Pemandu dan Porter Gunung Gede, Naik ke Puncak Gunung Gede

Naik-naik ke Puncak Gunung Gede [Part 1] :
Ringkasan Perjalanan

Pemandu dan Porter Gunung Gede, Transportasi Gunung Gede, Basecamp Gunung Gede
OK, draft post ini sudah mangkrak berbulan-bulan…! Dan… daripada sia-sia masuk ke Recycle Bin, mari melanjutkan tulisan di post ini.  Lewat post kali ini, saya mau berbagi cerita dan pengalaman naik gunung pada bulan April 2013 lalu yang merupakan pengalaman pertama kali buat saya, alias P-R-E-S-T-A-S-I nih!  Ga pernah kepikiran dan nyangka juga kalau akhirnya sempet ngerasain naik gunung sungguhan, yang bisa dibilang “mendaki” gunung gitu, ber-capek-capek ria dan menahan hawa dingin khas gunung.

Dan gunung yang menjadi saksi sejarah my first summit adalah Gunung Gede, Bogor. Berawal dari ajakan mbak ini bersama beberapa temen lain, total kami ber 10 memutuskan untuk naik gunung Gede tanggal 18-21 April 2013 lalu. Yah meskipun Gunung Gede banyak dibilang merupakan untuk pendakian kelas amatir, cocok untuk pemula, yang penting akhirnya bisa “menaklukkan” puncak sebuah gunung juga, toh emang masih nyubitol kalo urusan naik gunung… hahaha…
Pendakian Gunung Gede ditutup sementara mulai 31 Desember 2016 s/d 31 Maret 2017
Sumber Kompas.com
Ringkasan Perjalanan
Perjalanan saya dimulai dari Jumat, 18 April 2013 malam, menuju ke terminal Kampung Rambutan. Traffic Jakarta pada Jumat malam menuju terminal Kampung Rambutan bener-bener jahanam… :nohope: Berangkat dari kos sekitar pukul 17.30, dari halte busway Pasar Baru Timur hingga halte terminal Kampung Rambutan membutuhkan waktu nyaris 3 jam! :hammer: Ini saja sudah memutuskan naik busway/trans yang harusnya bebas hambatan, ga kebayang kalau naik angkot / taxi! :nohope:

Meeting point kami adalah terminal Kampung Rambutan. Sekitar pukul 10an malam, kami berangkat dari Jakarta menuju Gunung Putri. Sampai di Gunung Putri sekitar dini hari. Perjalanan “naik gunung” akan dimulai Sabtu pagi pukul 08.00, so waktu tersisa yang ada digunakan untuk istirahat (tidur) singkat beberapa jam. Sabtu pagi jam 6an kami sudah sibuk sarapan & cuci muka (cukup cuci muka, kalau mandi pikir-pikir dulu deh…, airnya seperti air es! :)) )

Sekitar jam 8 pagi, kami menuju ke pos pertama yang hanya berjarak beberapa puluh meter dari lokasi kami menginap. Di pos pertama ini kami mendapat pengarahan singkat, dan selanjutnya… the journey begins!

Tujuan pertama perjalanan hari Sabtu itu adalah Alun-alun Surya Kencana, di mana rombongan kami sampai di Surya Kencana sekitar pukul 14.00 WIB. Seharusnya bisa jauh lebih cepat apabila metode mendaki gunungnya bukan “jalan 10 menit, istirahat 5 menit”! Slowly but sure lah ya…!! :)) Di Surya Kencana sini lah lokasi para pendaki mendirikan tenda dan bermalam. Minggu paginya baru deh menuju puncak Gunung Gede yang berjarak sekitar 1 jam pendakian dari Surya Kencana.

Awalnya ada tawaran apakah kami mau “mengejar” sunrise di puncak Gunung Gede atau tidak. Kalau mau mengejar sunrise, artinya kami harus bangun pagi-pagi banget sekitar 1 jam sebelum subuh dan melanjutkan perjalanan ke puncak. Tapi… karena kecapekan, maka dari grup kami tidak ada yang minat mengejar sunrise! :)) semua kepikiran untuk tidur nyenyak saja lah malam itu. hahaha…  :)) – padahal setelah selesai masak-masak buat makan malam, kita semua langsung tidur – kondisi baru jam 8an malem :))

Meskipun sudah menggunakan baju 4 lapis (termasuk jaket) dan tidur menggunakan sleeping bag, pada tengah malam dinginnya suhu di Surya Kencana masih berasa banget, yang membuat saya harus terbangun beberapa kali saking dinginnya. Tapi begitu bangun pagi sekitar jam 5-6an, cuaca berasa betapa nikmaaat banget! Suhu yang berasa adem-adem sejuk, ditambah sinar matahari pagi yang baru saja terbit plus udara pegunungan yang masih bersih (banget), perfect lah!!

Minggu pagi jam 8 pagi kami mulai packing dan merapikan tenda, tentunya setelah sarapan… Jam 9 kami mulai berjalan menuju puncak. Sekitar 1 jam pendakian, alias jam 10an pagi kami berhasil mencapai puncak Gunung Gede!!! :dancing:  Puncak Gunung Gede ini memiliki ketinggian 2958 MDPL.

Foto-foto, haha hihi di puncak, ngeteh-ngopi bentar, langsung deh kami melanjutkan perjalanan. Dari puncak Gunung Gede sekitar pukul 11 siang kurang-kurang dikit, kami langsung “turun gunung” melalui jalur pendakian Cibodas. Selama perjalanan turun, kami melakukan istirahat yang agak lama di daerah Kandang Badak (yang merupakan lokasi perkemahan para pendaki dari jalur Cibodas) Di sini kami mengisi perut dengan roti yang sudah kami persiapkan bersamaan dengan sarapan pagi hari.

Perjalanan turun gunung ini bener-bener cukup perjuangan, karena hujan turun nyaris menyertai sepanjang perjalanan. Menggunakan jas hujan, kami berjalan di tengah hutan dengan kondisi tanah becek, berlumpur dan sering juga batu-batu menjadi licin. Dan akhirnya sekitar pukul 7 malam kami (baru) sampai di bawah….

Menunggu rombongan lainnya, kami baru berangkat menuju Jakarta sekitar pukul 11 malam, sampai terminal Kampung Rambutan sekitar pukul 01 SENIN dini hari. Tanpa berlama-lama langsung cari taxi untuk balik ke kos. Sekitar pukul 02.00 dini hari baru sampai kos lagi, sementara beberapa jam lagi sudah harus masuk kantor jam 07.00 pagi, kebayang ga sih di kantor itu bakal gimana?? Badan pegel, kaki setengah pincang, mata berasa sepet… hahaha…  :)) *tetep ya… ke kantor ga telat lho! :peace:

However, it’s a great journey, guys!! It’s so tiring, but I always love how we travel! ;P
PS : Thanks to Wawan & Tommy untuk foto-fotonya

Sumber Informasi,
Call Center,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #gunungprau 2.565 mdpl #gunungsikunir #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker #backpackerindonesia #opentripsemeru #opentripmerbabu #opentripkarimunjawa #opentriprinjani #cikuray #gede #parango #gunungsalak #bromo #karimunjawa #guapindul #raftingsungaielo #raftingelo #raftingprogo #tangkubanperahu