling tinggi adalah Gunung Maras yang mempunyai ketinggian mencapai 699 meter.

Flora dan Fauna di Bangka Belitung

Kepulauan Bnagka Belitung ini merupakan provinsi yang kaya akan berbagai kekayaan alam. Bukan hanya keadaan alam atau wilayahnya, namun juga hewan dan tumbuhan atau flora dan fauna yang dimilikinya.
  • Flora berbagai jeni Kayu
Bangka Belitung ini ditumbuhi berbagai macam jenis kayu yang kualitasnya dapat diadu hingga ke mancanegara. Kayu- kayu tersebut antara lain adalah kayu Pelawan, Kayu Meranti, Kayu Ramin, Kayu Mambalong, kayu Mandaru, kayu Bulin, dan kayu Kerengas. Selain beberapa kayu tersebut, ada pula tanaman hutan lainnya seperti Buk- buk, Keramunting, Kapuk, Mate Ayem, Jelutung, Pulai, Meranti rawa, Gelam, Mentagor, Bakau, Mahang, dan masih banyak lagi.

Bangka Belitung ini juga merupakan daerah yang terkenal sebagi penghasil madu alam dan juga rotan. Uniknya, madu hasil Kepulauan Bangka Belitung ini merupakan madu yang terkenal dengan madu pahit. Sementara untuk fauna atau hewan yang dimiliki Bangka Belitung ini hampir sama dengan hewan- hewan atau fauna yang ada di Kepulauan Riau dan juga semenanjung Malaysia, daripada hewan- hewan yang ada di Sumatera meskipun secara wilayah mereka berdekatan (Bangka Belitung dengan Sumatera).
  • Fauna yang beragam
Beberapa fauna yang dapat ditemui di Bangka Belitung ini antara lain Rusa, Beruk, Lutung, Monyet, Trenggiling, Babi Hutan, Musang, Burung Keruak, Ayam Hutan, Burung Elang, Pelanduk Kancil, dan juga berbagai jenis Ular dan juga Biawak. Kemudia selain hewan- hewan atau fauna tersebut, masih banyak hewan atau fauna lain yang ada di Bangka Belitung, tentunya adalah hewan- hewan yang khas.

Bangka Belitung mempunyai penduduk yang berjumlah sekitar 1.223.296 jiwa berdasarkan sensus terakhir yaitu tahun 2010. Masyarakat Bangka Belitung ini merupapakn masyarakat yang beragam. Masyarakat yang tingga di Bangka Belitung merupakan masyarakat yang berasal dari berbagai suku, seperti suku Melayu, Jawa, hingga etnis China.

Dan penduduk asli Bangka Belitung dikenal sebagai orang Melayu Bangka Belitung. Agama yang dianut masyarakat Bangka Belitung pun beragam, meskipun demikian masyarakat Bangka Belitung dikenal sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi kerukunan beragama. Agama yang dianut masuarakat Bangk Belitung antara kain Islam, Kristen, Katholik, Budha, dan juga Konghucu.

Tempat Wisata yang Ada di Pulau Belitung

Sektor perekonomian di Bangka Belitung terdiri dari berbagai macam sektor, seperti pertanian, pertambangan, perdagangan, dan juga pariwisata. Meskipun sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani, namun ada satu sektor yang menjadi andalan masyarakat dan pemerintah Bangka Belitung. Sektor ini adalah sektor pariwisata.
 Bangka Belitung merupakan satu wilayah yang memang mempunyai potensi alam yang sangat bagus untuk dikembangkan pariwisatanya. Terlebih pulau Belitungnya.  Ada banyak sekali tempat pariwisata yang ada di Pulau Belitung yang cocok untuk dikunjungi saat sedang berkunjung ke sana.

Beberapa tempat wisata yang ada di Pulau Belitung memang berbentuk pantai, karena memang wilayah Pulau Belitung mempunyai banyak sekali pantai. Meskipun demikian, Pulau Belitung juga mempunyai tempat wisata lain selain pantai. Yang pasti semua tempat wisara tang ada di Pulau Belitung indah- indah, dan semua orang perlu mengetahuinya.

