Porter Bansari, Pendakian Gunung Sindoro Via Bansari

Porter Bansari, Pendakian Gunung Sindoro Via Bansari, Berbagi Pengalaman Pendakian Jalur Bansari

Perjalanan dimulai pada hari Rabu, 28 mei 2014 dari Yogyakarta menuju basecamp Bansari yang terletak di kabupaten Temanggung. dari Yogyakarta dengan menggunakan sepeda motor kami memulai perjalanan pada pukul 22:00 menuju basecamp Bansari waktu tempuh kurang lebih 1-2 jam.
Sampai di Temanggung kami di jemput oleh seorang kenalan bernama mas Crazy yang lansung mengantar kami menuju bansari. karena sudah terlalu larut dan basecamp sepi karena jalur bansari tidak seramai jalur gunung sindoro yang lain. kami di persilahkan menginap di rumah mas Crazy yang merupakan anggota kompas bansari untuk beristirahat.
Rumah Mas Crazy

Pendakian dimulai keesokan paginya dari rumah mas Crazy setelah di suguhi sarapan karena di daerah sana memang tidak ada warung makan.
track awal adalah jalan bebatuan melewati pemukiman warga dan ladang menuju pos bayangan yang menjadi pintu masuk menuju hutan.
Track awal

saya sarankan untuk memulai pendakian pada pagi hari karena jika beruntung kita bisa mendapatkan tumpangan pick up warga yang pergi ke ladang karena lumayan menghemat tenaga.
pos bayangan

dari pos bayangan ini kita bisa mengisi air dari pipa warga untuk kebutuhan warga. lalu perjalanan dilanjutkan menuju pos 1, jalur yang ditempuh lumayan menanjak dan licin karena jalannya terdiri dari tanah merah yang jika kena hujan sudah dipastikan akan merepotkan kaki untuk menapak.
kondisi track pos bayangan – pos 2
pos 1 merupakan tanah lapang yang tidak begitu luas karena jarak dari pos bayangan menuju pos 1 ini tidak terlalu jauh kami terus saja melanjutkan perjalanan menuju pos 2 yang menyebalkannya setelah melewati tanjakan yang tidak ada habisnya pos tersebut bisa-bisanya dinamakan pos turunan.
setelah beristirahat sejenak di pos 2 kami melanjutkan perjalanan menuju 3, jika dibandingkan dengan perjalanan pos bayangan menuju pos 2 tadi, perjalanan menuju pos 3 tetap menanjak namun sedikit lebih ringan ntah karena ritmen sudah ketemu atau karena jalurnya memang sudah tidak semenanjak tadi.
pos 3

di pos 3 kita bisa menemukan sumber air dari aliran sungai yang letaknya tidak jauh dari pos 3, ini yang istimewa dari jalur Bansari. karena sepengatahuan saya gunung sindoro yang ada air dan bebas babi hanya jalur bansari.
lanjut, setelah istirahat, mengisi air, dan makan siang di pos 3 perjalanan kami lanjutkan menuju pos 4 yang jalannya sudah lumayan datar tidak segarang sebelumnya. jarak pos 4 terbilang dekat tidak butuh waktu lama untuk sampai di sebidang tanah yang tidak begitu luas bertancapkan plang pos 4
pos 4

pendakian dilanjutkan menuju pos bayangan yang jaraknya juga tidak begitu jauh dari pos 4, dan disini kita bisa menikamati pemandangan sindoro dari sisi timur yang ah susah dibayangkan liat saja gambarnya.
pemandangan dari pos bayangan

puncak kelelahan dari perjalanan ini adalah menuju pos 5 yang jaraknya terlampau jauh menurut saya, masuk hutan keluar semak lagi dan lagi hingga berjam-jam. tiba di pos 5 panas teriknya matahari akan sangat terasa karena sudah tidak ada pepohonan disini.
pos 5

tapi pemandangan yang disuguh pos 5 adalah surganya, disini kita bisa menikamati sisi timur dan selatan sindoro. dan tidur siang pastinya hehehe
karena terlalu lelah dan ini masih terlalu siang untuk sampai di pos 6 yang menjadi tujuan camp kami, kami memutuskan untuk tidur siang di pos 5

beberapa jam sebelum adzan kami melanjutkan perjalanan menuju pos 6 yang menjadi tempat kami bermalam, tak berapa lama setelah magrib kami sampai di pos 6 yang merupakan tanah lapang yang di kelilingi tebing dan padang edelweiss.

pos 6 (diambil keesokan paginya)

setelah kelar menggoreng telur dan nasi goreng untuk makan rekan-rekan kami pun beristirahat tanpa gangguan babi hutan pastinya.
keesokan paginya adalah perjalanan menuju puncak tapi saya tidak ikut karena memang sudah pernah dan untuk menghemat waktu ketika yang lain muncak saya memasak di camp agar ketika mereka turun nanti semua makanan sudah siap dan tidak perlu menunggu lama untuk persiapan turun.
oleh-oleh dari rekan-rekan yang muncak

setelah yang lain turun dari puncak dang menghabiskan sarapan yang terlambat kami pun turun, kira-kira pukul 15:00 kami sampai lagi dibawah tepat waktu tidak kena malam.

Sumber,

Call Center ExploreWisata.com,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu #derawan #belitung #pahawang