Rute, Jalan, Peta Lokasi Pantai Greweng Gunungkidul Yogyakarta

pantai greweng

Wisata alam yang masih perawan kerap kali masih banyak di temukan di kabupaten Gunungkidul seperti hal nya PANTAI GREWENG. Pantai Greweng ini terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul. Pantai ini terletak diantara pantai Wediombo dan juga Pantai Jungwok dan juga Pantai Sedahan. Titik Koordinat GPS Pantai greweng -8.197779,110.718772

Jarak dari kota Yogyakarta 80km dapat di tempuh dengan 2 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Ada 2 Rute Paling efektif untuk menuju Pantai Greweng sebagai berikut,
Kunci Paling Utama Kita Temukan Pertigaan Jepitu (pasar Jepitu)

Rute pertama, Yogyakarta > Piyungan > Patuk > Gading (lapangan terbang belok kiri arah kota Wonosari) Siono lurus menuju kota Wonosari > Ambil kanan menuju jl. Baron > pertigaan mulo ambil kiri arah Tepus > Tepus (kanan ke Indrayanti kekiri arah siung dan Wediombo) ambil kiri > Ndakbong > Purwodadi lurus saja > Balong > pertigaan Jepitu (pasar Jepitu) > ambil kanan menuju arah Wediombo > Setelah TPR sebelum sampai Wediombo ambil kiri menuju Pantai Jungwok > Pantai Greweng.
Rute Kedua, Yogyakarta > jl. wonosari > Piyungan > Patuk > Sambipitu > Gading (lapangan terbang) > wonosari > ( ambil arah menuju semanu, wonosari kota lurus) > semanu > Pasar Munggi > Cuwelo > Giri Panggung > Cikal > Ngawar-awar > Pertigaan Balong ambil kiri, arah jepitu > Pertigaan Jepitu ( Pasar Jepitu) > ambil arah kanan menuju Pantai Wedeiombo > sebelum sampaipantaiwediombo belok kiri menuju pantai jungwok > Pantai Greweng.

rute, jalan, peta lokasi pantai Greweng Gunungkidul yogyakarta

Pantai Greweng Gunungkidul

Setelah anda sampai di parkiran menuju Pantai Jungwok perjalanan tidak hanya sampai disitu namun kita harus berjalan kaki yang lumayan masih cukup jauh.
Disinilah suasana alami sudah mulai tercium ketika kami mulai melangkahkan kaki untuk mengikuti jalan setapak menuju Pantai Greweng. Di tempat parkir kami sempat bertanya kepada petugas parkir tentang lokasi pantai Greweng supaya kami tidak tersesat. Bapak parkir menjelaskan bahwa pantai Greweng di tempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 20 menit,
"pantai Greweng tepatnya di balik bukit pantai Jungwok, jadi nanti ada pertigaan kecil yg mengarah ke pantai Jungwok kalau mau ke pantai Greweng ambil kiri yang satu jalur dengan pantai Sedahan" ucap bapak petugas parkir.
"Dan nanti kalau merasa bingung kalau ada orang di ladang-ladang masnya tanya aja", tegasnya supaya kami tidak kesasar.
Setelah kami mendapat arahan dari bapak petugas parkir kamipun mulai melangkahkan kaki, mengikuti jalan setapak dengan kanan kiri semak belukar dan ladang penduduk, sesekali kami berjumpa dengan petani yang mau pulang dengan membawa makanan untuk ternaknya.
Baca Juga : PANTAI KESIRAT .

Kaki ini tak henti-hentinya untuk melangkah walaupun terasa capek dengan perjalanan jauh berkendara tadi dan masih di lanjutkan berjalan kaki namun niat kami tidak berhenti sampai disini ketika alam menyambut kita dan juga hijaunya pepohonan, pegunungan, dan ladang yang ada disini menjadikan suasana menjadi sejuk dan yang paling seger udaranya masih belum tercemar dan jauh dari polusi serta kebisingan kota.
Setengah perjalanan kami menjumpai pertigaan kecil yang di utarakan bapak parkir tadi dan tulisan di papan kayu kecil ini menuntun kami untuk mengambil arah kiri menuju pantai greweng.
Tak terasa jauhnya perjalanan naik turun Medan menjadi kita kehilangan banyak tenaga, namun semua itu seakan di bayarkan dengan LUNAS ketika mendengar deburan ombak yang kian dekat dengan kami, setelah kami sudah sampai kami di suguhkan dengan keindahan Pantai Greweng ini. Sekilas saat kami melihat suguhan pantai Greweng ini kami melihat Pantai yang di apit batu karang dan ombak mencari jalan untuk mencapai tepian. Birunya air laut menandakan pantai ini masih alami.
Tak tahan akan godaan keindahan pantai Greweng ini kamipun beranjak untuk mendekati tepian pantai dan bermain air, pantai Greweng ini lokasi pasir pantai nya tidak terlalu luas namun kebersihan dan ketenangannya masih bisa kita jumpai di pantai ini.
Setelah sang Surya sudah ingin tenggelam kami bergegas untuk mendirikan tenda camping di pantai ini, sambil menyaksikan sunset. Di pantai ini kalau Sabtu Minggu lumayan ramai pengunjung muda mudi yang suka berjelajah seperti saya ini. Banyak juga yang mendirikan tenda disini.

Setelah pagi tiba kami pun bergegas merapikan peralatan kami dan kami siap untuk pulang, saat kami hendak beranjak kami melihat 3 orang yang membawa peralatan pancing, ternyata pantai Greweng ini selain untuk berwisata juga bisa untuk menyalurkan hobi yakni memancing.
Fasilitas
Untuk fasilitas di pantai Greweng masih belum ada jadi jangan lupa untuk membawa bekal sendiri dari rumah ya.