  1. Pulau Memperak
Pulau Memperak BelitungPulau Memperak, merupakan salah satu tempat wisata di Belitung yang belum banyak diketahui oleh orang-orang dan para wisatawan. Meskipun demikian, Pulau Memperak ini mempunyai pesona yang sudah terkenal di penjuru Pulau Belitung. Pulau Memperak ini berada di Kabupaten Belitung Timur.

Pulau Memperak ini akan menyuguhkan kepada Anda birunya air laut disana yang agak berwarna kehijau- hijauan sehingga akan terlihat sangat jernih dan juga bersih. Hal ini akan membuat mata dan pikiran kita menjadi segar kembali. Selain jernihnya air laut, pemandangan bawah lait di pulau ini juga merupakan satu pemandangan yang sangat menakjubkan. Pemandangan bawah laut di pulau ini sangatlah indah. Itulah mengapa Pulau Memperak ini dikenal sebagai salah satu tempat snorkeling yang indah di kawasan Bangka Belitung.
  1. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas BelitungTempat wisata di belitung berikutnya ada pulau lengkuas. Pulau Belitung juga menjadi salah satu pulau yang mempunyai  ke khasan yag gerupa mercusuar yang usianya sangat tua namun masih aktif hingga saat ini. Mercusuar ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882.

Salah satu pesona yang memikat pada Pulau Lengkuas ini adalah keberadaan mercusuar tersebut dan juga hamparan biru dan jernihnya air laut yang dipadukan dengan keberadaan bebatuan granit di sana. Pemandangan yang seperti inilah menjadi salah satu pemandangan yang amat dan sangat mepensona. Adanya bebatuan granit memang merupakan ciri khas pantai yang ada di Bangka Belitung. Tempat wisata Pulau Lengkuas ini mempunyai luas kira- kira 1 hektar.

Tempat wisata ini mampu menyuguhi Anda pemandangan yang berkali- kali lipat indahnya. Caranya dengan menaiki mercusuar putuh yang memiliki tinggi 50 meter tersebut, Anda akan mendapati pemandangan yang sangat mempesona di Pulau Lengkuas ini. Namun bagi Anda yang tidak suka memanjat, atau terlalu capek jika harus memanjat, maka tidak harus sampai di puncak mercusuarnya untuk dapat melihat pemandangan luar. Hal ini karena di setiap lantai mercusuar memiliki jendela yang menghadap ke berbagai arah. Pesona melihat pemandangan dari atas ini merupakan salah satu daya tarik yang selalu mengundang datangnya wisatawan berlibur ke sini. Pulau Lengkuas ini berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.
  1. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang BelitungWisata di Pulau Belitung memang tidak lepas dari yang namanya pantai. Setelah du pulau kita jelajahi, selanjutnya tiba giliran pantai. Salah satu pantai yang menjadi tempat wisata di Belitung adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pantai Tanjung Kelayang ini berada di radius 27 kilometer dari pusat Kota Tanjungpandan.

Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Tanjung Kelayang ini merupakan salah satu tujuan wisata di Belitung yang sangat terkenal di kalangan wisatwan domestik maupun internasional. Pada event Sil Indonesia, ratusan perahu yacht yang berasal dari berbagai negara akan singgah di dantai Tanjung Keyang ini.

Pesona memikat yang dimiliki oleh pantai ini adalah adanya bebatuan granit yang sangat indah dengan salah satu formasinya yang menyerupai kepala burung, dan dipadukan dengan putihnya hamparan pasir yang putih bersih. Selain itu, di pantai inilah kerap diselenggarakan berbagai event akbar maritim berskala nasional maupun Internasional. Salah satunya adalah Sail Wakatibi- Belitong. Pantai Tanjung Kelayang ini pantai yeng terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.
  1. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi BelitungPantai ini menjadi pantai terpopuler yang ada di Belitung, terutama saat setelah dijadikan lokasi syuting film nasional Laskar Pelangi yang terkenal hingga mancanegara. Pantai ini dapat dikatakan sebagai pantai yang sangat menawan. Pantai ini juga merupakan slah satu pantai yang populer di kalangan penikmat perjalanan atau traveller selain pantai lainnya, yakni pantai Parai Tenggiri.

