Porter Sumbing, Pendakian Gunung Sumbing via Garung Baru, Guide Sumbing, Paket Wisata Sumbing

Porter Gunung Sumbing, Pendakian Gunung Sumbing via Garung Baru, Guide Gunung Sumbing, Paket Wisata Gunung Sumbing
Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung yang ada di Jawa Tengah. Gunung Sumbing terletak di tiga kabupaten sekaligus yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ke dua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet dan tertinggi ke tiga setelah Gunung Semeru dan Slamet. Untuk mencapai puncak Sumbing terdapat beberapa jalur pendakian diantaranya
  • via Garung (Wonosobo)
  • via Cepit Parakan (Temanggung)
  • via Bowongso (Wonosobo)
  • via Butuh Kaliangkrik (Magelang)
Sama halnya dengan Gunung Merapi yang berdampingan dengan Merbabu, Gunung Sumbing juga bersebelahan dengan Gunung Sindoro. Gunung Sumbing dikenal dengan view puncak yang menawan. Dari puncak Sumbing bisa terlihat gunung - gunung lain diantaranya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Lawu, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo dan terakhir Gunung Andong.

Gunung Sumbing memiliki 2 puncak yaitu Puncak Buntu dengan ketinggian 3362 mdpl dan Puncak Sejati 3371 mdpl. Salah satu jalur pendakian yang dianggap populer untuk pendakian Sumbing adalah jalur pendakian Garung Baru.

Rute
Semua Kota >> Kabupaten Wonosobo >> Kecamatan Kalikajar >> Desa Garung

Basecamp - Pos 1 Malin (1 jam)
Perjalanan menuju Pos 1 akan melewati perkebunan milik warga dengan jalan yang lebar dan tergolong nyaman. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pos 1 Malin sekitar 1 jam.

Pos 1 - Pos 2 Gattakan (2 jam)
Pos 1 hingga Pos 2 akan memakan waktu lebih lama, jalan menuju Pos 2 akan melewati jalan yang menanjak dan masuk ke dalam hutan. Waktu yang diperlukan untuk sampai di Pos 2 adalah sekitar 2 jam. Kalian bisa membuka tenda di Pos 2 ini namun hanya terbatas beberapa tenda saja.

Pos 2 - Pestan (30 menit)
Dari Pos 2 menuju Pestan akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Pestan merupakan persimpangan jalur pendakian Garung lama dan Garung baru.

Pestan - Watu Kotak (2 jam)
Jalur dari Pestan menuju Watu Kotak akan menguji para pendaki dengan jalan ekstrim yang curam dan penuh dengan bebatuan. Ketenangan adalah jawaban atas ujian di jalan menuju Watu Kotak ini.

Watu Kotak - Puncak Buntu (30 menit)
Perjalanan dari Watu Kotak menuju Puncak Buntu juga sangat terjal dan curam,waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Puncak Buntu yaitu sekitar 30 menit. Dari Puncak Buntu ini kalian bisa melihat view gunung lain diantaranya Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Selamet, Gunung Ungaran, Gunung Lawu dan Gunung Prau.

Kalkulasi Pendakian Gunung Sumbing via Garung Baru
Untuk mencapai puncak membutuhkan waktu sekitar 6 jam.
Basecamp - Pos 1 (1 Jam)
Pos 1 - Pos 2 (2 Jam)
Pos 2 - Pestan (30 Menit)
Pestan - Watu Kotak (2 Jam)
Watu Kotak - Puncak Buntu (30 Menit)

Peta Pendakian Gunung Sumbing via Garung
Pemandangan Gunung Sumbing
Pos 2
Pestan

Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin