Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sinden dan Pulau Kalong Gunungkidul

venantius wahyu

Gunungkidul memang semakin lengkap dan banyak lokasi tempat wisata pantainya yang di bangun oleh pemerintah dan warga masyarakat guna mempromosikan daerah dan sebagai sumber penghasilan dari para wisatawan.
Seperti halnya Pantai Sinden dan Pulau Kalong (pulau gelatik) yang belum lama terkenal melalui foto di Instagram. Pantai Sinden ini tidaklah mempunyai pasir putih seperti pantai pada umumnya di kabupaten Gunungkidul ini. Di Pantai ini kita hanya menemui tebing tinggi yang langsung berbatasan dengan laut lepas.
Menariknya di Pantai Sinden ini yakni seperti di Pantai Timang di tengah-tengah laut ada pulaunya yakni Pulau Kalong (banyak warga menyebutnya juga dengan Pulau Gelatik). Di Pantai Sinden ini wisatawan bisa menikmati kereta Gantung dan jembatan gantung untuk menyebrang ke Pulau Kalong. Biasanya warga setempat menggunakan jembatan maupun kereta penyebrangan ini untuk mencari ikan dan lobster di Pulau Kalong ini.
Di Pulau Kalong ini lumayan luas namun di pulau ini juga tidak ada Pasirnya melainkan hanya pegunungan yang di tumbuhi semak belukar.

Rute Menuju Pantai Sinden dan Pulau Kalong Gunungkidul

Dari kota Yogyakarta Pantai Sinden dan Pulau Kalong ini berjarak kurang lebih 80km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan.
Penting!! Untuk menuju Pantai Sinden dan Pulau Kalong ini sebaiknya ikuti rute Menuju Pantai Wediombo dan Jungwok
Yogyakarta > Ringroad Ketandan > Jalan Wonosari > Perempatan Sampaan > pertigaan Piyungan > bukit bintang > Patuk > pasar buah Sambipitu > pertigaan Sambipitu (lurus aja) > hutan Bunder > Gading lapangan terbang > pertigaan setelah Lapangan Terbang Gading belok kiri menuju ke kota Wonosari > Playen > bundaran Siono lurus saja menuju kota Wonosari > Pemda Wonosari > pasar hargosari > pertigaan sebelum Polres Gunungkidul belok kanan menuju jalan Baron > Karangrejek > Mulo (ada pertigaan kalau lurus ke Pantai Baron ambil arah ke kiri menuju Pantai Wediombo)  > Bintaos > Tepus (ada pertigaan kalau Kenan menuju Indrayanti ambil arah kiri menuju Pantai Wediombo) > Purwodadi > pertigaan ke kanan Pantai Siung Ambil lurus saja > balai desa Balong > Jepitu (ada pertigaan di depan pasar ambil kanan menuju Wediombo dan Jungwok ) > TPR > Sebelum sampai di Wediombo belok kiri menuju Pantai Jungwok (lihat plakat) > Pantai Jungwok > Pantai Sinden dan Pulau Gelatik.

Nb. Jika merasa bingung silahkan bertanya pada warga setempat.
Lokasi Pantai Sinden dan Pulau Glatik

Lokasi Pantai Sinden dan Pulau Gelatik ini sebenarnya berada di dekat Pantai Wediombo dan lebih tepatnya di sebelah timur Pantai Jungwok. Dan diantara pantai Greweng dan pantai sedahan.
Lokasi tepatnya Pantai Sinden ini berada di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Titik Koordinat GPS Pantai Sinden dan Pulau Kalong -8.199323,110.718927

Pesona Keindahan Pantai Sinden dan Pulau Kalong.
Syarifuddin jogja
Perjalanan menuju ke Pantai Sinden dan Pulau Kalong ini di mulai dari Parkiran Jungwok, wisatawan menempuh jalan setapak untuk menuju pantai ini. Terlebih dahulu melewati Pantai Greweng setelah melewati Pantai Greweng naik ke bukit sebelah timur kita akan langsung sampai di Pantai Sinden ini.
Perjalanannya cukup menguras tenaga dan melelahkan karena harus naik turun bukit dan melewati semak belukar baru sampai di Pantai Sinden. Siapkan tenaga yang ekstra ya sobat kalau mau ke kawasan ini.
Pantai Sinden ini banyak di gemari oleh pemancing mania karena banyak ikan besar yang sering mereka dapat. Pulau kalong yang berada di tengah laut mempunyai jarak kurang lebih 40meter dari Pantai Sinden ini.
Di Pantai Sinden ini bisa Anda jumpai kereta Gantung dan juga Jembatan penyebrangan yang belum lama di buat oleh pengelola setempat guna memudahkan wisatawan serta warga masyarakat untuk menuju Pulau Kalong ini.
Konon cerita masyarakat pulau kalong ini banyak di temukan hewan kalongnya (kelelawar) jadi warga masyarakat sini menamainya dengan Pulau Kalong ada juga yang menamainya Pulau Gelatik karena konon dahulu juga banyak burung gelatik nya.
Selain untuk menjadi daya tarik wisatawan jembatan penyeberangan ini juga sebagai akses warga masyarakat untuk mengais rejeki untuk mencari lobster dan untuk memancing di pulau kalong ini.
Selain itu wisatawan juga bisa menikmati menantang adrenalin ketika menyebrang di jembatan penyeberangan karena di bawah jembatan laut lepas dengan gelombang air laut yang begitu besar.
Sangat berbahaya namun ini menjadi tantangan bagi Anda yang mempunyai nyali besar.
Dentuman ombak yang begitu besar dan menggelegar seolah menyurutkan nyali kita tapi akan terbayar lunas ketika kita bisa sampai sebrang dengan menikmati keindahan laut lepas dan memanjang sepanjang Pantai di kawasan Girisubo ini.
Begitu cantik dan mempesona dengan balutan alam yang hijau royo-royo dan hembusan angin laut yang menerpa tubuh serasa tidak ingin pulang dari Pantai ini, suasana tenang, sejuk dan nyaman di tempat yang masih sangat alami.
Titik topik
Fasilitas dan Tiket
Fasilitas di Pantai Sinden dan Pulau Gelatik ini masih sangat terbatas hanya ada warung kecil, lebih baik kala menuju ke tempat ini sebaiknya bawa perbekalan seperti makanan dan minuman.

Tiket masuk ke kawasan Pantai Sinden ini yakni Rp.6.000 sudah termasuk pantai yang lain yang berada di area Wediombo.
Untuk tiket menaiki jembatan Gantung yakni Rp. 25.000 dan ongkos parkir di Jungwok untuk sepeda motor Rp. 3.000; untuk mobil Rp. 5.000;
Nah semoga Pantai Sinden dan Pulau Kalong ini menjadi tempat tujuan wisata Anda selanjutnya ketika berwisata ke kabupaten Gunungkidul. Selamat berwisata
Sumber :
Call Center,
085.643.455.685
D72E559E / 7A722B86
#porter #guide #pemandu #transport lokal #rinjani 3.726 mdpl #semeru 3.676 mdpl #slamet 3.428 mdpl #lawu 3.265 mdpl #merbabu 3.145 mdpl #sindoro 3.150 mdpl