Lagi- lagi pantai indah ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, dan terletak di radius 30 kilometer dari pusat kota Tanjungpandan.  Seperti pantai- pantai lain khas Bangka Belitung, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang berupa birunya iart laut, pasir yang putih bersih, serta dipadukan dengan bebatuan granit yang pitih dan indah.  Selain itu berbagai wahana olahraga air disediakan di pantai ini. Para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini biasanya melakukan kegiatan yang bermacam- macam.

Beberapa kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan adalah berjemur, berenang, snorkeling, memancing, mengendarai jetski, hingga berjalan dengan menggunakan kano. Berbagai fasilitas publik juga disediakan di pantai ini, seperti restaurant dan hotel, sehingga apabila Anda ingin berkunjung dan menginap di kawasan pantai ini bersama keluarga, akan sangat mudah karena banyak disediakan fasilitas.
  1. Bukit Berahu

Bukit Berahu ini bukanlah sebuah bukit yang berupa gundukan tanah. Bukit Berahu ini merupakan sebuah tempat perpaduan antara restoran dan juga bungalow atau villa yang berada di pesisir pantai indah di Belitung.

Bukit Berahu ini terletak di dekat Pantai Tanjung Tinggi. Dari Bukit Berahu ini kita dapat melihat pemandangan pantai yang indah. Jika kita ingin ke pantai bungalow ini, kita harus menuruni sekitar 97 anak tangga.

Pantai disini merupakan pantai bagian dari bungalow, sehingga sensasi private beach akan kita dapatkan apabila kita berada di pantai ini. Sensasi yang tidak akan kita temukan di wilayah lain.
  1. Pantai Punai
Pantai PunaiPantai Punai ini merupakan sebuah pantai yang berada di sebelah tenggara Belitung. Pantai ini terletak tepatnya di Desa Tanjung Kelumpang. Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai di Bangka Belitung kebanyakan, dimana batu granit yang dimiliki adalah batu granit yang ukurannya besar- besar.

Pantai ini hanya mempunyai bebatuan granit yang berukuran kecil- kecil. Di depan pantai ini terdapat pulau kecil yang diberi naman Pulau Punai, karena dulu di pulau tersebut banyak terdapat burung punai. Untuk menjangkau pulai ini, kita dapat berjalan kaki jika air laut sedang surut.

Saat pergi ke pantai punai bahkan ke pantai manapun pastinya barang-barang yang akan dibawa akan berbeda dari barang-barang untuk pergi ke tempat wisata lain, oleh karenanya para wisatawan perlu mempersiapkan apa-apa saja yang akan dibawa saat bepergian ke pantai yang terkenal dengan tempat teriknya ini. (baca juga: persiapan untuk liburan ke pantai)
  1. Pulau Pasir
Pulau PasirTempat wisata di belitung selanjutnya adalah pulau pasir. Pulau Pasir ini sejatinya adalah tumpukan pasir yang akan kelihatan hanya jika air laut sedang surut. Dan jika air laut pasang, maka pulau ini akan tenggelam.

Pulau ini besarnya hanya setengah dari lapangan sepak bola. Banyak wisatawan yang datang kesini jika sedang surut, dengan menggunakan perahu nelayan. Pulau yang kecil ini biasa dijadikan hanya untuk pemberhentian, karena ukurannya yang kecil ini pula tak dapat memuat banyak orang dan hanya pada waktu tertentu saja mengunjunginya.
  1. Danau Kaolin
Danau Kaolin BelitungDanau Kaolin sebanarnya bukanlah tempat wisata yang dibuka untuk umum. Danau Kaolin ini sebenarnya adalah salah satu kekayaan tambang di Belitung.

Perpaduan air danau yang biru dengan kaolin berwarna putih menjadikan tempat ini indah dan diburu para potografer. Sehingga tempat ini lama- kelamaan digunakan untuk berwisata, meskipun tidak seumum tempat lainnya.

