Gunung Merbabu: Sebuah Tantangan Yang Patut Dicoba oleh Pendaki Pemula

Gunung Merbabu: Sebuah Tantangan Yang Patut Dicoba oleh Pendaki Pemula

Share Yuk!
 
Tak sedikit yang menyebut-nyebut Gunung Merbabu sebagai salah satu gunung paling indah di provinsi Jawa Tengah. Tak hanya daerah pengunungannya saja yang cantik, tapi Gunung Merbabu juga menawarkan pemandangan menawan dari puncaknya. Hamparan hijau yang terlihat ketika hari cerah, lautan gemerlap bintang yang menjadi atap ketika malam menyelimuti, juga sunrise menakjubkan, adalah beberapa hal yang bisa kamu nikmati di Gunung Merbabu.

Wilayah Gunung Merbabu sendiri cukup luas, yakni masuk ke dalam empat kabupaten di Jawa Tengah: Magelang (Barat), Boyolali (Timur), Salatiga (Selatan), dan Semarang (Utara). Gunung yang memiliki ketinggian 3.142 mdpl cukup terkenal di kalangan para pecinta alam. Pasalnya, medan pendakian gunung yang relatif mudah, membuat gunung ini cocok dijadikan target untuk para pendaki pemula. Maka tak heran jika sebagian besar pendaki Indonesia pernah mencipi salah satu jalur pendakian Gunung Merbabu.

Pendakian menuju puncak Gunung Merbabu bisa ditempuh melalui lima jalur resmi, yakni jalur Selo dari Boyolali, jalur Kopeng (Thekelan dan Cunthel) dari Salatiga, jalur Wekas dari Magelang, dan jalur Suwanting dari Magelang. Kelima jalur ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Kalau kamu masih pendaki pemula, sebaiknya kamu mengambil jalur Selo karena medannya paling mudah ditempuh dibandingkan jalur lain yang harus melewati medan terjal dan ekstrem. Namun, meski jalur Selo dianggap paling mudah, kamu akan tetap mendapati pemandangan yang tak kalah indah.

Jika jalur lain banyak menanjak dan terjal, jalur Selo memanjakan pendaki dengan hamparan padang rumput yang luas dan landai. Setelah melewati hutan dan bukit yang menanjak, pendaki akan mendapati padang luas tanpa pepohonan. Medan landai ini sering dikenal pendaki sebagai trek ‘bonus’. Jika lelah, bahkan pendaki bisa tidur-tiduran di atas hamparan rumput tebal di bawah atap langit yang cerah, sebelum nantinya melanjutkan kembali pendakian menuju puncak.

Di puncak, pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan menakjubkan. Jika hari cerah, megahnya Gunung Merapi akan tampak dari puncak Merbabu dengan ketinggian yang tak terpaut jauh. Keduanya memang berdiri berdampingan, seolah sekawan penjaga Bumi Pertiwi ini. Bangunan-bangunan di desa dan perkotaan nampak mungil di kolong langit, membuat kita merasa begitu kecil di hadapan Tuhan yang Mahabesar.
  
Pada malam hari, langit yang hitam pekat menjadi hidup dengan dihiasi jutaan gugusan bintang. Pemandangan semacam ini tentunya bukan suatu kemewahan yang bisa kamu dapati di daerah perkotaan. Bahkan dari ketinggian Gunung Merbabu, area perkotaan itu sendiri nampak begitu cantik pada malam hari, dengan lampu-lampu yang berkelip seolah menyaingi kecantikan langit berbintang.

Mendaki Gunung Merbabu tak lengkap tanpa menyaksikan sunrise dari puncaknya. Jadi, kamu disarankan untuk membawa perlengkapan kemah agar pada pagi hari kamu tak melewatkan kemegahan sunrise yang pecah di atas langit Merbabu. Segala peluh dan lelah yang kamu rasakan ketika menaklukan Gunung Merbabu akan terbayar setelah kamu menyaksikan indahnya ciptaan Tuhan dari puncaknya.

Puncak Gunung Merbabu itu sendiri ada dua, yakni: puncak Syarif (3.119 mdpl) atau Puncak Kenteng Songo/Tianggulasi (3.142 mdpl). Ya, ketinggian Gunung Merbabu termasuk di atas rata-rata, maka cuaca di puncaknya terkenal dingin. Jangan lupa membawa pakaian hangat ketika mendaki. Dan berangkatlah dengan teman-teman terbaikmu untuk menghangatkan suasana selama pendakian.

Gunung Merbabu hanyalah salah satu dari banyak gunung lainnya di Indonesia. Sebagai pendaki pemula, mulailah dengan mencoba tantangan yang mudah sebelum upgrade level. Setelah berhasil menaklukkan satu gunung, kamu akan merasa tertantang untuk menaklukkan gunung lainnya. Maka tak heran jika banyak yang berkata: ‘mendaki bikin nagih’. 

Sumber :

Call Center,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl #porterrinjani #portersemeru #porterargopuro #portermerbabu #porterlawu #porterslamet #portersumbing #portersindoro #kaosadventure #kaosbacpacker

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin