Porter Lawu, Porter Merbabu, Porter Semeru, Tips Membuang Air Besar di Gunung


Tips Membuang Hajat di Gunung atau Kegiatan Outdoor
Guide, Pemandu, Porter, Transportasi Gunung Indonesia
#Gunung Merbabu #Gunung Lawu #Gunung Semeru #Gunung Rinjani #Gunung Slamet #Gunung Raung #Gunung Argopuro #Gunung Arjuno Welirang #Gunung Merapi
 
  • urban.hikers#mountpedia Berikut ada beberapa tips buang air besar yang sebaiknya Anda perhatikan selama berada di gunung :
    .
    1. Jangan buang air besar pada tempat yang sering dilewati atau dekat dengan lokasi camping
    .
    Carilah lokasi yang lumayan tersembunyi dan jauh dari jalan setapak utama yang biasanya dilewati para pendaki dan jauh dari lokasi kemping.
    .
    Langkah pertama adalah jangan BAB di dekat jalan setapak. Ini aturan utama yang harus Anda pegang teguh saat naik gunung, karena selain jorok juga sangat mengganggu pendaki lain yang akan lewat.
    .
    Juga jangan sampai kegiatan privat Anda diketahui oleh banyak orang dan yang paling penting meninggalkan bau tidak sedap di sekitar tenda. Kasian teman-temannya. :D
    .
    2. Jangan buang air besar di sumber air.
    Baik itu air tenang seperti danau maupun sebuah aliran sungai, sumber air tetap merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, jadi jangan anda cemari dengan membuang kotoran disana. Cara paling baik yang bisa anda lakukan adalah dengan menampung airnya dan membawanya ke lokasi daratan tanah menuju tempat yang pantas untuk membuang hajat.
    .
    3. Survey lokasi dan Pastikan lokasinya aman.
    Ketika anda sudah berada di lokasi berkemah, tidak ada salahnya melakukan survey lokasi sebagai tempat untuk membuang hajat nantinya. Hal ini cukup berguna agar anda tidak perlu terburu-buru mencari tempat lagi ketika rasa hendak buang air besar sudah datang.
    .
    Pastikan lokasi yang Anda pilih agak terlindung rimbun pepohonan dan tidak gampang terlihat orang lain. Selain itu, pastikan cukup aman untuk ditempati, baik dari ancaman binatang, tumbuhan berduri ataupun longsoran tanah.
    .
    4. Pastikan anda membawa tisu basah, hand sanitizer dan alat penggali.
    Sebelum berangkat mendaki, pastikan 3 benda ini masuk dalam daftar bawaan anda. Untuk menggali lubang pembuangan, biasanya menggunakan sekop kecil khusus namun hal ini tidak mutlak karena dapat digantikan dengan beberapa alat penggali lain seperti pisau, ranting ataupun benda lain yang bisa anda temukan di lapangan.
    .
    (Lanjutan di kolom komentar)

  • urban.hikersTetap gunakan air sebagai alat basuh utama. Barulah gunakan pelengkap lainnya seperti tisu basah, kemudian tisu kering. Tisu basah akan sangat berguna untuk membersihkan bagian yang kotor, selain itu berguna pula dalam penghematan air. Terakhir gunakan hand sanitizer agar lebih bersih dari kuman.
    .
    Jangan sekali - sekali menggunakan dedaunan untuk membasuh karena kita belum tentu tahu daun apa yang kita gunakan. Bisa jadi daun itu akan menimbulkan rasa gatal begitu menyentuh kulit kita. Parahnya jika sampai iritasi hingga merah - merah alergi.
    .
    5. Buatlah sebuah galian dan tutup kembali setelah selesai digunakan.
    Pendaki mesti memperhatikan soal menggali lubang. Usahakan kedalaman lubang mencapai sekitar 10 - 15 cm. Jarak itulah standar aman dalam membuang limbah kotoran manusia.Pastikan Anda menguburkannya dengan baik. Rapat dan tidak ada celah. Jika perlu padatkan lubang galian Anda dengan cara menginjaknya dengan kaki agar lebih tertutup.
    .
    Jika sudah memenuhi standar, dijamin kotoran yang dibuang tidak akan berbau dan mencemari lingkungan. Kotoran nantinya akan terdegradasi dengan alami oleh bakteri - bakteri yang terkandung di dalam tanah.
    .
    6. Ajaklah salah satu teman untuk menemani.
    Jika anda mendaki dalam suatu rombongan maka penting bagi setiap anggotanya untuk mengetahui keberadaan anggota lainnya. Beritahukanlah teman jika anda hendak buang air besar dan ajaklah salah satunya untuk menemani, terlebih saat malam hari. Dengan mengajak teman tentunya anda dapat melaksanakan hajat dengan lebih tenang. Jika terjadi suatu hal yang tak terduga maka teman anda lah yang tentunya akan pertama kali menolong. (end)
 
Instagram : urban.hikers



Call Center,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin