Aneka Air Terjun Indah di Baturaden yang Harus Kamu Tahu

Guide dan Porter Gunung Slamet
Pemandu dan Porter Gunung Slamet, Paket Manja Gunung Slamet

Aneka Air Terjun Indah di Baturaden yang Harus Kamu Tahu

Muhammad Idris - d'Traveler - Kamis, 16/06/2016 14:59:00 WIBCurug Orak Arik, Megah dibalik ketersembunyiannya
detikTravel Community -  
Jika senang dengan air terjun, maka Baturaden jawaban yang tepat. Karena di sana terdapat banyak curug cantik dan menyegarkan.

Kecamatan Baturaden kerap memiliki pesona alam yg luar biasa. Pesona alam yg luar biasa itu di antaranya adalah obyek wisata curug atau air terjun. Berada di lereng selatan Gunung Slamet, Kecamatan Baturaden memiliki puluhan (bahkan ratusan) curug yang sangat indah baik yang tersembunyi maupun yang sudah dibuka warga setempat.

Hal itulah yang membuat saya tertarik untuk "memburu" Curug, baik yang tersembunyi maupun yang sudah dibuka warga.

Perburuan kali ini saya memberanikan diri dengan ide One Day Trip, dan alhamdulillah lebih dari 3 curug dapat saya sambangi dalam satu hari. Berikut namanya:

1. Curug Orak Arik

Curug ini adalah curug pertama kali yang saya kunjungi. Letaknya di dalam villa/rumah warga menandakan bahwa curug ini belum dikelola sama sekali. Sehingga hanya sedikit yang mengetahui lokasinya. Saya pun tak mengeluarkan uang tuk menikmati Curug Orak Arik.

Curug ini sangatlah eksotis. Tingginya curug dan panorama yang indah disertai hawa sejuk di sekitarnya membuat saya terpesona. Namun bila hujan, air bah bisa tiba-tiba datang tanpa memberi tanda.

Curug ini berada di Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturaden, bersebelahan dengan desa wisata Karangsalam.

2. Curug Telu

Belakangan ini curug Telu memang sedang hits, selalu ramai. Namun saat saya berkunjung ke sana, tak ada satupun pengunjung.  Alhasil, seperti curug pribadi. puas bermain air, berfoto ria ala anak zaman sekarang.

Curug Telu berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden. Curug ini memiliki tiga titik air yang mengalir dari atas. Jika cuaca bagus pada siang hari, kita bisa melihat kejernihan airnya sampai dasar.

3. Curug Sendang Bidadari (CurugLawang)

Jika berkunjung ke Curug Telu, mampirlah ke curug yang satu ini. Curug ini pun sedang booming karena keunikannya, yaitu  memiliki jalan masuk yang menyerupai gua. Curug ini masih satu kawasan di dalam curug Telu.

4. Curug Tebela

Curug ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya bongkahan batu kotak berjajar di sisi kiri curug. Sedangkan di sisi kanannya ada air terjun yang langsung jatuh ke bawah. Airnya pun tak kalah jernih dari air Curug Telu. Namun berdasrkan informasi warga, curug ini cukup dalam. Kedalamannya bisa 5 sampai 7 meter!

Curug ini masih berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Purwokerto. Menurut informasi warga setempat, curug ini masih baru dibuka dan dikelola sekitar pertengahan tahun 2015. Saat saya sampai di lokasi ini, tak ada satupun pengunjung. Yang ada hanya warga sekitar yang sedang memperbaiki jalan setapak.

5. Curug Bayan

Curug ini merupakan curug yang paling lengkap, baik dari fasilitas maupun "wahana" lainnya. Sebelum sampai ke curug ini, kita harus melalui jembatan panorama DAM Jepang di sisi kiri. Dam ini mengalir ke hilir sungai daerah yang terbuka. Di atas Dam inilah curug Bayan berada.

Curug ini terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Baturaden, Purwokerto. Curug ini hanya memiliki ketinggian 7 meter, namun jatuhan airnya cukup deras. Jadi berenang di curug ini harus lebih hati-hati.

Itulah hasil "berburu" curug saya selama satu hari di Purwokerto. Berwisata memang tak harus mahal dan aneka curug di atas bisa menjadi pilihan alternatif Anda di penghujung musim hujan.

Dan bagaimanapun juga, ketika kita berwisata, tetap waspada dan hati-hati. Mengingat cuaca di lereng Gunung Slamet tidak bisa diprediksi. Tertarik menjelajah curug?


Sumber :

Posting Komentar

Anda dapat mengomentari artikel ini menggunakan akun google anda. Silahkan untuk masuk ke email anda / akun google kemudian berkomentar secara bijak.

Lebih baru Lebih lama

Paket Pendakian Gunung

Package Corporate

Package Honeymoon

Safary Trip

Xplore Wisata

XploreWisata merupakan salah satu jasa penyedia jasa layanan guide dan porter pendakian gunung.

Hubungi Admin