Danau kaolin juga tak seramai tempat wisata lainnya, sehingga tempat ini cukup tentram bagi wisatawan yang ingin berkunjung merasakan keindahan alam yang sunyi di tambah melihat warna air danau yang begitu cantik.
  1. Pantai Penyabong


Pantai ini terletak di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Pantai ini juga dikenal sebagai pantai Batu Lubang. Batu granit di pantai ini saling menyambung dan memanjang menjok-rok ke arah laut sehingga membentuk dermaga yang alami.

Ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga dapat digunakan untuk berenang. Namun bagi yang ingin melakukan olahraga air di pantai penyabong dirasa akan kurang cocok seperti surfing maupun lainnya. Dan Tempat wisata di belitung yang satu ini sangat recommended bagi wisatawan yang menyukai pantai sunyi dan ombak kecil.

(baca juga: pantai matras di bangka belitung)

  1. Museum Kata

Museum KataMuseum Kata Andrea Hirata ini menjadi museum literatur pertama di Indonesia. Di museum ini kita bisa melihat koleksi film laskar pelangi dan juga berbagai karya Andre Hirata. Untuk karya Andrea Hirata yang tidak di sebutkan, hanya akan kita temukan di sini.

Tempat ini cukup nyaman dan unik dengan berbagai pajangan pigura dengan kata-kata karya Andrea Hirata yang menyentuh hati. Tempat wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai karya sastra dari penulis andal Andrea Hirata. Tentunya cocok juga sebagai liburan keluarga, anak-anak akan mengenal karya sastra yang tak kalah menarik dan berbagai lukisan maupun gambar di beberapa sudut.
  1. Pantai Nyiur Melambai


Pantai Nyiur Melambai ini terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggra, Belitung Timur. Berbeda dengan kebanyakan pantai yang ditumbuhi pohon kelapa, pantai ini justru ditumbuhi oleh pohon pinus disekitarnya, sehingga membuat suasana menjadi lebih teduh.
Tempat wisata di belitung yang sat ini cukup terkenal dengan angin yang sejuk dan termasuk pantai yang rindang dengan pohon-pohon yang berada di tepi pantai. Hal ini membuat para wisatawan betah berlama-lama berada di pantai, terlebih berjemur di bawah terik matahari dekat dengan dedaunan yang melambai terkena tiup angin.
Itulah beberapa wisata yang dapat kita temukan di Pulau Belitung. Masih ada banyak tempat wisata lainnya yang dapat kita temukan di pulau ini jika kita terus mengekspornya. Pulau Belitung memang pulau yang terkenal dengan Keindahannya. Dan ini milik Indonesia.

Sumber,
http://tempatwisataunik.com

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu

Related Posts

Komentar

Open Trip Pendakian Gunung

Open Trip Pendakian Gunung Sumbing, Sindoro, Lawu dan Prau 16-17 Agustus 2020. Informasi selengkapnya hubungi +62 85 643 455 685

Gunung Buka Pasca Covid

Covid 19 memang berbahaya namun dengan pengalaman dan mengantisipasi akan menjadikan bahaya tersebut akan berkurang dan dapat ditiadakan. Dengan semangat Anda Aman Bersama Kami, kami akan berupaya untuk menjaga Anda.

Gunung Buka Pasca Covid (Jateng)

Gunung Lawu (21-24 Juni 2020) #Gunung Prau (03 Juli 2020) #Gunung Sindoro (18-24 Juli 2020) #Gunung Sumbing (01 Agustus 2020)

Jabar - Jatim - Sumatra - Lombok - DLL

Gunung Lainnya kunjungi https://www.xplorewisata.com/p/jalur-buka-tutup-pendakian-gunung.html

Cara Menulis Pesan // Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Xplore Wisata // Operator Porter dan Guide Indonesia


  1. Xplore Wisata adalah salah satu pilihan terbaik untuk pendakian gunung terbaik dengan guide dan porter yang berpengalaman di semua gunung Indonesia.
  2. Inovasi selalu kami lakukan sehingga Anda akan mendapatkan kesan terbaik ketika mendaki bersama kami.
  3. Kami akan memastikan bahwa perjalanan anda akan berkesan serta memuaskan dan rindu untuk bertemu dengan tim kami kembali.

Subscribe Our Newsletter